logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

8 Tips Meningkatkan Daya Tahan Battery Laptop

saat ini kebanyakan orang menggunakan laptop dan tablet sebagai alternatif dari desktop. Selain karena mudah dibawa kemana-man laptop juga tidak perlu kabel dan perangkat lainnya. Laptop yang sangatlah mudah digunakan dari semua perangkat input / output yang terhubung. Laptop memiliki semua dan beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan desktop seperti dukungan WiFi built-in, Bluetooth, dan juga Webcam.


Kelemahan laptop hanya pada daya hidup baterai yang relatif singkat. Battery Laptop menjadi turun jika kita menggunakannya tanpa tindakan pencegahan, perawatan dan tanpa informasi tentang cara menyimpan dan meningkatkan masa pakai baterai.

Beberapa orang mungkin mungkin telah mengalami Battery tidak mampu bertahan lama, dan satu-satunya pilihan yang tersisa bagi mereka adalah dengan mengganti baterai walaupun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya Anda bisa menerapkan beberapa pengaturan dan dengan mengikuti pedoman penting yang bisa Anda lalukan agar Battery laptop Anda bisa bertahan dengan lebih baik. Nah dalam artikel ini kita akan menjelaskan beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan hidup baterai laptop Anda dan melindunginya dari masalah penggantian yang terlalu cepat.

1. Menonaktifkan perangkat yang tidak digunakan.
Cara sederhana untuk meningkatkan daya tahan baterai laptop adalah dengan menonaktifkan perangkat yang tidak digunakan saat ini misalnya menghapus mouse USB eksternal, drive eksternal dll. Anda juga harus mengatur pengaturan WiFi dan Bluetooth dan menutup WiFi dan Bluetooth setelah menggunakannya. Untuk menonaktifkan perangkat yang tidak terpakai pada Windows Anda harus membuka panel kontrol dan mencari device manager. Di device manager, perangkat dikelompokkan berdasarkan kategori.

Catatan: Anda harus merawat komponen-komponen yang jarang digunakan pada Laptop Anda. Namun perlu diingat sebelum menonaktifkan perangkat, pastikan itu bukan hardware yang dibutuhkan dasar kerja laptop.

2. Nonaktifkan Apps dan Proses.
Cara kedua untuk meningkatkan daya hidup baterai laptop Anda adalah dengan mematikan proses aplikasi yang tidak perlu, karena beberapa aplikasi banyak memakan waktu prosesor untuk pengolahan dan meningkatkan beban pada prosesor yang digunakan baterai laptop secara berlebihan. Beberapa proses mulai ketika jendela mulai dan tetap meminimalkan di latar belakang dan mengkonsumsi baterai Anda. Untuk menutup proses ini tekan Ctrl + Alt + Del untuk membuka task manager dan menutup proses yang Anda inginkan.

3.Mengaktifkan Mode Hemat Daya.
Hal lain yang perlu diingat untuk meningkatkan daya hidup baterai laptop Anda adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya pada laptop Anda. Modus hemat daya ini akan otomatis menyesuaikan perangkat Anda dalam mode daya rendah dan memungkinkan mereka untuk menggunakan daya yang rendah. Hal ini akan meningkatkan hidup baterai Anda sampai batas waktu tertentu.

4. Sesuaikan Pengaturan Laptop Anda.
Anda dapat menyesuaikan pengaturan laptop Anda saat menggunakan mouse dan keyboard dari laptop Anda. Keyboard lampu belakang juga mengkonsumsi daya dari laptop Anda sehingga ketika Anda tidak bekerja dalam gelap, Anda tidak perlu mengaktifkan lampu keyboard Anda. Anda juga dapat menerapkan hot key untuk menerapkan pengaturan cahaya keyboard kembali. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan layar laptop Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menurunkan brightness untuk menghemat baterai Anda.

5. Mengurangi Multitasking.
Multitasking berarti menjalankan lebih dari satu Apps pada waktu yang sama. Ketika laptop Anda sudah terisi penuh kita tidak perlu mengurangi multitasking. Ketika kita menjalankan lebih dari satu atau dua Apps pada saat yang sama, prosesor mengambil beban lebih untuk memproses mereka dan juga mengkonsumsi daya lebih. Jika Anda membuka beberapa alat pengolahan gambar maka jangan lupa untuk menutup mereka setelah menggunakan karena alat ini mengambil lebih pengolahan untuk menjalankan dan juga mengkonsumsi daya lebih. sehingga mengurangi multitasking jika kita tidak membutuhkannya.

6. Meningkatkan RAM Sistem Anda.
RAM adalah faktor lain yang mempengaruhi daya tahan sistem baterai anda. Jika sistem Anda memiliki RAM kurang maka aplikasi yang membutuhkan lebih banyak RAM harus menggunakan memori virtual. Untuk menggunakan sistem memori virtual telah mengakses hard drive setiap kali, operasi ini akan meningkatkan konsumsi daya. Jika sistem Anda memiliki jumlah yang cukup maka Anda bisa mengurangi penggunaan memori virtual dan bisa menghemat baterai Anda.

7. Selalu Membersihkan Tempat Battery.
Anda harus selalu menjaga membersihkan kontak baterai laptop Anda. Bersihkan setiap dua sampai tiga bulan sekali. Membersihkan kontak baterai Anda sangat memungkinkan pengisian baterai dan transfer yang baik dari kekuatan untuk laptop dan meningkatkan masa pakai baterai Anda.

8. Mencegah Baterai Anda Dari Pengisian yang Berlebihan.
Ini adalah faktor lain yang mempengaruhi daya tahan baterai Anda. Anda tidak boleh lupa untuk mencabut charger setelah pengisian penuh. Pengisian yang berlebihan akan merusak baterai dan komponen sistem lainnya. Jadi menjauhkan diri dari pengisian yang berlebihan akan lebih baik.

Silahkan simak juga Sejarah Dan Perkembangan Generasi Komputer


Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

mengisi baterai pada saat laptop mati juga berpengaruh terhadap baterai, jadi jika sedang dipakai laptopnya jangan di cas yah

Balas

Makasih tambahannya mas Dzaky.

Balas

8 tips yang bagus demi memperhemat batrai pada laptop, dengan tips diatas, semoga daya tahan baterai bisa mampu awet ya mas, karena laptop saya pun sudah lama bengit dah, saya jarang menggunakannya baterainya paling nahan 10 menit blank, kebiasaan saya hanya pakai kompi saja mas :) hehehe

Balas

Sama juga mas, saya juga kurang sabar kalau ngeblog pakai laptop, enakan pakai PC.

Balas

Iya bener...kadang wktu di charge udh penuh malah gam dicabut2 kabel chargerannya ya gan...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger