Manfaat ASI Bagi Bayi

Pada saat ini banyak terjadi seorang ibu jarang memberikan ASI nya pada anak-anakya, Banyak alasan memang kenapa seorang ibu jarang memberikan ASi nya, ada alasan karena pekerjaan dan sedikitnya waktu untuk mengurus anaknya, dan akhirnya anak tidak bisa mendapatkan ASI dengan sempurna, padahal ASi sangat baik sekali untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Manfaat ASI Bagi Bayi

Bayi yang baru lahir belum mempunyai alat pencernaan yang baik. Alat pencernaan bayi belum sempurna. Oleh karena itu, sumber makanan yang paling baik untuk bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI memiliki kandungan zat gizi yang sangat lengkap. ASI mengandung air, laktosa, protein, kasein, laktalbumin, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral.

Adapun manfaat ASI bagi bayi adalah sebagai berikut  :

  1. Sumber penganti cairan tubuh yang hilang.
  2. Mencegah gigi hitam dan keropos bagi balita.
  3. Memberi kekebalan tubuh bayi (faktor protektif)
  4. Sumber mineral (Ca) dan vitamin D yang berperan penting dalam osifikasi.
  5. Sumber nutrisi yang sesuai untuk bayi, seperti glukosa atau laktosa (karbohidrat), protein, berupa kasein serta lemak.
  6. Memberikan keuntungan psikologis bagi bayi, yaitu memberi rasa aman sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam proses perkembangan anak.
Pemberian ASI yang baik bagi anak adalah sampai dengan anak berumur 3 bulan sampai dengan 6 bulan. Demikian manfaat ASI bagi anak, semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!