Tips Dan Trik Menulis Artikel Bagi Pemula

KemejingNet.Com. Tips Dan Trik Menulis Artikel Bagi Pemula. Menulis adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapapun yang mengenal membaca dan menulis. kegiatan menulis tak bisa itu tidak bisa dipisahkan dari kegiatan membaca. Semakin banyak kita membaca, maka semakin luas pula pengetahuan kita dalam mengerti perbendaharaan kata. Kita akan terbiasa memahami informasi-informasi dan juga berita-berita dari tulisan-tulisan yang kita baca.

Langkah mudah untuk melatih diri menulis artikel adalah menuliskan kembali artikel yang baru kita baca tentunya dengan bahasa kita sendiri. Namun disini bukan untuk dipublikasikan, tapi untuk melatih atau memproses apa yang baru kita baca dan kita ketahui kedalam bentuk tulisan baru

Tips Dan Trik Menulis Artikel Bagi Pemula

Proses editing atau mengedit tulisan ini bisa kita lakukan setelah tulisan kita selesai. Editing ditujukan untuk menyempurnakan kalimat dari kata-kata yang kurang tidak pas, juga untuk mengorganisir sebuah tulisan agar jelas maknanya. Dalam proses editing ini bisa saja kita menghapus atau menambahkan tulisan yang telah jadi agar lebih enak untuk dibaca. Sebuah gagasan tulisan memang penting, namun sebuah gagasan yang ditulis secara berulang-ulang itu akan membuat pembaca merasa jenuh. Cukuplah satu kalimat gagasan dalam satu paragraf saja. Gagasan atau ide pokok dalam paragraf sering juga disebut kalimat utama.

Saat sedang menulis, kita tidak perlu memikirkan yang lain. Kekhawatiran akan ketidakteraturan kata ataupun kalimat, hilangkanlah jauh-jauh dari diri kita. Karena bila kita mengkhawatirkan hal itu, yang terjadi adalah kemandegan dalam menulis. Saat menulis, tulis sajalah kita tidak usah memikirkan hasil akhir, toh nanti setelah kita selesai dalam membuat tulisan, kita bisa mengedit tulisan itu saat tulisan benar-benar telah selesai.

Sebuah tulisan tau artikel pastilah mempunya sebuah judul, judul tulisan dapat ditentukan di awal atau akhir tulisan, saat judul tulisan telah dibuat diawal atau sebelum tulisan itu dibuat, tak ada salahnya kita mengubah judulnya apabila tulisan itu telah selesai. Penentuan judul tulisan untuk jenis tulisan artikel yang dimuat di website, ataupun media masa, usahakan jangan terlalu kaku/ataupun terlalu akademis. Buatlah judul tulisan yang menarik bagi pembaca, namun semua itu tidak mengesampingkan isi atau masih berkaitan dengan ide pokok tulisan tersebut.

Yang tak kalah penting didalam menulis adalah Moment/waktu yang tepat dimana kita membuat sebuah tulisan, misalnya seperti ekarang ini saat menjelang bulan suci ramadhan, tulislah sebuah artikel yang ada kaitannya dengan bulan ramadhan misalnya, Sebuah Tradisi Menjelang Bulan Ramadhan, dan lain sebagainya. Dengan sering berlatih lama-kelamaan kita akan terbiasa membuat sebuah karya tulis dan secara tidak langsung kita juga belajar jurnalistik, betul tidak,?.... Sekian semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!