logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau

KemejingNet - Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau. Aren atau Enau (Arenga pinnata) adalah palma yang sangat penting Selain pohon kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Tumbuhan ini terkenal dengan berbagai nama seperti, nau, hanau, peluluk, biluluk, kabung, juk atau ijuk (sumatera dan semenanjung melayu), akol, akel, akere, inru, indu (bahasa di sulawesi); moka, tuwa, tuwak (di Nusa Tenggara) kalau di jawa Aren.

Bangsa belanda menggenalnya dengan nama arenplm atau zuikerpalm dan bangsa jerman menyebutnya dengan nama zuckerpalme dalam bahasa Inggris disebut sugar palm atau Gomuti palm. dan masih bayak lagi, setip daerah ataupun setiap negara tentunya mempunyai nama sendiri tentang pohon aren ini

Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau


Pohon aren atau enau ini mudah tumbuh . Pohon aren memiliki asal usul dari wilayah Asia tropis, enau diketahui menyebar alami mulai dari India timur di sebelah barat, hingga sejauh Malaysia, Indonesia, dan Filipina di sebelah timur. Di Indonesia, enau tumbuh liar atau ditanam, sampai ketinggian 1.400 mdpl Biasanya pohon aren banyak tumbuh di lereng-lereng atau tebing sungai. Di daerah jawa pohon aren banyak tumbuh di daerah pegunungan.

Baca Juga :  Cara Mengembang Biakkan Pohon Aren

Pohon aren yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 m. Berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.

Pohon aren atau enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula. Dari satu pohon aren bisa menghasilkan beberapa jenis  komoditas, terutama sebagai penghasil gula  :

Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari pohon aren  :

1. Batang  :  Batang pohon aren  mengayu di sebelah luar dan agak lunak berserabut di bagian dalam atau empulurnya. Kayunya yang keras ini bisa dipergunakan sebagai papan, kasau atau dibuat menjadi tongkat, bagi para petani biasanya juga dibuat untuk gagang cangkul.Batang yang dibelah memanjang dan dibuang empulurnya bisa juga digunakan sebagai talang atau saluran air.

2. Empulur/gumbarnya  :  Bagian dalmnya dapat ditumbuk untuk diolah agar dapat menghasilkan sagu, meski kualitasnya masih kalah oleh sagu rumbia.Dari empulur/gumburnya dapat diambil sari patinya untuk dibuat makanan terutama sebagai bahan bihun (mie putih)

3. Daun  :  Sebagaimana nipah dan rumbia, daun pohon aren juga biasa digunakan sebagai bahan atap rumah rakyat. Pucuk daunnya yang masih kuncup (janur) juga dipergunakan sebagai daun rokok, yang dikenal pasar sebagai daun kawung. Lembar-lembar daunnya di Jawa Barat biasa digunakan sebagai pembungkus barang dagangan, misalnya gula aren atau buah durian. Lembar-lembar daun ini pun kerap dipintal menjadi tali, sementara dari lidinya dihasilkan barang anyaman sederhana dan sapu lidi.

4. Ijuk  :  Seperti halnya daun, ijuk dari pohon aren pun dipintal menjadi tali. Meski agak kaku, tali ijuk ini cukup kuat, awet dan tahan digunakan di air laut. Ijuk dapat pula digunakan sebagai bahan atap rumah, pembuat sikat dan sapu ijuk. Dari pelepah dan tangkai daunnya, setelah diolah, dihasilkan serat yang kuat dan tahan lama untuk dijadikan benang, tali pancing dan senar gitar Batak.

5. Buah  :  Buah pohon aren atau lebih terkenalnya sering disebut kolang-kaling, Meskipun getahnya amat gatal, Kolang-kaling disukai sebagai campuran es, manisan atau dimasak sebagai kolak. Teristimewa sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Mengenai kolang-kaling

Silahkan anda baca  :  Kolang-kaling dan Proses Pengolahannya

6. Bungga  :  Dari bungga pohon aren inilah yang dapat menghasilkan nira yang kemudian setelah diolah dapat menghasilkan gula aren, mungkin sebagian dari anda pernah membeli gula aren ataupun pernah mengkonsumsinya, karena gula aren bisa digunakan untuk pemanis masakan.

Masih banyak lagi tentunya mengenai pohon aren dan manfaatnya, tapi sampai disini dulu tulisan saya, nanti akan saya sambung lagi mengenai, cara budidaya pohon aren, cara mengolah buah aren sehingga menjadi kolang-kaling, dan yang perlu anda ketahui bagaimana cara menyadap bunga aren sehingga menghasilkan nira sampai menjadi gula aren. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membuat anda lebi mengenal tumbuhan yang ada di negeri kita ini.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

saya dapet pertama deh kayaknya di postingan Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau ini ... amankan dulu ah.... :D

Balas

Ternyata banyak juga manfaat dari Pohon Aren yg bermanfaat bagi kita ya Mas, dari Daun sampai batangnya bisa digunakan ...

Balas

Benar mas, di tempat saya masih dibudidayakan, karena diambil niranya untuk dibuat gula aren mas.

Balas

wah kalo masalah enau saya lebih inget permainan ABC lima dasar pas kena huruf E pasti jawabannya ENAU hahahahaha

Balas

kalo inget Enau yang saya inget bukan Manfaatnya ,, tapi pas permainan waktu kecil, ABC 5 dasar pas dapet Huruf E,, pada berebut nyebut ENAU ckckckck

Balas

selamat ya pak guru #eka :)

Balas

saya mah malah belum pernah lihat pohonnya mas :(

Balas

Dari kata ENAU jadi ingat permainan waktu kecil ya Mas Irwin?:)

Balas

Mbak Nandira pasti rumahnya kota, jadi ndak pernah lihat pohon aren :)

Balas

iya mas :)
selain itu jarang main :(

Balas

Di daerah asal saya di sebut enau dan beluluk sebutan untuk buahnya..olahan buah enau (aren) sering dijumpai saat bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa.

Enau atau aren, dari pohon sampai daun semuanya bermanfaat. Tak heran jika di berbagai daerah, tanaman itu sengaja di budidayakan.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger