28.3.15

Tentang Desaku Kemejing

Tentang Desaku Kemejing - Desa Kemejing merupakan salah satu desa dari 21 Desa di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo Jawa Tengah yang terletak di sebelah timur Kecamatan Loano  dengan batas-batas desa sebagai berikut  :
  • Sebelah utara  :  Desa Kaliwader Kec. Bener.
  • Sebelah Timur  :  Desa Ngargosari dan Banyuasin Kembaran.
  • Sebelah Selatan  :  Desa Guyangan dan Desa Banyuasin Separe.
  • Sebelah Barat  :  Desa Mudalrejo dan Kedung Pucang Kec. Bener.
Tentang-Desaku-Kemejing

Desa Kemejing terletak diantara perbukitan menoreh, dengan luas wilayah 250 ha yang terbagi dalam 4 Dusun, 10 RT dan 4 RW. dengan potensi perangkatnya terdiri dari Seorang Kepala Desa (Kades), satu orang Sekretaris Desa (Sekdes/yang saat ini masih kosong), lima orang kaur dan empat Kepala Dusun (Kadus). Jumlah penduduk Desa Kemejing  terdiri dari 369 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 725 laki-laki dan 653 perempuan. Mengenai rincian penduduk menur dusun silhakan anda lihat table dibawa ini :

No
Dusun
Laki-laki
Perempuan
1
Dusun I Gondang
174
102
2
Dusun II Sinongko
174
161
3
Dusun III Krajan
185
162
4
Dusun IV Ngaglik
159
156
Jumlah
725
653
Penduduk Menurut Usia
1
0 - 6 tahun
57
Orang
2
7 - 12 tahun
138
Orang
3
13 - 18 tahun
147
Orang
4
19 - 24 tahun
149
Orang
5
25 - 55 tahun
652
Orang
6
56 - 79 tahun
192
Orang
7
80 tahun ke atas
43
Orang

Letak Desa  Kemejing tanahnya berbukit, dengan lahan sebagian besar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lahan pertanian, hutan rakyat dan sawah sehingga sebagian besar masyarakat desa adalah petani dan petani penggarap. Salah satu komoditas unggulan di desa kemejing adalah gula aren, hampir sebagian warga desa kemejing, adalah petani penderes/penyadap nira atau aren.

Keadaan sosial budaya desa kemejing masih kental menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, dikarenakan 100% penduduk adalah pemeluk Agama Islam maka nilai religius masing terasa kental sekali di desa kemejing. Demikian sekilas mengenai gambaran kondisi desa kemejing yang terletak di antara lereng-lereng perbukitan. Saya sendiri merasa bangga sebagai anak desa walaupun dalam keadaan yang serba adanya di desa kami.

9 komentar

Setiap desa itu indah. Karna desa kelahiran kita yang membuat kita kada sadar akan pentingnya keluarga dan sahabat.

Betul banget mas, terima kasih kunjungannya pasti saya kan kunjung balik.

blognya bagus mas isrofi... kapan2 saya main ya.... belajar bikin blog

Makasih Pak, saya juga lagi belajar kok Pak.

Salam mas isrofi sama warga desa kemejing :)

njih pak, nanti saya sampaikan.

Wah wah desanya sdh bs akses internet cpat ya mas.. tmpt saya dsni akses internet lmyan susah, hrus prgi ke kota.

Yah lumayan mbak, kalau pakai smartfren, tapi kalau pakai yang lain ya agak susah sih.

Emang tempat Mbak Rahayu mana yah, kalau boleh tau.

Salam kenal ya mas isrofi.
saya di Riau, dan tepatnya di Desa Makmur. ini saya bales komentnya mas lg di warnet dan di kota :D

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon