logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Membuat Media Tanam Dengan Polybag

KemejingNet.Com. Membuat Media Tanam Dengan Polybag. Saat ini banyak para petani yang berbudidaya tanaman dengan media polybag maupun pot. Alasan utama budiaya tanaman dengan polybag maupun pot adalah karena keterbatasan lahan yang ditanami. Alasan lain kenapa memanfaatkan polybag sebagai media tanam adalah, mudah dalam merawat tanaman.

Membuat medua tanam dengan polybag sangatlah mudah, kita tinggal mempersiapan polybag yang besar ataupun bisa menggunakan karung bekas (karung bekas pelet ikan sangat kuat bila buat polybag). Persiapkan juga  media tanamnya, seperti tanah, kompos, dan juga pupuk kandang, semakin banyak pupuk kandang maupun kompos akan semakin bagus kandungan unsur hara yang terdapat dalam media tanam.

Membuat Media Tanam Dengan Polybag

Cara Membuat Media Tanam Dengan Polybag

Nah berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat media tanam dengan polibag :

I. Bahan-bahan
  • Plastik polybag / Bisa juga menggunakan karung bekas.
  • Tanah
  • Kompos.
  • Pupuk Kandang.
II. Cara Membuat
  • Campurkan media tanah dengan kompos dan pupuk kandang. (bila tak ada pupuk kandang cukup dengan kompos saja).
  • Setelah semua tercampur, isi polybag dengan media tanam yang telah dicampur tadi sampai penuh.
  • Siram polybag yang terisi media tanah sampai basah, dan polybag siap untuk ditanami.
Jenis tanaman yang bisa ditanam dengan media polybag
Banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan media polybag ini, namun pada umumnya jenis tanaman yang sering ditanam dalam media polybag ini adalah, cabe, tomat, terong, jahe, kunir dan masih banyak lagi.

Manfaat menanam dengan media tanam polybag
Dengan menanam mengunakan media polybag ini kita bisa memanfaatkan lahan pekarangan ataupun taman depan rumah. Selain akan memperasri keadaan seputar lingkungan rumah, kita juga tidak perlu repot apabila keetika mau masak dan membutuhkan bumbu dapur kita tinggal mengambilya saya di kebun polybag yang telah ada.

Manfaat lain dari menanan dengan media polybag ini adalah, tanaman bisa kita rawat dengan baik, sebab tanaman akan mudah dipantau apalagi bila tenpatnya dekat dengan pekarangan seitar rumah kita.

Budidaya tanaman dengan menggunakan media polybag juga bisa kita manfaatkan sekaligus sebagai taman di pekarangan rumah, pekarangan rumah pasti akan lebih terlihat asri bila banyak tanaman yang ada, apalagi bila tanaman yang kita tanam berfariasai, misalnya ada cabe, tomat, dll.

Demikian cara membuat media tanam dengan polybag, bagaimana Anda tertarik untuk berbudidaya tanaman dalam polybag di pekarangan rumah Anda?, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

menanam dengan polybag merupakan hal positif, tak perlu lahan serta mudah banget ya mas, oke deh boleh saya coba juga nanti deh menanam dengan polybag, coba nanam cabe dulu deh.hehe

Balas

patut di coba ini gan, sudah lama mau praktek tapi belum jadi juga,, kalau misal buat nanam biji mangga apa bisa tu biji mangganya apa bisa hidup, terus saranya gimana seharusnya.. ? terima kasih

Balas

Bisa aja mas, mangga ditanam di pot, usahakan pakai pot yang agak besar dan tidak mudah tembus oleh akar, kasih pupuk kandang yang banyak agar unsur hara selalu terjaga, malah akan lebih unik jika pohon mangga di pot tapi bisa berbuah.

Balas

Siip mas, selain buat pajangan juga bisa dimanfaatkan buat masak.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger