logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya

Pasti Anda pernah melihat atau bahkan pernah membeli berbagai macam kerajinan anyaman, baik itu berupa, Tas, Dompet, Tempat tisu sampai dengan Sandal (lihat gambar dibawah). Namun apakah Anda tau dari bahan apakah produk-produk kerajinan itu dibuat,?. Banyak produk kerajinan anyaman yang terbuat dari daun pandan dan salah satunya adalah pandan duri. Nah bila Anda belum tau pandan duri itu apa, silahkan baca ulasannya dibawah ini.

Pandan duri,  adalah sejenis tumbuhan serupa pohon, pohon ini masih dalam anggota suku Pandanaceae. Pohon pandan duri ini biasa tumbuh di tepian pantai maupun ditepian sungai. Pada umumnya banyak varietas dari pandan ini, dan mempunyai nama yang berbeda-beda, bahkan ada yang sengaja membudidayakannya untuk tujuan-tujuan yang bermacam-macam.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
desanagrak.wordprees.com
Manfaat dan Kegunaan Pandan Duri
Pandan duri mempunyai manfaat dan kegunaan yang beragam, dari daun, bungga, buah maupun akarnya.

1. Daun
Varietas-varietas tertentu disukai karena daunnya yang lembut dan kuat untuk dibuat anyaman. Banyak sekali anyaman yang dapat dihasilkan dari daun pandan ini, misalnya, tikar, sandal, tas, tempat tisu, dompet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Daun Pandan Duri (Gambar Pribadi)
2. Bunga
Bunga jantannya (Jw., pudak) sangat disenangi karena mempunyai bau yang wangi dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan, pakaian, atau minyak wangi.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Bunga Pandan (Wikipedia)
3. Buah
Buah dari panda sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warnanya, terdiri dari banyak buah tunggal. Bentuk mulai dari bulat telur, menjorong (elipsoid), hampir bulat, dan serupa bola. Buah batu (disebut falang, phalanges) bentuk bulat telur terbalik hingga lonjong, kulit buah (eksokarp) hijau, kuning, jingga, merah bila masak; daging buah (mesokarp) putih menyerabut dan berisi udara di bagian ujung, berdaging kekuningan hingga jingga atau merah-jingga di pangkal. Dalam jenis varietas tertentu buah ini bisa dimakan namun untuk buah pandan duri tidak enak untuk dimakan

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Buah Pandan (Wikipedia)
4. Akar
Manfaat lain dari pandan duri adalah akarnya, karena akrnya yang bisa tumbuh banyak dan kuat bisa menahan abrasi dan erosi yang diakibatkan oleh air. Di pedesaan umumnya padan ditanam dan tumbuh di pinggir sugai, oleh sebagian orang dimanfaatkan sebagai pelindung sawah agar tidak terkena erosi air sungai jikala banjir tiba.

Pandan Duri Dan Manfaat Kegunaannya
Akar Pandan (Gambar Pribadi)
Pohom pandan menyukai wilayah dengan curah hujan antara 1,500–4,000 mm (59–157 in) pertahun, pandan duri mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah yang ada di pesisir, termasuk tanah pasir kuarsa, pasir karang, gambut, kapur, dan juga basalt. Tumbuhan ini toleran terhadap kadar garam tinggi dan hembusan angin yang terus-menerus, dan menyenangi tanah dengan pH antara 6-10 (agak asam hingga basah). Ia tumbuh sangat baik di bawah cahaya matahari penuh, meskipun sanggup pula tumbuh baik dengan naungan 30-50%.

Demikian tentang pohon pandan duri dan berbagai macam manfaat kegunaannya, eh iya ada yang kelupaan, pohon ini berkembang biak dengan bijinya, biji yang sudah tua akan gugur ketanah dan dengan sendirinya akan berkecambah.

Itu saya yang bisa saya tulis mengenai pohon pandan duri ini, artikel ini berhasil saya tulis berdasarkan pohon pandan yang tumbuh di daerah saya dan juga dari referensi yang ada di berbagai sumber, Sekian semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

29 komentar

Di daerah Kulon Progo juga banyak yang mengolah tanaman itu jadi berbagai produk kerajinan anyaman (kebanyakan tikar pandan). Tapi saya baru tahu kalo bagian2 lain dari tanaman tersebut juga bisa dimanfaatkan...tahunya baru serat daunnya saja yang bisa diolah. Trus sandal yg spt contoh diatas banyak dipakai oleh hotel2 berbintang di Jogja untuk para tamu yg menginap, kalo dulu masih sandal karet yang dilapisi kain batik, tapi cepet rusak kalo kena air, jd skrg banyak dipakai sandal anyaman pandan. Laku ekspor itu mas!

Balas

saya baru tau kalau pandan duri malah bisa dibikin kerajinan tangan yang baik dan menarik...yang jelas ada harga jual juga...ini kalau di luar negeri pasti banyak peminatnya mas...sayang aja di negara sendiri malah gak diperhatikan...memang kalau kreatif, pandan duri yang dianggap banyak orang tidak bermanfaat malah bisa jadi suatu yang menarik dan mempunyai nilai ekonomis

Balas

tinggal pemasarannya ya mas..sebenarnya bisa aja produk menembus pasar luar negeri, tinggal usaha pemerintah (dekranasda) yang harus membantu para pengrajin memasarkannya

Balas

Kalau untuk ekspor saya malah baru tau mas Heru, namun kalau lokal pernah melihat dan juga membeli produknya mas.

Balas

Bener mbah, sebenarnya di negeri ini banyak sekali produk dan potensi lokal yang bisa bersaing untuk ekspor, namun kadang potensi itu kurang dimanfaatkan, terutama oleh pemerintah.

Balas

Iya Mbah, kadang banyak produk lokal yang malah laku dan pumya nilai jual di negeri orang ya Mbah, padahal kalau di negeri sendiri ngak ada yang melirik, seharusnya orang Indonesia harus mencintai produk lokal.

Balas

nah pandan ini banyak manfaatnya ya mas, kalau disini kadang juga digunakan untuk pengharum membuat kolak itu, dan juga bisa dibuat kerjanian yang lain,tergantung pintar-pintarnya kita juga dalam berkreatifitas ya mas

Balas

tapi sayang sekali ya mas, produk dari pandan ini masih murah harganya, makanya tidak banyak orang yang mau menjadi produsennya, coba harganya mahal ,pasti banyak bisnismen pandan duri

Balas

hem sya juga blm tahu mas,disini yang mau membuat dan mengolah produk dari pandan duri kebanyakn orang desa saja mas,gak tahu kalau daerah lain

Balas

saya dulu sempat punya anyaman dari pandan seperti kotak tisu terus tiker bagus sayang sekarang jarang liat lagi

Balas

Kalau yang dibuat pewangi makanan itu pandan wangi mas Pur.

Balas

saya pernah bertanya pada pengrajin mendong di jogja...yang saya tau pemasaran hasil mendong di bantu oleh pihak penangkaran satwa liar jogja yang bekerja sama dengan pengrajin setempat, makanya kerajinan mendong bisa keluar negeri....

Balas

itu karena pengrajinnya pindah kerja atau beralih pada pekerjaan lainnya...kasus yang sama bahkan lebih miris lagi ada di daerah sambas kalbar, pengrajin tenun sambas pada pindah ke malaysia dan menenun di sana atau mengerjakan tenun pesanan orang malaysia....sekali kita mau beli kain buat oleh-oleh dimalaysia, malah di kasih kain tenun sambas yang jauh lebih mahal harganya...kan bisa botak mikirnya dan kayaknya konyol banget kgitu lo mbak.....masa pergi ke kuching malaysia beli kain tenun sambas yang pengrajinnya di tempat sendiri...sunggu memilukan....orang malaysia sih hanya bilang indon beli indon....

Balas

kalau yang dari mendong memang sudah sangat luas penyebaran di pasar lokalnya dan merambah ke luar,saya rasa semua produk kerajinan berbahan baku dari tanaman oke juga,karena jika rusak atau sudah tidak terpakai,limbahnya tidak seperti plastik,dan itu bagus sekali untuk bumi kita,,,,

Balas

Peluang bagus tuh mas bisa dijadikan bisnis apalagi produk dari pandan duri natural banyak disukai berbagai kalangan apalagi kalau tembus keluar negeri

Balas

manfaat dari daunnya ini hebat sepertinya bisa lebih dulu dikebangkan. seperti buat bikin sandal, topi tikar, mungkin bisa dibikin baju tuh

Balas

hampir semuanya ada manfaat tingal bagaimana mengolannya saja ya mas

Balas

Benar mas, hanya butuh kreatifitas.

Balas

waa. daunnya biasa dipake buat kolak wkwk, tapi saya baru tau kalo pandan ada buahnya

Balas

Yg jual biji pandan duri dmn ya...kayaknya bagus utk penghujaun tanah tandus dan prospektiif buat kerajinan.

Balas

Kalau yang jual bibit saya kurang tau, tapi bibit bisa didapat di dekat pohonnya, biasanya bijinya bisa tumbuh dengan alami.

Balas

Yang tau alamat pengerajin pandan ini dimana yaa?

Balas

Yang tau pengrajin dari daun pandan wilayah jatim siapa ? Tolong kasik tau lagi butuh bunganya hehe

Balas

kalau cuma bunganya tempat saya ada kalau pas musim berbunga mbak, tapi kalau mau kerajinannya silahkan mbak kunjungi alamat website pada gambar paling atas mbak, makasih.

Balas

Ada yg bilang pohon pudak yg harum disenangi mahkluk halus, mohon bagi yg penggelut alam gaib mohon infonya

Balas

Dimana tempatnya. Bisa saya beli ta?

Balas

Dimana tempatnya. Bisa saya beli ta?

Balas

Bisa, silahkan konfirmasi lewat inbok atau kontak.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger