Tehnik Penanaman Tanaman Sengon

KemejingNet. Musim penghujan telah tiba, inilah saatnya bagi para petani untuk melakukan penanaman. Awal musim penghujan adalah musim tanam yang bagus bagi petani tanaman kehutanan, misalnya pohon sengon dan yang lainnya. Namun harus diperhatikan sebelum melakukan penanaman sebaiknya memperhatikan tehik penanaman yang benar.

Tehnik penanaman adalah hal yang perlu dipersiapkan agar bibit tanaman dapat tumbuh dengan maksimal dan bisa menghasilkan. Tanaman sengon adalah tanaman tahunan yang baru bisa ditebang setelah sekitar 5 tahunan. Bila Anda ingin berbudidaya tanaman sengon alangkah baiknya bila Anda mengetahui tehnik penanaman tanaman sengon tersebut. Berikut beberapa tehnik penanaman tanaman sengon.

Tehnik Penanaman Tanaman Sengon

Tehnik Penanaman Tanaman Sengon

1. Penyiapan Lahan
Penyiapan lahan dilakukan dengan membersihkan lokasi tanam dari tumbuhan seperti, alang-alang, gulma, dan semak belukar. Penyiapan biasanya dilakukan satu bulan sebelum tanam dan pada musim kemarau. Pembersihan dilakukan di sekitar lubang tanam atau setiap jalur penanaman. Setelah lahan dibersihkan, olah lahan dengan cara mecangkul atau membajak tanak sedalam 10-15 cm.

Selain penyiapan lahan, penyiapan bibit yang akan ditanam juga penting untuk diperhatikan. Jumlah bibit harus sesuai dengan luas lahan dan jarak tanam yang digunakan. Jika luas lahan 1 hektare dan jarak tanam sengon 4 x 4 meter, maka kebutuhan bibitnya sekitar 625 batang. Sementara itu jika jarak tanam 3 x 3 meter maka kebutuhan bibitnya per 1 hektare dapat mencapai 1.111 batang. Penentuan jarak tanam untuk setiap pembudidaya sengon dapat berbeda-beda tergantung dari kebiasaan pembudidaya. Jarak tanam sengon dengan pola monokultur adalah 3 x 3 meter.

2. Pembuatan Lubang Tanam
Lubang tanam dibuat berdasarkan penentuan jarak tanam. Sebelum digali, titik lubang tanam ditandai dengan anjir untuk memudahkan penghitungan dan penempatan lubang tanam. Lubang tanam biasanya dibuat sejajar garis kontur agar penempatan sengon terlihat rapi.

Buatlah lubang tanam dengan cara menggali tanah dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm. Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan 2 - 4 minggu sebelum penanaman. Tambahkan 2 - 4 kg pupuk kandang kedalam lubang tanam tersebut. Penambahan pupuk kandang berfungsi untuk menstabilkan struktur tanah dan memperbaiki unsur hara yang diperlukan bibit setelah ditanam. Silahkan simak juga Cara Membuat Pupuk Organik Bokhasi

Tehnik Penanaman Tanaman Sengon

3. Penanaman
Sebelum ditanam, bibit sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 1- 2 hari di lokasi. Tujuannya untuk memberikan waktu bagi bibit untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Waktu penanama sebaiknya dilakukan saat musim penghujan. Caranya sayat polybag secara hati-hati agar media tetap utuh. Setelah itu masukkan bibit dan medianya kedalam lubang tanam secara tegak lurus dan berada di tengah-tengah lubang tanam. Isi kembali lubang tanam dengan tanah galian hingga padat dan bibit berdiri tegak. Tandai bibit yang telah ditanam menggunakan anjir untuk mempermudah pengawasan.

Demikian tehnik penanaman tanaman sengon yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Salam.

2 komentar

Wah... saya nyimak dulu Mas...
Hehe :D

Silahkan disimak aja mas, sambil ngopi.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon