logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Gambar Screenshot Dengan Paint & Photoshop

Saat kita membuat artikel terkadang kita membutuhkan gambar yang ada di program yang sedang kita jalankan untuk melengkapi isi artikel yang kita buat. Nah cara berikut ini adalah langkah mudah dan cepat untuk mengambil gambar tangkapan layar atau dengan bahasa kerennya screenshot. Screenshot dapat dilakukan dengan mudah dan dengan sedikit bantuan sofware yang sudak ada dalam PC maupun Laptop anda. Baca Juga  :  Format Factory Sofware Pengubah Multi Fungsi

Membuat gambar screenshot dapat kita lakukan dengan tombol PrtSc atau Print Screen dan yang  akan saya jelaskan disini adalah cara membuat gambar screenshot dengan bantuan software paint dan photoshop. dan berikut adalah contohnya, saya menggunakan halaman blog saya sebagai contoh.

Cara membuat gambar screenshot dengan Paint  :
  1. Pilih tampilan layar yang ingin anda buat.
  2. Gunakan tombol PrtSc/PrintScreen pada keyboard anda. PrtSc  :  Keseluruhan tampilan layar. Alt + PrtSc  :  Tampilan layar aktif
  3. Buka software Ms Paint anda.
  4. Paste atau Ctrl + V pada Ms Paint. maka tampilan layar telah ada di Ms paint anda.
  5. Bila anda ingin menyeleksi tampilan gambar silahkan ada klik -> Select (di photoshop crop) dengan gambar garis putu-putus disebelah gambar bintang yang berada di kiri atas tampilan Ms Paint anda -> pilih gambar yang mau diseleksi lalu, seteah seleksi selesai-> klik kanan -> klik copy.
  6. Pilih -> file -> klik new atau ctlr + N dan silahkan klik paste atau ctrl + V, maka gambar yang telah anda seleksi tadi akan tampil pada Ms Paint anda. silahkan anda simpan gambar anda dengan klik save as, pilih format gambar sesuai dengan keinginan anda, selesai dan anda telah membuat gambar seperti tampilan dibawah ini  :
Kelebihan menggunakan ms paint adalah  :  Prosesnya cepat dan mudah cara pengoperasiannya karena tampilanya yang simple. Selain itu Software ini adalah bawaan saat instal komputer, sehingga semua komputer mempunya sofware ini.

Kekurangan mengunakan ms paint  :  Kwalitas gambar kurang baik, hal ni karena minimnya tool untuk mengedit gambar untuk lebih sempurna.

http://kemejingnet.blogspot.com

Cara membuat gambar screenshot dengan Photoshop  :
  1. Pilih tampilan layar yang ingin anda buat.
  2. Gunakan tombol PrtSc/PrintScreen pada keyboard anda. PrtSc  :  Keseluruhan tampilan layar. Alt + PrtSc  :  Tampilan layar aktif
  3. Buka software Photoshop anda.
  4. Klik file -> pilih new -> klik ok.
  5. Paste atau Ctrl + V pada Photoshop. maka tampilan layar telah ada di Photoshop anda.
  6. Bila anda ingin menyeleksi tampilan gambar silahkan ada klik -> Crop Toool  -> pilih gambar yang mau diseleksi lalu, seteah seleksi selesai-> klik kiri.
  7. Pilih -> file -> save as , pilih format gambar sesuai dengan keinginan anda, selesai.
Silahkan Baca Juga  :  Cara Menghilangkan Objek Foto Dengan Photoshop
Kelebihan dari screenshot layar menggunakan Photoshop adalah kita langsung bisa mengolah gambar yang di-capture menjadi gambar yang sesuai dengan kebutuhan kita secara langsung. Contohnya jika kita hanya membutuhkan sedikit bagian saja, kita bisa menggunakan tool CROP dan jika kita mau memberikan keterangan berupa panah, lingkaran dan teks kita bisa langsung melakukannya dengan tool-tool seperti SHAPE dan TEXT yang semuanya sudah tersedia pada Photoshop.

Kelemahan proses screenshot menggunakan Photoshop adalah dari penggunaan Photoshop itu sendiri. Karena tidak semua komputer memiliki software photoshop ini.

Demikian cara membuat gambar sreenshoot dengan paint dan photoshop, kurang lebihnya minta maaf, semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

ternyata banyak juga cara lain kalau saya pakai ms. office picture manager mas

Balas

saya mala belum pernah pakai MS office picture manager, terima kasih kunungannya.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger