Proses Pengolahan Pucung Menjadi Keluwek

Seperti pernah saya tulis di artikel Mengenal manfaat pohon pucung keluwek bhwa pucung yang masih mentah sangatlah berbahaya bila dikonsumsi, karena pucung mengandung asam sianida yang sifatnya sangat beracun. Silahkan baca Mengenal pohon pucung keluwek dan manfaatnya

Proses Pengolahan Pucung Menjadi Keluwek

Pada daerah tempat saya tinggal, buah pucung sering disebut pucung, namun setelah melalui proses disimpan dahulu barulah pucung disebut keluwek. Untuk menjadikan pucung menjadi keluwek, buah pucung biasanya akan dibiarkan berhari-hari oleh pemiliknya. Buah-buah tersebut dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung.

Buah sengaja dibiarkan basah oleh air hujan hingga dalam waktu 10 s/d 14 hari buah kluwek ini akan membusuk.Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam sianida yang terdapat pada biji kluwek. Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak.

Namun pada umumnya kluwek yang digunakan untuk memasak adalah kluwek berwarna hitam. Untuk membuatnya hitam, maka kluwek perlu diproses kembali agar didapat warna hitam. Di bawah ini ada beberapa cara supaya hasil keluwek


  1. Ambil biji kluwek sebanyak 20 biji, cuci, rebus selama 1 jam, keringkan. Ambil wadah tertutup, letakkan abu sekam di dasar wadah, letakkan kluwek, dan tutup kembali dengan abu sekam hingga seluruh permukaan tertutup abu. Diamkan selama 15 hari, bersihkan, kluwek siap digunakan.
  2. Biji kluwek dicuci bersih, direbus selama beberapa jam, didinginkan, di letakkan dalam lubang tanah yang ditutup tanah dan daun pisang selama 40 hari. Keluarkan dan bersihkan, akan diperoleh biji kluwek kecoklatan siap pakai.
Keluwek  biasanya dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, serta sup konro. Demikian proses pengo;ahan pucung menjadi keluwek. semoga bermanfaat.

Silahkan baca juga  :  Kolang-Kaling Dan Proses Penggolahannya

2 komentar

nyimak aja mas, ga ngerti ni :(

Silahkan mas, makasih telah mampir.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon