Cara Cloning Foto Dengan Photoshop

Clone Stamp tool adalah salah satu tool yang ada di photoshop. Ini adalah tools populer yang relatif mudah digunakan dan memberikan hasil yang akurat dalam proses retouching foto. Clone Stamp tool memungkinkan Anda untuk membuat gambar duplikat sesuai dengan gambar aslinya dengan cara mengkloningnya.

Cara Cloning Foto Dengan Photoshop

Pada tutorial phptoshop kali ini marilah sama-sama kita coba untuk membuat foto yang akan dibuat menjadi kembar dengan memanfaatkan Clone stamp tool ini. Bila Anda ingin mencobanya usahakan menggunaan foto yang mempunyai tekstur yang tidak terlalu rumit agar prosesnya tidak sulit dan proses kloningnya bisa berjalan dengan baik. Setelah Anda mempraktekkannya barulah akan Anda ketahui kenapa harus memilih foto dengan tekstur yang tidak terlalu rumit.

Ok sekarang langsung saja kita praktekkan cara mengkloning fotonya. Buka file foto yang ingin Anda kloning, caranya pasti Anda semua sudah tau. Klik file -> Open -> pilih foto atau bisa juga dengan Tekan Ctrl + O. Setelah foto terbuka pada lembar kerja photoshop lalu pilih Clone stamp tool pada toolbox.

Cara Cloning Foto Dengan Photoshop

Selanjutnya tekan dan tahan tombol Alt pada keyboard lalu klik satu kali pada gambar yang akan di kloning (saat tombol Alt ditahan, icon clone stamp tool akan berubah menjadi icon target. Usahakan klik pada gambar paling bawah untuk dijadikan saple. Setelah sample diambil lepaskan tombol Alt yang ditahan tadi.

Masuk ke proses cloning, selanjutnya bawa pointer mouse ke area gambar yang kosong, mulai dari bagian bawah lalu klik kiri TAHAN + sapukan clone stamp tool perlahan dari bawah ke atas.

Cara Cloning Foto Dengan Photoshop

Setelah gambar tercloning semua maka hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Cloning Foto Dengan Photoshop

Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurnya tentunya dibuuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan cloning ini, silahkan Anda berekpresi sendiri untuk menghasilkan gambar yang sempurna.

Silahkan baca juga  :  Merubah Background Foto Menjadi Foto Studio

Demikian tutorial tentang cara cloning foto dengan photoshop yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga saja bermanfaat dan selamat berkeasi, salam blogger.


21 komentar

memang kendala dari bagusnya hasil cloning nih kudu sabar sama telaten kadang saat cloning [un saya samapai tahan nafas hha sangking tegangnya

Bener mas Denny bermain photoshop memang dibutuhkan ketelatenan, butuh latihan pernapasan kalau gitu mas :)

Saya pengin coba tapi ya gitu deh saya orangnya kurang telaten mas penginnya cepat selesai makanya saya jarang berlatih photoshop padahal penting buat blogger

kalo dengar masalah photoshop saya sempat biungung mas, dari dulu sy coba coba paling bisanya mindahin background :(

hehe, kok sama ya mas sugi saya pun begitu mas :( ntah sampai kapan bisanya

mata sampai gak kedip" saking tegangnya

wah hasilnya benar-benar bagus mas, kayak benar-benar foto anak kembar

kok bisa gitu ya.. kalau saya susah fahamnya photoshop

Sampai sekarang saya masih belum bisa menggunakan photoshop. Padahal aplikasi ini bagus banget untuk membuat gambar menarik termasuk kloning foto...

Kalau sering mencoba, pasti juga bisa mas Mukhlis. Saya awalnya juga gitu.

Makasih mas, gambarpun bisa docloning mas.

Kalau seing praktek lama-lama akan faham juga dengan photoshop Mbak.

Dengan sering menggunakan photoshop lama-lama juga akan terbiasa Pak Uda, kita bisa berkreasi berbagai macam foto.

keren sekali mas jadi ada dua gitu yah.hehe, aku mau coba ya mas, coba-coba dulu aja deh sambil belajar.hehe

bisa belajar sama mas isrofi ndak :)

saya juga baru belajar mas, ada seniornya yang mendukung, hehe adminya mas :)

ni mau tah coba kloning photo....berkreasi ya...
thanks
salam kenal

Silahkan mas, salam kenal juga. makasih telah mampir.

Bagus, kayak kembar ya...

eh jadi kembar fotonya ya. bisaan si mas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon