logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Fungsi Dan Cara Defragmentasi Pada PC atau Laptop.

http://kemejingnet.blogspot.com
Fungsi Dan Cara Defragmentasi Pada PC atau Laptop. Komponen penting pada sebuah PC ataupun laptop adalah harddisk. Harddisk biasa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan file, baik itu file data, file gambar, file video/musik, software dan file-file penting lainnya. Bisa anda bayangkan apabila file penting yang telah anda simpan di PC atau Laptop anda tidak bisa dibuka dikarenakan harddisk mengalami kerusakan, tentunya anda akan stres apabila sampai file-file tersebut hilang.

Untuk mengantisipasi hal itu maka anda perlu mengetahui cara merawat harddisk itu sendiri, salah satu cara merawat harddisk yaitu dengan melakukan defragmentasi secara berkala minimal 2 kali dalam sebulan. Dengan melakukan defragmentasi harddisk secara berkala anda dapat mengurangi resiko kerusakan pada harddisk anda.

Baca Juga :  Tampilan Baru Smadav 2015

Sebelum masuk ke cara defragmentasi pada PC atau Laptop sebaiknya anda baca dulu apa itu defragmentasi.

1.  Pengertian Defragmentasi
Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.
Defragmentasi adalah menyusun ulang file yang tercerai-berai dan terpecah.
2.  Sebab fragmentasi
Pada saat pengguna membuat berkas, partisi di mana pengguna hendak menyimpan berkas tersebut tidak memiliki unit alokasi yang saling berdekatan yang cukup besar untuk menyimpan berkas yang bersangkutan. Sistem berkas akan memecah berkas tersebut ke dalam beberapa fragmen (yang setiap fragmennya berukuran sama dengan ukuran unit alokasi), sebelum disimpan dalam media penyimpanan.

Pada saat pengguna menyunting berkas, berkas tersebut ternyata "membengkak" melebihi unit alokasi yang sebelumnya dialokasikan oleh sistem berkas terhadap berkas yang bersangkutan. Ketika sebuah berkas menghabiskan semua unit alokasi yang telah dialokasikan, maka sistem berkas akan mengalokasikan tambahan unit alokasi yang didapat dari unit alokasi yang belum dialokasikan (masih bebas), di lokasi yang kadang berdekatan, atau kadang-kadang berjauhan. Pada saat lokasi yang dialokasikan sistem berkas saling berjauhan, maka dapat dikatakan bahwa berkas tersebut terfragmentasi, karena berkas disimpan dalam beberapa fragmen yang tidak disusun secara berdekatan.
(Sumber Referensi: Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).

3.  Fungsi Defragmentasi
Defragmenter mempunyai fungsi untuk menyusun dan menata ulang file yang terpecah dan juga menjaga kestabilan PC/Laptop dan keadaan hardisk, kerana defragmentasi mampu mengelakkan / men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program, dan juga berguna dalam menjaga hardware.
(Referensi: Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).

4.  Cara Defragmentasi
  • Pada Windows XP
  • Start -> all program -> accessories -> system tool -> disk defragmenter
http://kemejingnet.blogspot.com  
  • Pilih drive yang berisi file windows anda, misalnya drive C
http://kemejingnet.blogspot.com
  • Klik tombol Analyze, tunggu hingga windows melakukan analisa terhadap file-file di hardisk anda. Jika ada file yang belum terfragmentasi maka akan terlihat banyak warna merah silahkan anda tekan tombol defrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 - 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag.
http://kemejingnet.blogspot.com
  • Setelah defragmentasi pada drive C selesai silahkan anda defragmentasi drive D dan E.
Demikian pengertian mengenai fungsi dan cara defragmentasi pada PC maupun Laptop, setelah semua drive trdefrag biasanya loading pc/laptok akan sedikit lebih ringan, lakukanlah defrag scara kontinyu minimal 2 bulan sekali, terima kasih, semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

defragmentasi berpengaruh juga ya sama sistem kerja PC mas.hmm..

Balas

ibarat penyakit kita mencegahnya mas daripada mengobati

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger