3 Hal Penting Ketika Mau Buat Blog

KemejingNet.Com. 3 Hal Penting Ketika Mau Buat Blog. Bagi para blogger yang telah lama malang melintang di dunia perbloggingan, tentunya sudah tidak asing lagi ketika mau membuat blog. Namun bagi pemula yang belum tau tentang blog pasti akan sedikit kebingungan ketika punya niat untuk membuat blog. Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang hal penting ketika mau buat blog.

Membuat blog sangatlah mudah, syarat pertama membuat blog adalah Anda harus mempunyai email, jika Anda telah mempunyai Gmail, Anda tinggal buka blogger.com dan ikuti langkah-langkahnya maka jadilah blog Anda dan anda tinggal nulis artikel dan posting. Namun agar kedepannya kegiatan ngeblog tidak berhenti di tengah jalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mau membuat blog.

3 Hal Penting Ketika Mau Buat Blog


3 Hal Penting Ketika Mau Buat Blog

1. Memilih Platform Blog.
Untuk mulai membuat blog, kita dihadapkan dengan pemilihan platform yang sesuai dengan selera kita. Di internet sendiri terdapat banyak platform untuk membuat blog yang disediakan secara gratis, namun tidak semua platform blog yang ada itu menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Di satu sisi masing-masing paltform mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Platform blog gratis yang sering digunakan adalah blogger.com dan wordpess.com, kedua platform inilah yang sering digunakan para blogger. Sedikit saran apabila memang benar-benar masih pemula blogger.com adalah platform yang cocok sebagai pilihan.

Blogger.com adalah platform blogging gratis, keren, dan serbaguna dan blogger.com adalah milik dari raksasa mesin pencari Google itu sendiri. Blogger banyak dipilih bagi para pecinta SEO dan para publisher untuk mencari uang karena berada dalam naungan google secara langsung. Blogger juga telah dilengkapi fitur-fitur yang lengkap sehingga lebih mudah mendapatkan SERP yang baik di google. Blogger memberikan fasilitas hosting dengan subdomain secara gratis, namun kita bisa membeli domain sendiri untuk alamat blog kita.

2. Memilih Niche Blog.
Saat ini adalah eranya informasi dimana banyak orang yang tergantung dengan internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu menentukan topik yang tepat pada blog yang akan Anda buat adalah hal penting yang akan menunjang kelangsungan blog Anda dimasa yang akan datang.

Pilihlah topik yang itu memang benar-benar kesukaan Anda dan juga memang keahlian Anda. Jadilah diri sendiri dan jangan meniru orang lain, atau blog orang lain. Anda bisa melihat kedalam diri Anda sendiri apa yang Anda punya didalam diri Anda. Karena kalau topik yang Anda pilih adalah memang benar-benar keahlian dan kesenangan Anda, kedepannya Anda akan merasa enjoy dan tidak merasa terbebani saat mau membuat artikel.

Bisa Anda banyangkan apabila Anda meniru orang lain pasti Anda akan mengalami kesulitan saat membuat artikel, karena terkadang apa yang kita tiru tidaklah sesuai dengan apa yang kita bisa dan kita senangi. Faktor inilah yang terkadang membuat seorang blogger menjadi buntu saat mau buat artikel, dan faktor inilah yang bisa membuat blog terbengkalai dan jarang update karena terbentur dengan keterbatasan kemampuan yang kita miliki.

3. Menentukan Nama Blog Dan Alamat URL Blog
Nama blog dan alamat url blog juga faktor penting yang harus Anda perhatikan, karena inilah yang nantinya akan menjadi brand image blog Anda. Pilihlah nama blog dan url blog yang seunik mungkin, semakin unik nama blog kemungkinan untuk diingat orang akan semakin besar.

Usahakan nama blog dan url blog sama, karena itu akan semakin bagus dimata mesin pencari. Disini Anda harus benar-benar menentukan pilihan yang tepat jangan sampai nanti ditengah perjalanan Anda merasa kecewa dengan nama yang telah Anda buat dan kemdian Anda menggantinya.

Perlu Anda ketahui mengganti nama blog atau bahkan url blog ditengah perjalanan blogging Anda, itu bisa berakibat fatal, kenapa demikian?. Karena mengganti url blog atau nama blog ketika blog telah berumur lama itu sama saja akan membuat blog Anda seperti baru lagi. Dan itu artinya Anda harus berjuang mengoptimalkan blog Anda kembali dari awal lagi.

Demikian 3 hal penting ketika mau buat blog yang harus diperhatikan, menentukan tujuan membuat blog dari awal secara terncana, itu akan sangat mempengaruhi perkembangan blog kedepannya. Itu saja yang bisa saya tulis pada artikel kali ini, semoga saja bisa bermanfaat. Salam blogger. Silahkan simak juga Macam Macam Tujuan Menjadi Blogger

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!