Cepokha Pohon Terong Yang Awet Berbuah

Chepoka atau terong pipit adalah terong yang berukukuran sangat kecil dibandingkan dengan terong terong lainnya. Bentuk dari terong ini bulat kecil dan berwarna hijau. terong jenis ini biasanya tumbuh secara liar di dekat aliran sungai maupun ditengalan.

Walau ukurannya mini, terong ini mempunyai beberapa khasiat.Terong ini dapat menyehatkan mata,mengandung sedikit zat besi,vitamin A,C dan B1.Selain itu di dalam terong pipit juga terkandung 2% protein, 0.1% lemak, 7,9 karbohidrat dan banyak mengandung fosfor.

Cepokha Pohon Terong Yang Awet Berbuah

Terong jenis ini umumnya sangat kuat dan dapat bertahan lama di berbagai musim baik kemarau maupun penghujan. Para pelaku pembibitan sering berexperimen dengan memanfaatkan batang bawah dari terong ini untuk dijadikan bahan bibit sambung.

Karena karakteristik dari terong cepoka atau terong ini yang bisa tumbuh kuat dan tahan lama, maka apabila disambung dengan terong sayur yang besar maka hasilnya pohon terong akan kuat dan bisa berbuah agak lama bila dibandingkan dengan terong biasa pada umumnya.

Nah berikut ini akan saya sampaikan tehnik menyambung terong Cepoka/Terong mini dengan terong sayur. Untuk lebih detailnya tentang cara pembibitan sambung Silahkan baca artikel Tehnik Pembuatan Bibit Okulasi dan Sambungan

Bahan-bahan
  1. Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan
  2. Pohon/batang bawah yang akan disambung.
  3. Entres/batang atas yang akan disambungkan
  4. Pisau/Silet
  5. Tali rafia
  6. Plastik
Cara Menyambung
  1. Potong batang dari terong cepoka/terong mini (pilih batang yang tegak lurus dan masih agak muda)
  2. Belah sekitar 3 cm
  3. Runcingkan entres/batang atas menyerupai pisau tatah. Gunting daun hingga tinggal 1/4 nya.
  4. Masukkan entres yang sudah diruncingkan ke batang bawah yang sudah dibelah tadi.
  5. Ikat dengan tali rafia pada sambungan, lilitan tali usahan dari bawah keatas.
  6. Tutup sambungan dengan plastik dan ikat.
  7. Tunggu 2-3 minggu bila sambungan tidak layu. berarti sambungan berhasil dan plastik penutup sudah boleh dibuka.
Cepokha Pohon Terong Yang Awet Berbuah

Agar perawatan bisa maksimal, sebaiknya tanam di polybag yang besar dan bisa ditaruh di samping rumah sekaligus sebagai hiasan. Apabila mau ditanam di polybag dan mau disambung usahakan Chepoka ditanam sejak kecil dan saat pohon sudah agak besar barulah dilakukan penyambungan.
Demikian tentang pohon terong chepoka dan cara menyambungnya, semoga saja bisa bermanfaat, mohon maaf bila banyak salah kata dalam penyampaian.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!