Pengaruh Zat Aditif Makanan Bagi Kesehatan

Setiap hari tubuh kita memerlukan makanan yang bergizi untuk mendapatkan enegi serta untuk pertumbuhan se-sel baru dan menggantikan sel-sel yang telah rusak. Selain itu, tubuh kita juga memerlukan makanan sebagai sumber zat penunjang dan mengatur proses dalam tubuh, yaitu vitamin, mineral dan air.

Supaya seseorang tertarik untuk mengkonsumsi suatu makanan, sering sekali produsen makanan menambahkan bahan-bahan makanan tambahan ke dalam produk makanan olahannya. Anda pasti pernah menjumpai penjual makanan dan minuman yang menjual makanan atau minuman yang warnanya mencolok  dan sangat menarik. Para produsen makanan, senantiasa berusaha membuat produksinya menarik dengan menambahkan bahan aditif.

Pengaruh-Zat-Adiktif-Makanan-Bagi-Kesehatan


Bahan aditif makanan sering disebut dengan bahan tambahan pangan, yaitu suatu bahan yang sengaja ditambahkan ke dalam produk olahan guna menambah cita rasa, tampilan warna, dan juga daya simpan produk tersebut. bahan adiktif dibedakan menjadi dua, yaitu bahan adiktif alami dan bahan aditif buatan. bahan adiktif alami berasal dari sumber daya alam hayati yang umumnya mempunyai nilai gizi. Sementara itua, bahan adiktif buatan adalah bahan aditif yang sengaja dibuat dengan tujuan yang sama dengan bahan adiktif alami, tetapi perbedaannya adalah tidak mempunyai nilai gizi.

Zat aditif makanan yang ditambahkan ke dalam olahan pangan harus digunakan secara tepat sesuai peruntukkannya dan dengan takaran yang tepat. Bahan itu juga harus bersifat aman sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Produsen olahan pangan wajib menginformasikan bahan-bahan tambahan pangan yang digunakan dalam produknya. Informasi ini dicantumkan dalam kemasan makanan.

Untuk mengetahui adanya bahan aditif dalam makanan, amatilah label komposisi yang terkadung dalam kemasan makanan tersebut. Berbagai bahan aditif yng diperbolekan digunakan dalam produk olahan makanan di Indonesia diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 722/Menkes/Per/IX/88. Zat aditif ini dikelompokkan ke dalam pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap. Silahkan baca Bahan Pewarna Makanan Berbahaya

Demikian tentang pengaruh zat aditif makanan bagi kesehatan, semoga apa yang disampaikan diatas bermanfaat bagi kita semua.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!