Cara Membuat Pupuk Organik Bokhasi

Bokhasi adalah campuran dedak dan tepung ikan yang difermentasi menggunakan EM4, atau Super Degra. Bokhasi mengandung gula, alk***l, asam amino, protein, karbohidrat, vitamin dan senyawa-senyawa organik lainnya.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa pemberian pupuk bokhasi pada tanaman dapat meningkatkan produksi padi. Ektrak bokhasi juga dapat digunakan untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman karena ada senyawa alk***l yang terkandung didalamnya.

Cara-Membuat-Pupuk-Organik-Bokhasi

Cara pembuatan pupuk organik bokhasi sangatlah mudah, dan bahan-bahannya juga dapat didapat dengan mudah disekitar kita. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pupuk bokhasi.

Cara Membuat Pupuk Organik Bokhasi
  • 90 kg dedak halus dicampur dengan 10 kg tepung ikan asin secara merata. Kemudian diberikan larutan air + molase (tetes gula tebu) + EM4, dengan perbandingan 1 liter air : 50 ml molase : 10 ml EM4.
  • Adonan tersebut diaduk secara merata, sampai kandungan air adonan mencapai 50 %.
  • Selanjutnya adonan tersebut dibungkus dengan kantong plastik yang ditutup rapat sela 4-7 hari.
  • Setelah 4-7 hari adonan dedak dan tepung ikan itu telah terfermentasi menjadi produk baru yang dikenal dengan nama BOKHASI.
Perhatian!!! 
Pada waktu pembuatan pupuk organik bokhasi adonan akan mengundang lalat untuk bertelur. Oleh karena itu tutuplah dengan plastik rapat-rapat, setelah terbentuk bokhasi sebaiknya langsung digunakan (sekali pakai). Jangan disimpan lama.

Manfaat Bokhasi
  • Meningkatkan kesuburan lahan sawah secara biologis.
  • Meningkatkan pertumbuhan dan produksi padi.
  • Menurunkan serangan OPT (Organisme Penggangu Tanaman)
  • Pupuk bokhasi disebarkan pada permukaan tanah pada waktu 1 hari sebelum tanam dengan dosis 200 kg/ha.
Demikian mengenai pupuk organik bokhasi dan cara pembuatannya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Simak juga Cara Membuat Pupuk Kompos Alami
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!