Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

KemejingNet.Com. Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia?. Seperti sudah kita ketahui kalau Negara kita Indonesia adalah Negara kepulauan. Banyak sekali jumlah pulau yang tersebar di penjuru Nusantara ini, namun tahukah Anda berapa jumlah pulau yang sebenarnya ada di Indonesia.

Seperti ditulis di situs Wikipedia Imdonesia, Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, dan sebanyak 5.707 di antaranya telah memiliki nama, termasuk 337 nama pulau di sungai.

Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Pada tahun 1992, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai.

Tahun 2002, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan),  berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah. Nah pada tahun 2002 saja jumlah pulau yang diketahui sudah sedemikian banyak. Sekarang pertanyaanya berapakah jumlah pulau di Indonesia sampai saat ini?.

Seperti diberitakan dalam situs www.ugm.ac.id pada Kamis (10/4/2015) Data menyebutkan bahwa jumlah pulau yang semula berjumlah 17.508 saat ini berkurang 17.499 karena alasan politis, yuridis, dan alam. “Timnas PRN (Pembakuan Nama Rupabumi) melaksanakan survei dan mendapatkan jumlah 13.466 yang sudah dibakukan dan terdapat 3.000 sampai dengan 4.000 data yang belum diverifikasi,” .

Dikatakan pula dalam situs tersebut bahwa survei terakhir yang dilakukan pemerintah terkait pendataan pulau-pulau terakhir dilakukan pada tahun 2008 hingga 2010. Namun hingga sampai saat ini belum dilakukan pendataan ulang. Meski disinyalir jmlah pulau semakin bekurang, meski tidak ada lagi pulau yang akan diambil alih oleh negara tetangga seperti kasus hilangnya Sipadan dan Ligitan.

Indonesia sebenarnya sangat kaya akan sumber daya alam yang banyak terdapat di pulau-pulau yang ada, namun sumber daya alam itu belum mampu dioalah dengan baik untuk kesejahteraan rakyat Indonesia itu sendiri. Kalaupun diolah pasti banyak melibatkan campur tangan pihak asing yang justru merugikan bangsa ini sendiri contohnya seperti PT. Frerport.

Dengan begitu banyaknya pulau yang ada, sebenarnya Negara ini membutuhkan kekuatan maritim yang kuat, namun apalah daya kekuatan maritim Indonesia dari segi alutsista masih kalah dari negara-negara tetangga terdekat.

Mudah-mdahan kedepannya pemerintah dan TNI bisa menambah kekuatan alutsista yang ada, agar TNI bisa menjaga kedaulatan Negeri ini dan tidak lagi disepelaan oleh negara-negara lai. Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia Indonesia dan www.ugm.ac.id

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!