logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

KemejingNet.Com. 10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia. Seperti yang pernah saya tulis di artikel yang sebelumnya Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan. Banyak sekali pulau-pulau yang ada di Negeri kita tercinta ini. Mengenai berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia silahkan simak Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Dari banyaknya jumlah pulau yang ada di Indonesia ternyata, ada 3 pulau pulau yang termasuk dalam jajaran 10 pulau terbesar di dunia. Sebagai warga negara kita patut bangga dengan hal ini, karena itu menandakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan sumber daya alamnya.

Nah, anda penasaran pulau mana saja yang ada di Indonesia yang termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia?, berikut ini jawabannya.

1. Pulau Papua/Irian
Papua adalah pulau pertama yang termasuk dalam 10 pulau terbesar besar di dunia. Pulau ini mempunyai luas 820.032.000 km2. Papua sangat kaya akan sumber daya alam, budaya, serta tradisinya. Salah satu sumber daya alam yang sangat populer dan masih hangat diperbincangkan adalah tambang emas freeport.

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Selain sumber daya alam seperti emas, papua juga mempunyai pemandangan alam yang indah, terutama pantai-pantainya. Salah destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik adalah Raja Ampat, banyak sekali di Raja Ampat terdapat pantai-pantai yang begitu indah.

Satu lagi kekayaan yang banyak dimiliki oleh papua yaitu pemain bolanya, banyak pemain bola yang bagus-bagus lahir dari pulau ini diantaranya adalah, Boas Salosa, Titus Bonai, Patrick Wangai, Octo Maniani dan masih banyak lagi pemain yang sering menjadi langganan masuk Timnas Indonesia. Dan di Papua juga juga terdapat sebuah club sepakbola yang menjadi kebanggaan warga papua dan juga Indonesia yaitu Persipura Jayapura.

2. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan adalah pulau kedua di Indonesia yang masuk dalam jajaran 10 pulau terbesar yang ada di dunia. Luas pulau kalimantan adalah 743.107.000 km2, sebenarnya pulau ini bukan hanya milik Indonesia, karena ada 3 Negara yang memilikinya yaitu, Indonesia. Malaysia, dan Brunei Darussalam.

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Borneo adalah sebutan lain dari pulau kalimantan, pulau ini terbagi dalam 5 Provinsi yaitu, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Pada dulunya kalimantan adalah satu provinsi sebelum adanya pemekaran wilayah.

Pulau Kalimantan terkenal juga dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Ada 4 buah sungai yang termasuk dalam jajaran 10 sungai terpanjang di Indonesia, sugai-sungai tersebut adalah, Sungai Kapuas, Sungai Mahakan yang tepatnya berada di Kalimantan Timur, Sungai Barito, dan sungai Seruyan.

3. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera adalah pulau ketiga yang termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia. Sumatera memiliki luas 473.604.000 km2. Pulau sumatera terbagi dalam 10 Provinsi diantaranya adalah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Lampung

10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Suku Rejang, Ogan, Komering, dan Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatera dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam, Palembang,Pekanbaru, dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis Tionghoa. Penduduk pulau Sumatera hanya terkonsentrasi di wilayah Sumatera Timur dan dataran tinggi Minangkabau. Mata pencaharian penduduk Sumatera sebagian besar sebagai petani, nelayan, dan pedagang.

Andalas adalah sebutan lain dari pulau Sumatera, di pulau Sumatera dulu juga terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Kerajaan Sriwijaya. Hasil-hasil utama pulau Sumatera ialah kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam.

Dan berikut ini adalah daftar 10 pulau terbesar yang ada di dunia.

10 PULAU TERBESAR DI DUNIA
NO
NAMA
PEMILIK
LOKASI
LUAS
1
Tanah Hijau
Denmark
Atlantik Utara
2.175.597.000 km­­­2
2
Papua/Irian
Indonesia
Pasifik Barat Daya
820.032.000 km2
3
Kalimantan
Ind/Maly/Brunei
Pasifik Barat Tengah
743.107.000 km2
4
Madagaskar
Madagaskar
Lautan Hindia
587.041.000 km2
5
Baffin
Kanada
Atlantik Utara
476.067.000 km2
6
Sumatera
Indonesia
Lautan Hindia
473.604.000 km2
7
Honshu
Jepang
Laut Jepang/Pasifik
230.315.000 km2
8
Inggris Raya
Inggris
Laut Utara
229.883.000 km2
9
Victoria
Kanada
Laut Arketik
217.290.000 km2
10
Ellesmere
Kanada
Laut Arketik
196.236.000 km2

Demikian mengenai 10 pulau terbesar yang ada di dunia dan 3 diantaranya berada di negeri kita Indonesia ini, semoga bisa memberi tambahan tentang ilmu pengetahuan bagi kita semua. Maaf bila banyak salah tulis dan banyak kekurangan. Salam.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

25 komentar

brarti kita nih harus bersyukur ya bera di di indonesia. apalgi saya berada di pulau terbesar ke dua di indonesia.

Balas

maksdunya berada buka bera. hehehe kipetnya rada terganggu nih

Balas

3 pulau di indonesia masuk 10 besar ya mas....

Balas

Betul mas kita patut bangga dengan keadaan alam kita, Kalau Mang Adul di pulau terbesar kedua di Indonesia, kalau saya berada di pulau terpadat penduduknya di Indonesia :)

Balas

Betu mas Wahab, 3 pulau di Indonesia masuk dalam 10 pulau terbesar di Dunia.

Balas

wah, hebat ya mas, kita termasuk juga ini pulau sumatera ya mas :)

Balas

Jadi bangga...

Sudah saya folback ya mas...

Balas

Saya protes mas...kenapa pulau jawa g ada ...

Balas

Pulau jawa tuh bukan pulaunya, tapi penduduknya mas :)

Balas

Dari pulau pulau tersebut yg paling besar pulau Papua mas....disana masih natural lho...tidak ada ceritanya kebakaran hutal lagi iya kan ?

Balas

Iya mas sumatera termasuk, kalau saya mah tinggal di pulau yang terbesar jumlah penduduknya mas :)

Balas

Betul sekali mas, papua masih sangat natural banget, bahkan sampai dengan penduduknya juga masih natural, apalagi yg masih dipelosok.

Balas

bangga deh jadi WNI pulaunya luas jadi nggak kekurangan lahan

Balas

Kira2 kalo di urutkan pulau jawa nomer berapa ya?? hehe

Balas

diantara ketiga pulau tersebut hanya sumatra yg murni milik indonesia ya mas,2 lainnya dibagi dengan negara tetangga

Balas

kapan ya saya ke papua?

Balas

koq saya nggak di folback sih?

Balas

hehe...nganti ora iso slonjor sikil yo mas..hehe. Oh iya sekedar info blog saya yang java harmony itu saya shutt down dulu...belum update lagi. Baru sempet nglukis dan upload lagi bulan depan. Thanks mas Isrofi

Balas

Iyo mas Heru saking padatnya ya, ngati mau selonjor saja susah. :)

Balas

Awas melorot lho Kang Yanto, :)

Balas

Uruan terbanyak pokoknya mas pulau jawa mah.

Balas

wow, 3 pulau di Indonesia juga masuk kategori. jadi makin bangga jadi anak Indonesia :D

Balas

Tetnyata indonesia banyak memiliki hal yang tidak banyak di ketahui oleh orang-orang indonesia sendiri

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger