Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Bergerak adalah merupakan satu ciri makhluk hidup. Gerak pada makkhluk hidup dapat dibedakan menjadi gerak pasif dan gerak aktif. Gerak yang terjadi pada tumbuhan disebut gerak pasif sehingga sulit untuk diamati. Gerak yang terjadi pada hewan disebut gerak aktif sehingga mudah untuk diamati.

Selain makhluk hidup, benda-benda disekitar kita juga dapat bergerak, kita dapat mengetahui bahwa tumbuhan juga bergerak. Namun tumbuhan hanya mampu ergerak secara pasif karena tidak diikuti dengan perpindahan tempat.

Berikut ini macam-macam gerak pada tumbuhan :
1. Gerak pada tumbuhan.
Gerak tumbuhan dipengaruhi oleh rangsang. Berdasarkan asal rangsang, gerak tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi gerak autonom (endonom), gerak esionom, dan gerak higroskopis.

a. Gerak Autonom (gerak endonom) Gerak autonom diperkirakan terjadi akibat yang berasal dari tumbuhan sendiri. Contoh gerak autonom sebagai berikut :
- Gerak melingkar aliran sitoplasma dalam sel daun Hyrilla verticillata.
- Gerak tumbuhnya akar, batang, daun, dan bungga akibat respon dari pertumbuhan.
- Gerak melengkungnya kuncup daun akibat perbedaan kecepatan tumbuh.

b. Gerak Esionom Gerak esionom dipengaruhi oleh rangsang dari luar tubuh tumbuhan. Gerak esionom dibedakan menjadi gerak tropi (tropisme), nasti, dan taksis.

1). Tropisme
Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah gerakkannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi dua yaitu gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif. Tropisme positif adalah gerak tumbuhan mendekati sumber rangsang, sedangkan gerak tropisme negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsang.

Berdasarkan rangsang yang mempengaruhinya, gerak tropisme dibedakan menjadi lima macam yaitu fototropisme, tigmotropisme, geotropisme, hidrotropisme dan kemotropisme.

a). Fototropisme
Fototropisme adalah gerak tumbuhan ke arah cahaya. Contoh fototropisme yaitu gerak bunga matahari menuju arah datangnya cahaya matahari.

Macam-Macam-Gerak-Pada-Tumbuhan

b). Tigmotropisme
Tigmotropisme adalah gerak membelitnya ujung batang tumbuhan akibat bersentuhan dengan ajir atau batang tumbuhan lain. Tigmotropisme disebut juga haptotropisme. Contoh Tigmotropisme yaitu membelitnya tanaman kacang panjang, mentimun, dan marqisa pada ajir atau tumbuhan inangnya.

c). Geotropisme
Geotropisme adalah gerak tumbuhan menuju arah grafitasi bumi (Geotropisme Positif) atau menjauhi arah grafitasi bumi (Geotropisme Negatif). Geotropisme disebut juga gerak gravitropi. Contoh Geotropisme yaitu gerak ujung akar ke pusat bumi (Geotropisme Positif) dan gerak batang menjauhi pusat bumi (Geotropisme Negatif).

d). Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah gerak tumbuhan menuju air. Contoh Hidrotropisme yaitu gerak ujung akar menuju tempat berair.

e). Kemotropisme
Kemotropisme adalah gerak tumbuhan ke arah rangsang berupa zat kimia. Contoh Kemotropisme yaitu gerak ujung akar menuju tempat yang mengandung banyak mineral.

2). Nasti
Nasti adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsang.

Gerak Nasti dibedakan menjadi tujuh macam berikut :

a). Fotonasti
Gerak ini terjadi akibat rangsang cahaya matahari. Contoh fotonasti yaitu bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang mekar pada sore hari.

b). Seismonasti atau Tigmonasti
Gerak ini terjadi akibat rangsang berupa sentuhan atau getaran. Contoh seismonasti yaitu daun putri malu (Mimosa pudica) yang mengatup ketika disentuh dan daun tumbuhan venus (Dionasa miscipula) yang mengatup apabila ada serangga yang hinggap di permukaan bagian dalam daunnya.

c). Niktinasti
Niktinasti adalah gerak tumbuhan akibat rangsang berupa suasana malam hari. Geak ini disebut juga gerak tidur. Contoh Niktinasti yaitu daun petai cina, daun putri malu dan daun kersen yang mengatup pada malam hari.

d). Termonasti
Termonasti adalah gerak tumbuhan akibat rangsang suhu. Contoh Termonasti yaitu bunga tulip yang mekar apabila suhu lingkungan naik dan akan menguncup apabila suhu lingkungan turun.

Macam-Macam-Gerak-Pada-Tumbuhan

e). Kemonasti
Gerak ini terjadi akibat rangsang zat kimia. Contoh Kemonasti yaitu mulut daun (tomata) yang membuka pada siang hari akibat adanya karbon dioksida di udara. Tumbuhan mengambil karbon dioksida di udara untuk melakukan fotosintetis.

f). Hidronasti
Gerak Hidronasti terjadi akibat adanya rangsang air. Contoh Hidronasti Hidronasti yaitu daun alang-alang pada musim kemarau menggulung untuk mengurangi penguapan.

g). Nasti Kompleks Gerak Nasti Kompleks terjadi akibat pengaruh beberapa rangsang (lebih dari satu rangsang). Contoh gerak Nasti Kompleks yaitu gerak membuka dan menutupnya stomata yang dipengaruhi oleh kandungan karbon dioksida, cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

3). Taksis
Taksis adalah gerak berpindah tempat, baik salah satu bagian tumbuhan atau seluruh bagian tumbuhan. Berdasarkan macam rangsang, gerak taksisi dibedakan menjadi fototaksis dan kemotaksis.

a). Fototaksis
Fototaksis terjadi akibat rangsang cahaya. Contoh Fototaksis yaitu gerak kloroplas ke arah bagian sel yang terkena cahaya danerak spora berflagela ke arah datangnya cahaya.

b). Kemotaksis
Kemotaksis terjadi akibat rangsang zat kimia. Contoh Kemotaksis yaitu gerak spermatozoid pada tumbuhan lumut dan tumbuhan paku menuju sel telur di dalam arkegonum. Bergeraknya spermatozoid ini karena tertarik gula atau protein yang dihasilkan arkegonium.

C. Gerak Higroskopis
Gerak higrokopis adalah gerak bagian tumbuhan akibat adanya perubahan kadar air (kelembaban) di dalam sel, sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata pada sel-sel penyusunnya.

Contoh gerak higrokopis sebagai berikut :

1). Gerak membukanya spogarium pada tumbuhan paku dan tumbuhan lumut.
2). Pecahnya kulit buah tumbuhan polong-polongan yang sudah kering.

Gerak pada semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangatlah berguna. Oleh karena itu kita wajib bersyukur kepada Tuhan YME yang telah menciptakan organ-organ sempurna sehingga kita dapat bergerak dengan baik. Dengan bergerak kita dapat beraktifitas dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Demikian semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!