logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

Penyakit pohon pisang saat ini sudah seperti momok yang sulit untuk diobati. Hal ini tentu sangat meresahkan bagi petadi budidaya pisang. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit pohon pisang ini tentunya produksi pisang menjadi semakin berkurang, dan hal ini pasti akan menurunkan pendapatan yang diperoleh.

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

Cara paling mendasar agar pohon pisang tidak terkena penyakit adalah dengan cara mencegahnya, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah semakin menyebarnya penyakit pada pohon pisang. Penyakit pada pohon pisang yang lagi trend saat ini adalah layu pusarium. Mengenai layu pusarium silahkan simak Ciri-ciri Hama Penyakit Pohon Pisang Dan Cara Pencegahannya

Cara Mencegah Penyebaran Penyakit Pohon Pisang

1. Usahakan tidak ada air yang menggenang pada lahan pohon pisang. Hal ini bisa ditanggulangi dengan membuat drainase yang baik agar air yang ada bisa terbuang dengan lacar dan tidak lagi menggenang. Kenapa hal itu harus dilakukan,? Karena penyebaran penyakit layu pusarium dapat menular melalui air, oleh karena itu bila drainase tidak lancar otomatis bila ada salah satu pohon yang terkena penyakit akan menularkannya melalui air tersebut.

2. Bila ada salah satu pohon yang sudah terkena penyakit sebaiknya pohon tersebut langsung ditebang saja. Karena bila tidak ditebang pohon-pohon pisang yang lain berpeluang besar untuk tertular.

3. Segeralah buang jantung atau bunga setelah pisang mulai kelihatan, karena penularan penyakit pohon pisang dapat melalui bunga. Penularan melalui bunga bisa disebarkan oleh serangga, serangga yang mengerumuni bunga akan menularkannya melalu buganya pula.

4. Hal yang paling mendasar yang sering terjadi pada penularan penyakit pohon pisang adalah dari bibitnya. Oleh karena itu jika ingin memperbanyak tanaman pohon pisang usahakan untuk menanan bibit yang benar-benar sehat. Terutama bibit yang didapat tidak dari rumpun pisang yang sudah terkena penyakit.

Selain dari keempat hal diatas Anda juga bisa menggunakan pupuk yang mempunyai kadar kalium yang tinggi agar pohon pisang selalu sehat dan tahan terhadap penyakit. Terlepas dari itu semua kita sebagai manusia hanya wajib berikhtiar tetapi kalau soal hasil Allah SWT yang menentukan.

Demikian cara mencegah penyebaran penyakit pada pohon pisang yang bisa disampaikan, semoga apa yang tertulis disini bisa bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

penyakit ini biasanya ditandai dengan busuknya buah ya mas ?

Balas

cara mencegah penularan yang bagus ini ya mas, semoga bisa berdanpak baik bagi para petani :)

Balas

Bisa juga begitu mas, terutama, batang pecah-pecah, pelepah berwarna hitam dan daun menjadi layu.

Balas

Mudah-mudhan gitu mas, mengenai ciri-ciri dan pencegahan yang lengkat ada di artikel http://www.kemejingnet.com/2015/05/ciri-ciri-hama-penyakit-pohon-pisang.html

Balas

saya mah cuman tau makan nya aja mas, soalnya ditempat saya jarang banget ada pisang, yang melimpah cuman pohon sawit... hehehe
artikelnya bermanfaat..

Balas

oow, iya mas jadi paham ane mas :)

Balas

bener paham nie pak mukhlis,.?
tar ngak lagi,.?

Balas

maaf mas drainase itu seperti apa ya,.?

Balas

Kalo ulat yang suka ada di daun pisang termasuk hama atau penyakit juga ga mas?

Balas

Kalau itu hama mas.

Balas

Drainase adalah saluran air mbak, seperti parit.

Balas

Makan pisang juga baik buat kesehatan mas.

Balas

Pohon pisang juga ada penyakitnya ya mas padahal kelihatannya pohon pisang itu tahan penyakit tumbuhnya juga mudah

Balas

Saya bingung mas memilih bibitnya

Balas

Terimakasi tips mencegah penyakit pohon pisang ini akan saya terapkan dirumah saya. Kayaknya memang terlalu tergenang air ya mas makanya sering bermasalah

Balas

Ya mbak, saluran air atau drainase yang tak lancar memang sangat rentan terhadap penyebaran penyakit pohon pisang mbak.

Balas

yang penting usahakan jagan mengambil bibit dari rumpun yang sudah terkena penyakit. Lebih lengkapnya mbak bisa baca artikel Ciri-ciri penyakit pohon pisang dan cara pencegahannya.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger