Tips Menulis Cepat Di Ms Word Dengan Auto Correct

Mengetik sebuah dokumen dengan menggunakan aplikasi Ms Word adalah sebuah pekerjaan yang saat ini banyak dilakukan oleh banyak orang. Dengan aplikasi ms word kita bisa membuat laporan, undangan, proposal dan lain sebagainya. Namun terkadang jenuh juga apabila kita harus menulis laporan yang berlembar-lembar, kadang-kadang karena sudah terlalu lelah sehingga terjadi salah ketik disana-sini.

Menulis dengan cepat di ms word sebenarnya bisa dilakukan, karena aplikasi ms word telah menyediakan fitur auto correct. Auto correct adalah fasilitas yang sudah ada dalam ms word. Aplikasi ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan pengetikan yang terjadi dalam format bahasa Inggris, misalnya jika anda mengetik teh maka word secara otomatis akan membetulkannya dengan mengganti kata teh tersebut dengan kata the.

Tips Menulis Cepat Di Ms Word Dengan Auto Correct

Untuk membantu pengetikan agar lebih cepat dari biasanya, maka maksimalkanlah fitur auto correct yang ada di ms word ini. Dengan auto correct ini Anda bisa membuat singkatan pada kata tertentu, sehingga secara otomatis ms word akan membetulkannya.

Berikut ini beberapa singkatan yang lazim dan biasanya banyak digunakan untuk membantu dalam mempercepat pengetikan, Anda tinggal menambahkannya lagi sesuai dengan keinginan Anda dan menurut kebutuhan Anda:

yg (yang), dgn (dengan), jk (jika) , krn (karena) , n (dan) , a (atau), bgm (bagaimana), wlp (walaupun), shg (sehingga), tdk (tidak), ttp (tetapi), mrk (mereka), apk (apakah), oki (oleh karena itu), mgd (mengandung), hy (hanya),sj (saja), drpd (daripada), ttg (tentang) dan lain sebagainya.

Adapun langkah-langkah untuk membuat singkatan di auto correct sebagai  :

1. Klik Office Button -> Word Option.
2. Pilih Proofing -> AutoCorrect Option.

Tips Menulis Cepat Di Ms Word Dengan Auto Correct

3. Masukkan satu persatu singkatan yang anda inginkan lalu klik -> add. Jika semua singkatan telah selesai Anda masukkan semuanya barulah klik -> Ok.

Tips Menulis Cepat Di Ms Word Dengan Auto Correct

Sampai disini Anda sudah siap untuk menggunakan singkatan-singkatan yang telah Anda buat, silahkan Anda mencobanya di lembar kerja ms word dengan cara mengetikkan singkatan tadi dan tekan spasi, pasi singkatan yang telah Anda buat di autocorrect tadi telah berfungsi.

Silahkan baca juga  :  Cara Membuat Undangan Full Maillings 

Bila Anda ingin menambahkan singkatan-singkatan yang lain, Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti diatas. Demikian tips menulis cepat di ms word dengan auto correct yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila banyak salah kata dalam penulisan dan penyampaian, Semoga bermanfaat.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!