logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Dan Tujuan Ngeblog Bagi Pemula

Tidak bisa dipungkiri bila saat ini ngeblog sudah menjadi hal yang cukup populer. Setiap hari pasti bermunculan blog-blog baru dengan berbagai macam topik dan bahasan yang beraneka ragam. Blog menjadi sesuatu yang semakin populer dengan berbagai macam tujuan yang ingin dicapai pada suatu hari nanti.

Manfaat Dan Tujuan Ngeblog Bagi Pemula

Dengan semakin banyaknya blog maupun website, tentunya akan semakin banyak informasi yang bisa kita dapatkan lewat internet. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari menjadi seorang blogger.

Berikut ini beberapa manfaat dari ngeblog

1. Melatih dan mengembangkan bakat menulis
Saat pertama kali membuat blog saya sendiri sempat bingung apa yang akan saya tulis untuk mengisi blog saya. Hal tersebut saya sadari karena saya tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, saya hanya anak yang sedikit badung dan harus droup out dari SMA.

Namun semenjak menjadi seorang blogger, Alhamdulillah sedikit demi sedikit saya mulai bisa menulis walaupun dengan bahasa yang seadanya dan tekadang kurang memahami EYD dengan benar. Tapi semua itu patut saya syukuri karena menurut saya itu sudah sangat luar biasa.

Jika sobat sendiri adalah orang yang hobi menulis, maka saya yakin jika sobat ngeblog kemampuan menulis sobat akan meningkat dan bukan tidak mungkin bisa menjadi seorang penulis yang hebat dan terkenal di kemudian hari.

2. Bisa membantu orang lain
Tujuan ngeblog yang satu ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidang tertentu. Mereka bertujuan untuk memberi tahu satu-satunya cara terbaik melakukan sesuatu. karena dari blog mereka juga bisa membantu orang lain dengan pengetahuan ataupun ilmu yang mereka miliki.

Blogger seperti ini adalah orang yang berhati mulia. Terkadang, kita benar-benar butuh seorang ahli untuk menjelaskan segala sesuatunya. Oleh karena itu tidak ada hal lain yang lebih menyenangkan dari ngeblog selain bisa membantu sesama.

3. Membangun sebuah kepercayaan
Blog merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk membangun kredibelitas Anda sebagai seorang ahli di bidang-bidang yang spesifik. Misalnya hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Dengan mempublikasikan artikel-artikel tentang apa yang Anda kuasai, orang-orang akan percaya bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

Ketika kita bisa membantu sesama melalui blog maka kita akan diberi kepercayaan oleh pembaca blog kita karena telah memberikan informasi yang berguna bagi mereka. Saya yakin Anda pasti tahu jika dunia online semakin berkembang saat ini. Pengguna internet setiap hari terus bertambah dan semakin banyak orang-orang yang mulai mengembangkan bisnisnya ke dunia online.

Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis secara online adalah kepercayaan. Nah, dengan begitu blog adalah tempat yang tepat untuk membangun sebuah kepercayaan tersebut.

4. Membangun Sebuah Jaringan
Tujuan lain ngeblog adalah kita bisa dengan mudah membangun jaringan melalui blog. Jika blog kita secara konsisten diisi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat sesuai dengan keahlian kita, maka akan semakin banyak pembaca setia yang rajin mengunjungi blog kita.

Jika hal tersebut sudah kita punya kepercayaan dan juga jaringan yang luas di internet, maka akan sangat mudah untuk mengembangkan bisnis di internet.

5. Menghasilkan Uang
Tidak bisa dipungkiri bahwa blog juga bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu banyak blogger yang benar-benar menekuni dunia blogging secara profesional dan mereka bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dari dunia blogging.

Tentunya masih banyak lagi manfaat ngeblog yang bisa diperoleh namun 5 hal saja yang bisa saya sampaikan disini.

Bagaimana untuk memulai ngeblog?,

Membuat dan memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi pada kenyataanya seiring waktu berjalan akan terasa sulit apabila dari awal kita tidak mempunyai tujuan yang jelas tentang blog kita. Hal itu saya alami sendiri pada salah satu blog saya yang saat ini terbengkalai dan jarang update di blog tersebut karena dari awal memang saya telah salah dalam menentukan topik dalam blog tersebut.

Mempunyai tujuan ngeblog yang jelas itu akan memudahkan kita dalam mengembangkan blog kedepannya. Jujur saja saya bukanlah orang yang berpengalaman dalam dunia blogging karena saya sendiri baru sekitar satu tahun dalam dunia blogging. Saya sendiri juga masih belajar sama seperti blogger-blogger pemula yang lain.

Namun dari berbagai apa yang sudah saya pelajari selama satu tahun saya ngeblog dan berbagai tips-tips dari blogger lain yang telah sukses ngeblog harus memiliki tujuan yang jelas. Yang pasti semua orang mempunyai alasan yang berbeda-beda kenapa ingin menjadi seorang blogger.

1. Menentukan tujuan
Menentukan tujuan itu penting, Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita pada akhirnya nanti akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita.

Menjadi seorang blogger itu butuh waktu, tenaga, uang, dan pikiran. Jangan sampai semu itu terbuang sia-sia karena kita tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Menentukan topik
Pilihlah beberapa topik yang benar-benar sobat minati dan kuasai serta sesuai dengan hobi atau keahlian yang kita punya. Jika jika kita memilih topik yang kita sendiri tidak begitu suka, ataupun bukan keahlian kita maka, sudah pasti blog kita tidak akan bisa bertahan lama.

3. Memilih layanan ngeblog
Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semua platform memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat sobat. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

4. Mulailah menulis
Jika kita sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog kita dengan tulisan. Apa jadinya bila kita membuat blog tapi jarang dan tidak diisi artikel. Mulailah menulis apa saja yang ingin sobat tulis sesuai dengan topik yang sudah sobat tentukan. Tulislah tentang apa yang paling unik dari diri kita.

5. Mempercantik blog
Hal ini juga penting dilakukan oleh blogger asalkan tidak berlebihan. Kita bisa mengganti template atau tampilan blog kita dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu. He..he.. sepeti saya sendiri sering gonta-ganti template.

Demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk orang lain, sekian dan salam blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Pokoknya nggak ada ruginya ngeblog minimal bisa mengisi waktu luang dengan hal yang positif

Balas

Betul mas, selain bisa berbagi juga bisa menambah ilmu dan wawasan.

Balas

Melatih dan mengembangkan bakat menulis serta ingin membangun jaringan, syukur-syukur bisa menghasilkan uang.

Balas

Manfaatnya udah tau dan bisa dirasakan...tapi soal tujuan ngeblog...masih bingung juga hehe :)

Balas

Sangat Menarik sekali min =D blog nya juga bagus (y)

5 Tema Blog Paling Banyak Dicari Pengunjung

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger