logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

KemejingNet.Com. Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia?. Seperti sudah kita ketahui kalau Negara kita Indonesia adalah Negara kepulauan. Banyak sekali jumlah pulau yang tersebar di penjuru Nusantara ini, namun tahukah Anda berapa jumlah pulau yang sebenarnya ada di Indonesia.

Seperti ditulis di situs Wikipedia Imdonesia, Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, dan sebanyak 5.707 di antaranya telah memiliki nama, termasuk 337 nama pulau di sungai.

Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Pada tahun 1992, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai.

Tahun 2002, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan),  berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah. Nah pada tahun 2002 saja jumlah pulau yang diketahui sudah sedemikian banyak. Sekarang pertanyaanya berapakah jumlah pulau di Indonesia sampai saat ini?.

Seperti diberitakan dalam situs www.ugm.ac.id pada Kamis (10/4/2015) Data menyebutkan bahwa jumlah pulau yang semula berjumlah 17.508 saat ini berkurang 17.499 karena alasan politis, yuridis, dan alam. “Timnas PRN (Pembakuan Nama Rupabumi) melaksanakan survei dan mendapatkan jumlah 13.466 yang sudah dibakukan dan terdapat 3.000 sampai dengan 4.000 data yang belum diverifikasi,” .

Dikatakan pula dalam situs tersebut bahwa survei terakhir yang dilakukan pemerintah terkait pendataan pulau-pulau terakhir dilakukan pada tahun 2008 hingga 2010. Namun hingga sampai saat ini belum dilakukan pendataan ulang. Meski disinyalir jmlah pulau semakin bekurang, meski tidak ada lagi pulau yang akan diambil alih oleh negara tetangga seperti kasus hilangnya Sipadan dan Ligitan.

Indonesia sebenarnya sangat kaya akan sumber daya alam yang banyak terdapat di pulau-pulau yang ada, namun sumber daya alam itu belum mampu dioalah dengan baik untuk kesejahteraan rakyat Indonesia itu sendiri. Kalaupun diolah pasti banyak melibatkan campur tangan pihak asing yang justru merugikan bangsa ini sendiri contohnya seperti PT. Frerport.

Dengan begitu banyaknya pulau yang ada, sebenarnya Negara ini membutuhkan kekuatan maritim yang kuat, namun apalah daya kekuatan maritim Indonesia dari segi alutsista masih kalah dari negara-negara tetangga terdekat.

Mudah-mdahan kedepannya pemerintah dan TNI bisa menambah kekuatan alutsista yang ada, agar TNI bisa menjaga kedaulatan Negeri ini dan tidak lagi disepelaan oleh negara-negara lai. Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia Indonesia dan www.ugm.ac.id

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

banyak banget ya mas pulau dinegara kita, coba kalo ada tempat dengan pemandangan bagus diperbaiki siapa tau aja bisa jadi tempat wisata dan jadi tambahan pendapatan negara.kalo banyak pulau berarti pantai juga kan banyak, nah masa yang jadi andalan cuman bali sama lombok aja?pasti banyak juga pantai yang lebih indah diindonesia :)

Balas

Indonesia memang terkenal dengan negara kepulauan..tak heran jika Indonesia memiliki begitu banyak pulau..soal berkurangnya pulau-pulau yang ada di Indonesia, mungkin karena efek dari pemanasan global

Balas

tidak salah jika Indonesia terkenal dengan negara kepulauan terbesar di dunia :D

oiya, blognya mas Isfrofi aku follow mas, folback ya :D

Balas

Ok mas, langsung ke TKP, makasih

Balas

Betul mas Hendri Indonesia itu sebenarnya kaya, terutama akan sumber daya alamnya, namun belum teexplore semua, sebab yang lain yah kita tau sendiri, terlalu banyak oramg yang memikirkan perut sendiri alias serakah.

Balas

Efek abrasi dan sunami juga bisa mengurangi jumlah pulau-pulau yang ada mas.

Balas

jadi inget film tanah syurga katanya :)
memang sih negeri ini kaya alamnya, namun kaya juga penjahatnya mas ,heuheu
semoga saja kedepannya pemerintah juga lebih memperhatikan daerah perbatasan.

Balas

hal ini sudah terjadi sejak zaman gajah mada, lalu berkurang setelah runtuhnya majapahin, selanjutnya berkurang lagi pada jaman penjajahan belanda, dan berkurang lagi setelah lepasnya tim-tim...sekarang juga sudah berkurang karena banyak siambil dan dikuasai oleh orang asing....

Balas

kebetulan tanah surga dimabil dikalimantan dan itu memang gambaran keserakahan oknum mas, sehingga bisa meninggalkan yang namanya indonesia. kenyataannya masyarakat terhimpit dalam kesengsaraam dan sanggup menukar indonesia dengan merek lainnya

Balas

Itulah Ironi di Negeri ini ya Mas Irawan + Mbah Dinan, keserakahan telah merenggut hak-hak rakyat kecil dan yang lebih parah menggadaikan negeri sendiri demi perut sendiri.

Balas

Sebenarnya faktor utamanya adalah kurangnya perhatian ya Mbah, biasanya akan ramai jika telah terjadi pencaplokan seperti sipadan dan ligitan dulu.

Balas

gak nyangka,,,indonesia punya pulau sebanyak itu...jadi bangga...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger