Diary Blogger KemejingNet 2015

KemejingNet.Com. Diary Blogger KemejingNet 2015. Tak terasa tahun 2015 begitu cepat berlalu, padahal bila dirasa seperti baru kemarin saja memasuki tahun 2015. Banyak cerita yang telah terlalui di tahun ini dalam dunia blogging. Dalam hitungan jam setelah artikel ini diposting kita semua akan sama-sama memasuki sebuah babak baru di tahun 2015.

Setiap orang pasti punya kenangan dalam perjalanan satu tahun yang telah berlalu, baik itu kenangan manis maupun kenangan pahit. Banyak juga kegagalan dan kesuksesan yang datang menghampiri kita dibidang apapun. Begitupun dengan blog kemejingNet ini, perjalanan satu tahun di 2015 banyak sekali kenagan, pengetahun, ilmu, sahabat, yang saya dapat di tahun 2015 ini.

Diary Blogger 2015

Artikel ini sengaja saya buat sebagai catatan diri saya sendiri utuk sekedar pengingat perjalanan selama satu tahun mencoba belajar tentang dunia blog. Dan tidak ada salahnya apabila atikel ini saya publish dan kemungkinan bila ada yang membaca pasti Anda orang yang kebetulan tersesat di belantara internet dan dengan tidak sengaja menemukan gubug sederhana ini.

Diary Blogger KemejingNet 2015

Januari 2015
Pada bulan januari 2015 enam bulan sudah blog kemejingNet ini berada di internet dan bisa diakses oleh semua orang, walaupun pengunjung yang datang adalah baru dari hasil blogwalking dan ada juga satu dua pengunjung organik yang kebetulan kesasar di blog ini.

Februari - Agustus 2015
Jujur pada saat buat blog saya benar-benar masih awam, sebagai blogger newbie dan masih semangat-semangatnya saya sering bllowalking sambil mencari ilmu tentang dunia blogging. Setiap berkunjung ke suatu blog saya sempat penasaran ketika di blog yang saya kunjungi kok bisa ada iklannya.

Setelah belajar kesana-kemari akhirnya barulah saya ketahui kalau blog bisa menghasilkan uang dengan cara mendaftarkan blog ke google adsense. Bebekal modal nekat akhirnya saya mencoba mendaftarkan blog ini pada google adsense, namun apa hasilnya?, beberapa kali blog ini ditolak mentah-mentah oleh google adsense. Simak juga Misteri Daftar Google Adsense

Walupun beberapa kali ditolak, namun saya tidak menyerah dan terus mencoba mendaftar adsense, hingga pada akhirnya di bulan agustus, tepatnya tanggal 12 agustus 2015 blog ini Alhamdulilah bisa diterima sebagai publisher adsense walupun status akunnya masih hosted.

September 2015
Belum genap  sebulan menjadi publisher adsense, ada kejadian yang membuat saya kaget karena iklan di blog saya menghilang, saya sempat bertanya-tanya sebenarnya apa yang terjadi, padahal saya merasa tidak melakukan pelangaran apapun terkait kebijakan adsense. Tepatnya pada tanggal 3 september 2015 semua orang yang memiliki akun adsense hosted pasti iklannya akan menghilang dari blog namun itu tidak berlaku pada akun adsense non hosted atau yang sudah full aprove.

Iklan akun adsense hosted menghilang dari blog itu diakibatkan karena sejak tanggal 3 September 2015 blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id. Perubahan itulah yang menyebabkan iklan tidak bisa tampil di blog. Setelah menunggu beberapa hari sambil mencari informasi kesana-sini, namun banyak yang mengatakan iklan akan muncul kembali setelah pihak blogspot telah selesai berbenah.

Dalam benak saya waktu itu yang terlintas adalah, alangkah enaknya bila akun adsense sudah non hosted, karena akun non hosted tidak akan terpengaruh oleh kejadian ini. Untuk memiliki akun adsense non hosted syaratnya adalah blog harus sudah berdomain TLD tidak blogspot lagi, walupun hosting masih di blogspot.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk memeli domain TLD, walaupun dengan konsekwensi nantinya saya harus mendaftar lagi ke google adsense demi mendapatkan akun full aprove non hosted. Pada tanggal 18 September 2015 akhirnya blog kemejingnet resmi menyandang domain TLD, saya membeli domain ini di Teamworks Indonesia dengan durasi satu tahun.

Oktober 2015
Setelah resmi menggunakan domain TLD selama beberapa minggu, saya mencoba untuk upgrade akun adsense hosted yang saya miliki, namun apa yang terjadi permohonan upgrade saya ditolak. Setelah membaca artikel yang ada di blog juragancipir, blog yang baru saja ganti domain TLD setidaknya harus menunggu dulu minimal 1 bulan atau setidaknya blog sudah kembali memeiliki traffic yang memadai. Simak Juga Efek Ganti Domain TLD (Top Level Domain)

Blog yang baru saja berganti domain TLD baik traffic, maupun, nilai alexa akan kembali seperti awal lagi saat buat blog, itu artinya perlu menunggu waktu agar blog bisa kembli seperti semula dengan traffic yang berjalan normal.

November 2015
Setelah blog dengan domain TLD sudah berumur satu bulan dan traffic sudah sedikit membaik, akhirnya saya mencoba kembali mendaftarkan blog ini ke google adsense untuk upgrade akun hosted ke non hosted. Dan akhirnya setelah 2 kali sempet ditolak, pada tanggal 17 November 2015 google adsense akhirnya menyetujui juga permohonan upgrade saya.

Desember 2015
Berbekal blog dengan domain TLD dan akun adsense Non Hosted yang saya miliki, semangat ngeblog semakin tinggi saja, namun semangat saja tidahlah cukup untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, apalagi buat blogger newbie seperti saya. Tentunya masih banyak yang perlu saya pelajari di dunia blogging ini. Ada sedikit kebahagiaan juga di bulan dsember ini, karena saya lagi menunggu PIN dari google untuk verifikasi alamat akun adsense saya yang telah mencapai ambang untuk verifikasi alamat

Setelah bisa dan merasakan menjadi publisher adsense ternyata tidaklah mudah untuk bisa mendapat penghasilan yang banyak dengan traffic blog yang masih sedikit. Sebagi contoh, para blogger yang telah sukses, mereka juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai kesuksesan di dunia blogging.

Pada kesimpulannya menjadi blogger itu butuh proses dan tentunya proses yang baik adalah dengan sedikit demi sedikit, karena bayi yang baru lahirpun manalah mungkin akan langsung bisa berjalan apalagi berlari. Dan proses yang baik menurut saya adalah proses yang alami.

Demikian diary blogger kemejingNet di tahun 2015 ini, dengan berbekal sedikit ilmu dan pengalaman selama tahun ini, mudah-mudahan di tahun 2016 semuanya akan menjadi lebih baik daripada tahun 2015.

Kepada semua sahabat blogger yang telah berkunjung di blog ini, saya mengucapkan banyak terima kasih, karena tanpa Anda semua blog ini tidak akan ada apa-apanya. Mudah-mudahan kita semua masih diberi kesehatan dan umur yang panjang dan masih bisa saling sapa kembali di tahun 2016.

Terakhir saya mengucapkan "SELAMAT TAHUN BARU 2016" Semoga kesuksesan selalu menghampiri kita semua Amiin, Salam Blogger.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!