logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

9 Tips Agar Komputer Tetap Sehat

Kesehatan adalah hal penting, tanpa kesehatan tubuh kita pasti tidak akan bisa beraktifitas dengan sempurna. Begitu pula dengan sebuah komputer maupun laptop. Secangih-cangihnya sebuah komputer apabila digunakan terus menerus pasti akan mengalami penurunan performa atau bisa disebut juga komputer menjadi tidak sehat.

Agar komputer tetap sehat, apalagi komputer yang sering digunakan untuk internetan harus selalu dirawat dengan baik. Perawatan secara berkala haruslah sering dilakukan, jangan sampai komputer yang kita gunakan menjadi hang, dan ujung-ujungnya harus melakukan instal ulang yang tentunya memakan biaya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang mesti kita lakukan agar komputer bisa awet tanpa harus bolak-balik instal ulang. Nah.. berikut ini beberapa 9 tips yang bisa kita lakukan agar komputer kita tetap sehat  :

9 Tips Agar Komputer Tetap Sehat

1. Gunakan UPS (Uninteruptable Power Supply)
UPS (Uninteruptable Power Supply) adalah salah satu komponen penting yang wajib digunakan untuk menjaga komputer dari crash selama listrik padam. UPS juga bisa membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan agar tidak terganggu saat listrik padam. Dengan menggunakan UPS saat listrik tiba-tiba mati mendadak kita masih bisa mematikan komputer secara benar dan aman.

Banyak kejadian komputer atau laptop cepat rusak karena mengkonsumsi tegangan listrik ternyata melebihi batas tegangan yang dipakai yang seharusnya 120 volt dari arus AC dengan frekuensi sudut 60Hz. Hal ini terjadi karena ketidakstabilan listrik yang digunakan hingga membuat laptop jadi cepat ngehang. UPS dapat menjaga sirkulasi listrik yang digunakan agar tetap stabil

2. Gunakan Anti Virus
Pastikan dalam komputer Anda telah terinstal anti virus terbaik agar komputer anda aman dari virus dan komputer mampu bekerja lebih maksimal. Anti Virus juga mampu dalam menjaga keamanan untuk jaringan komputer. Selain itu Anda juga harus selalu mengupdate anti virus Anda dengan anti virus yang baru agar kinerjanya tetap optimal.

3. Gunakan Software CCleaner
Bila komputer Anda sering digunakan untuk internetan, software ccleaner sangat diperlukan dalam komputer Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa setiap Anda menghidupkan dan menjalankan komputer, itu akan selalu menimbulkan sampah pada komputer tersebut. Setiap aplikasi yang Anda buka, setiap browser yang Anda gunakan untuk internetan, juga selalu menimbulkan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan membuat ruang hard disk di drive C menjadi penuh, dan akibatnya akan membuat sistem operasi Anda menjadi terganggu, dan akibatnya komputer Anda menjadi lambat. Dengan menggunakan ccleaner ini, Anda bisa membersihkan semua itu.

4. Harddisk Selalu di Defrag
Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan. Oleh karena itu pastikan Harddisk juga dirawat dengan selalu di defrag supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan. Silahkan baca Fungsi Dan Cara Defragmentasi Pada Pc Maupun Laptop

5. Aktifkan Automatic Scan Flasdish
Salah satu penyebaran virus terbesar adalah melalui flasdisk. Oleh karena itu dengan mengaktifkan automatic scan usb device maka  komputer bisa lebih aman, karena jika usb flashdisk mengandung virus, maka sebelum virus menginfeksi file di komputer maka terlebih dahulu dideteksi dan dihapus/dinonaktifkan oleh antivirus. Hal ini hanya berlaku jika anti virus mengenali virus yang terdapat di flashdisk. Agar selalu aman dan terhindar virus sebaiknya hal ini harus diimbagi dengan melakukan update antivirus agar komputer bisa mengenali virus-virus terbaru.

6. Berhati-hati Saat Browsing 
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dan sebagainya). Jika tidak mau terkena virus lebih baik anda tidak membuka situs tersebut, ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer. Maka dari itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu sudah acuhkan saja. Cara terbaik mengatasi hal ini adalah berhati-hati dan selalu teliti.

7. Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui e-mail.
Berhati-hatilah dengan email yang masuk, apalagi jika mendapat e-mail yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah lagi E-mail itu dikirim oleh orang asing, bisa-bisa virus dari E-mail itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”. Bagaimana tidak bertambah, jika semua file di harddisk kita telah dihapus oleh virus tersebut. Oleh sebab itu selalu waspadalah terhadap E-mail yang kita terima.

8. Selalu scan file yang di download
Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya harus tetap anda scan menggunakan antivirus. Contohnya setelah anda mendownload E-Book gratis, apa anda yakin E-Book itu benar-benar bebas dari virus. Atau saat mendapatkan script gratis apa benar script itu benar-benar aman.

9. Mematikan Komputer dengan Benar
Jangan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power, tunggulah sampai Windows benar-benar telah mati ter-shut down dengan sempurna.

Kita pasti ingin performa komputer yang kita pakai tetap terjaga, dan kita pasti juga menginginkan agar komputer kita tetap cepat dan sehat, agar semua itu tetap terjaga siapa lagi kalau bukan kita sendiri yang merawatnya.

Demikian yang bisa saya sampikan agar komputer yang kita pakai tetap sehat dan aman dari virus-virus, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

kalau defrag sebaiknya jangan sering-sering deh mas minimal fragmented filenya 10% lah baru di defrag

Balas

Hindari juga mengunjungi situs situs download atau mendownload bukan dari sumber resminya bisa bisa disusupi virus atau aplikasi ilegal

Balas

Tips bermanfaat mas Isrofi. Terutama sekali tips nomor 9. Karena tergesa-gesa, sering hanya mematikan komputer dengan cara yang cepat...hehehe.

Balas

komputer saya tak bongkar kemaren gara2 keyboarnya ngak berfungsi semua kang, hahahaha
bagus sekali tipsnya sangat berguna kang,

saya jarnag scan file yang di download itu malahan tak pernah

Balas

Kalau kompinya bermasalah jadi ga bisa ngeblog ya Kang

Balas

Performa Laptop atau kompie menurun performanya bisa dari Sistem operasi dan hardwarenya. yap penyebaran virus maupun prosedur mematikan komputer dan laptop yang tidak benar juga bisa mempengaruhi umur hardware,

bener kalo rusak, waktu ngeblog jadi terganggu deh

Balas

Iya mas, maka dari itu kita kudu merawat komputer kita biar ngeblog tetap jalan, maksih dah mampir.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger