Cerita Mistis Di Gunung Geger Lempuyang

Geger lempuyang (Garpuyang) adalah satu dari dua gunung yang mengapit Desa Kemejing tempat saya tinggal. Masyarakat desa kami sering menyebutnya gunung Garpuyang yang merupakan akronim dari Geger Lempuyang. Sebenarnya Garpuyang lebih pantas disebut bukit karena geger lempuyang masih termasuk dalam kawasan perbukitan menoreh.

Ada banyak cerita mistis yang terjadi di gunung geger lempuyang ini, baik itu yang dialami oleh masyarakat setempat sendiri maupun orang yang kebetulan datang di gunung garpuyang tersebut. Kondisi gunung garpuyang sendiri masih sangat alami dengan berbagai tumbuhan tanaman keras dan Pohon Aren.

http://kemejingnet.blogspot.com

Cerita-cerita mistis yang pernah terjadi di gunung geger lempuyang antara lain

1. Adanya Pening Keramat.
Pening adalah Danau, menurut cerita para orang tua, di gunung tersebut dulu pernah ada sebuah sumber mata air yang sering disebut pening, pada jaman dulu pening tersebut masih bisa terlihat walaupun tidak semua orang bisa melihatnya. Pada jaman dulu air dari pening tersebut dipercaya bisa untuk menyembuhkan berbagai penyakit. namun pada saat ini ta seorang pun yang pernah melihat keberadaan pening tersebut.

2. Sering terdengar suara pentas wayang kulit
Hal mistis lainnya yang sering terjadi di gunung geger lempuyang adalah seringnya terdengar suara pentas wayang kulit, apalagi saat bertepatan dengan bulan suro. Namun anehnya yang sering mendengar suara pentas wayang kulit adalah warga desa lain yang masih dekat dengan desa Kemejing, sedangkan warga yang dekat dengan gunung tersebut tidak mendengar apa-apa. Sekitar sepuluh tahun yang lalu sering banyak warga dari desa lain yang datang ke desa kemejing dengan maksud untuk melihat pentas wayang kulit, padahal di desa kami tidak ada pentas apapun.

3. Pohon ditebang namun tidak mau tumbang.
Ini kejadian nyata dan saksi hidup pun masih ada, pernah terjadi saat tetangga saya yang bernama Bapak Saekoni bersama 2 warga lainnya menebang sebuah kayu pule, diameter kayu tersebut masih sekitar 70 cm. Kayu tersebut ditebang dengan menggunakan gergaji mesin (sinso) namun anehnya setelah kayu tersebut digergaji, bahkan sampai putus, namun kayu tersebut masih tetap berdiri dan tidak mau roboh. Akhirnya setelah dilakukan ritual dengan membaca do'a-do'a barulah kayu tersebut bisa roboh.

4. Pencari burung yang tersesat tidak bisa pulang
Kejadian ini dialami oleh sorang pencari burung dari desa lain satu minggu yang lalu, saat hari sudah menjelang sore, sekitar jam 3, orang yang mencari burung tersebut hendak pulang, namun setiap ia berjalan menuju jalur pulang tetap saja ia tidak bisa keluar dari area hutan gunung garpunya, dari jam 3 sampai jam 5 sore orang tersebut haya berputar-putar di dalam hutan. Sampai akhirnya sng pencari burung tersebut bertemu dengan Bapak Nasrudin yang biasa mengambil nira pohon aren di gunung tersebut menemukannya dan menunjukan jalan untuk keluar dari gunung tersebut, barulah orang tersebut bisa keluar dari dalam hutan.

Itulah keadian-kejadian nyata ada di gunung geger lempuyang, kejadian aneh itu sering terjadi khususnya bagi orang yang jarang sekali datang ke gunung tersebut. Lain halnya bagi warga sekitar yang sering datang ke gunung tersebut tentunya tidak pernah terjadi apa-apa. Kejadian aneh yang menimpa biasanya karena orang yang datang ke gunung tersebut dengan maksud dan iktikad yang kurang baik.

Setiap daerah terutama daerah yang masih mengandung mistis pasti ada pantangan-pantangan yang harus di hindari dan kita harus percaya itu karena Allah juga menciptakan makhluk lain selain manusia yaitu jin, dan kita juga wajib mempercayainya.


Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!