Proses Penggolahan Gula Aren

KemejingNet - Proses Penggolahan Gula Aren. Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon aren atau nira. Gula aren sering juga disebut gula jawa. Seperti pernah saya tulis di artikel saya yang terdahulu, pohon aren adalah pohon yang sangat serbaguna, karena dari semua yang ada dipohon aren dapat dimanfaatkan. Mengenai pohon aren, silahkan Anda baca Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau

Untuk menghasilkan gula aren yang siap dikonsumsi, tentunya melalui beberapa proses tahapan yang harus dilakukan dan salah satunya yaitu penyadapan nira. Namun yang akan saya bahas disini adalah proses pengolahan nira menjadi gula aren. Mengenai penyadapan nira, silahkan Anda baca Mengintip Proses Penyadapan Nira Aren

Proses Penggolahan Gula Aren

Proses Pengolahan Gula Aren

1. Setelah nira diambil setiap pagi dan sore hari, para petani nira lalu untuk menghasilkan gula aren, nira lalu dipanaskan dalam tungku selama kurang lebih 5-6 jam.

Proses Penggolahan Gula Aren

2. Setelah kira-kira 5-6 jam dan nira suda mulai mengental barulah gula aren siap untuk dicetak kedalam cetakan.

Proses Penggolahan Gula Aren

3. Cetakan yang umum dipakai oleh para petani umumnya terbuat dari tempurung kelapa, namun ada juga yang menggunakan bambu dan dakon.

Proses Penggolahan Gula Aren

4. Setelah gula aren dalam cetakan mengering, barulah gula bisa diambil, dalam penyimpanan gula aren, biasaya para petani membalutnya dengan daun jati atau dengan daun pisang yang sudah mengering (kelaras bahasa jawa). Hal itu dilakukan agar kondisi gula tetap kering dan baik sebelum dijual.

Pada saat ini harga gula aren dari petani dalam kisaran harga 15 sampai dengan 17 ribu. Para petani biasanya menjual gula aren pada pedagang pengepul maupun dijual ke pasar tradisional.

Demikian proses pengolahan gula aren yang bisa saya sampaikan, semoga memberi wawasan dan pengetahuan Anda, terutama bagi Anda yang belum tahu tentang gula aren. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam manis seperti gula aren.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!