CIRI CIRI MAKANAN MENGANDUNG FORMALIN

Formalin adalah nama dagang untuk larutan yang mengandung 40% formaldehid (HCOH) dalam 60% air atau campuran air dengan metanol sebagai pelarutnya. Larutan formalin sangat mudah bercamour dengan bahan makanan dan jika masuk kedalam tubuh akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika formalin masuk kedalam tubuh maka formalin akan bereaksi dengan hampir semua zat didalam sel. Selanjutnya formalin akan menekan fungsi sel sehingga bisa mengakibatkan kematian sel dan dan menimbulkan keracunan, iritasi lambung, dan juga alergi.

CIRI CIRI MAKANAN MENGANDUNG FORMALIN

Jika kandungan formalin dalam tubuh tinggi, dapat mengakibatkan seseorang muntah, diare yang bisa disertai darah, kencing bercampur darah, dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian akibat kegagalan peredaran darah. Pada wanita formalin bisa mengakibatkan gangguan menstruasi, toksemia, anemia pada kehamilan, serta bisa mengakibatkan keguguran.

Walaupun dampak formalin bagi kesehatan sangat berbahaya, namun para produsen makanan yang kurang bertanggung jawab atau mungkin kurang mengerti dampak negatifnya bagi kesehatan sering menggunakan formalin untuk pengawet makanan pada produknya. Jenis makanan yang sering menggunakan formalin adalah tahu, bakso, ikan asin, ikan segar, mie basah, dan ayam potong.

Sebenarnya makanan yang mengandung formalin dapat dikenali ciri-cirinya, sehingga kita sebagai konsumen tidak tertipu dan dapat menghindarinya. Berikut ini ciri-ciri makanan yang mengandung formalin  :
  1. Tahu  :  Tahu yang mengandung formalin akan mempunyai bentuk dan tekstur yang lebih kenyal, bentuknya sangat bagus dan menarik dan juga tidak mudah hancur, tahu berformalin mampu bertahan dalam beberapa hari, tidak mudah busuk dan berbau khas formalin.
  2. Bakso  :  Bakso yang menggunakan formalin bersifat sangat kenyal, bakso bisa mampu bertahan hingga lima hari.
  3. Ikan Asin  :  Ikan asin berformalin akan awet hingga lebih dari satu bulan, ikan ini memiliki warna lebih bersih dan lebih cerah, tidak berbau khas ikan asin, tidak mudah hancur dan lalat tidak akan mau menghinggapi ikan ini.
  4. Ikan Basah  :  Ikan basah yang diawetkan dengan formalin akan mempunyai warna putih bersih, bersifat kenyal, insangnya tidak lagi berwarna segar tetapi merah tua, tidak mudah busuk dan tahan beberapa hari.
  5. Ayam Potong  :  Ayam potong yang mengandung formalin berwarna putih bersih, tidak mudah busuk, tidak dihinggapi lalat dan bisa bertahan lama.
  6. Mie Basah  :  Jenis mie basah yang menggunakan formalin saat dipegang mie terasa sangat kenyal atau liat, beraroma obat meskipun telah dicuci beberapa kali. Mie jenis ini kan mampu bertahan selama dua hari meskipun berada diudara terbuka. Mie berformalin terasa hambar, tidak gurih, lembut, dan empuk seperti mie yang menggunakan telur.
Itulah 6 ciri-ciri makanan yang mengandung formalin, kita sebagi konsumen sebaiknya lebih berhati-hati dalam membeli makanan, karena skarang ini banyak sekali makanan yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!