29.1.16

Bingung Mau Nulis Apa? 5 Tips Berikut Bisa Menjadi Solusi

Tags

Bingung Mau Nulis Apa?. Satu minggu tanpa menulis artikel, bukannya menyimpan banyak ide yang bisa dijadikan tulisan tapi malah sebaliknya otak malah benar-benar blank dan beku ketika sudah didepan monitor PC. Mungkin kadang hal ini juga terjadi pada banyak blogger.

Adalah hal lumrah, jika suatu ketika pemilik blog kehilangan momentum untuk membuat artikel. Seiring dengan berjalannya waktu, terkadang rasa bingung untuk menulis sebuah artikel muncul, dan jika dibiarkan berlarut-larut justru akan menambah rasa malas untuk menulis artikel.

Bingung-Mau-Nulis-Apa?

Tips Disaat Bingung Mau Menulis Artikel Apa

Sebagai seorang blogger kita memang dituntut untuk selalu bisa update artikel secara rutin agar blog yang kita kelola selalu hidup, apalagi sebuah blog yang telah dimonetisasi iklan adsense. Memang sebenarnya banyak sekali ide-ide yang ada disekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai bahan untuk menulis sebuah artikel, namun terkadang karena banyaknya kesibukan lain di luar ngeblog, akhirnya fokus untuk menulis menjadi hilang.

1. Manfaatkan Google Search

Memanfaatkan google pencarian adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebingungan kita untuk membuat sebuah artikel. Dengan google search kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi yang bisa kita baca. Dengan banyak membaca, tentu akan banyak referensi yang bisa kita dapat untuk dijadikan bahan untuk menulis artikel.

2. Jalan-jalan

Salah satu solusi untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan jalan-jalan, siapa tau dengan jalan-jalan fikiran kita bisa menjadi fres, dan terkadang dengan jalan-jalan kita bisa menemukan ide yang segar dari apa yang kita lihat dan kita kunjungi.

3. Manfaatkan Koleksi Foto Yang Ada di Galeri Anda

Ini ide yang paling simpel, jika kita bingung, kita bisa memanfaatkan koleksi foto-foto yang kita punya. Kata orang bijak, dari selembar foto, kita bisa bercerita banyak hal. Untuk itu manfaatkanlah foto yang Anda punya untuk diceritakan dalam sebuah artikel.

4. Aktiflah Di Forum

Di internet, banyak sekali forum-forum online yang bisa diikuti, silahkan manfaatkan forum yang ada yang sesuai dengan minat Anda. Dengan aktif di forum, kita akan banyak teman dan juga akan banyak ilmu pengetahuan yang kita miliki, hal ini akan sangat menunjang didalam aktifitas blogging, terutama didalam membuat artikel.

Terkadang dari obrolan-obrolan ringan di forum bisa dijadikan sebuah kosep untuk membuat sebuah artikel, dan ini juga salah satu solusi yang bisa kita gunakan disaat kita bingung mau menulis artikel di blog.

Baca juga :

5. Buatlah Artikel Yang Ringan

Untuk membuat sebuah artikel sebenarnya tidak harus mengangkat sebuah topik yang berat semacam tutorial yang memang harus mengumpulkan bahan yang benar-benar komplit dan juga gambar sebagai pelengkap tutorial.

Mengangkat topik yang ringan sebenarnya adalah salah satu trik yang terkadang tidak kita sadari yang bisa kita manfaatkan saat fikiran kita benar-benar lagi blank dan binggung mau menulis artikel tentang apa.

Penghambat Bingung Mau Menulis Artikel 

Berkaca dari apa yang saya alami, dapat saya tarik kesimpulan salah satu penghambat kenapa susah untuk mendapatkan ide untuk menulis adalah karena jarangnya update artikel itu sendiri. Kenapa demikian?

Jawabannya adalah dengan jarangnya update artikel maka otak kita otomatis tidak terbiasa terlatih untuk merangkai sebuah kata yang bisa dijabarkan menjadi sebuah artikel. Beda dengan otak yang sering digunakan, secara otomatis otak akan terbiasa untuk bekerja walaupun dengan ide yang sebenarnya sangat sederhana.

Demikian postingan singkat kali ini dalam edisi Bingung Mau Nulis Apa?, Anda punya pendapat lain?, silahkan tulis di kolom komentar untuk saling berbagi. Salam Blogger.

25 komentar

Sebaiknya memang jangan sampai berhenti menulis mas makin lama jadi makin malas mikir kalau saya sih kalo pas lagi malas akan nyari ide dari album foto,kadang video atau uneg uneg seperti tulisan ini.Kalau sudah malas saya nggak terlalu mikirin seo kadang 200 katapun saya tulis biasanya kalau artikel pendek saya mengandalkan gambar orisinil jepretan kamera HP

yang bingung aja tulisannya segitu panjangnya gimana kalau lagi dua kali bingungnya coba?

Memang betul mas, kalau sampai berhenti nulis, otak benar-benar jadi beku. Saya juga gitu mas SEO menjadi nomor kesekian bila lagi blank.

Kalau duakali bingungnya pasti putih aja ndak ada tulisannya Mang Lembu :)

itulah suka duka dan tantangan seorang blogger ya mas, mau tidak mau kita dituntut untuk rajin nulis. :D

Betul banget mas Indra :)

Kebalikan dgku, aku malah lagi banyak ide tulisan ni hehheh

saya mah jadi blogger itu engga suka nulis, sukanya ngetik bang

Bagi dong mbak idenya :)

:) :) betul...betul...betul... :) :)

Ide menulis selalu bermunculan. Apalagi aku tukang photo tidak pernah sepi dari ide-ide. Cuma kendala pulsa internet yang membuat tidak bisa melampiaskan ide-ide tersebut.

Dan jangan lupa, perbanyak membaca agar kosakata semakin beragam pula.

Kalau buat mas Jangkaru pasti iyalah, dari selembar foto bisa menjadi untaian kata yang panjang lebar :)

Ok mas, makasih masukkannya

intinya mudah karena terbiasa yia Bos, tapi susah nih membiasakan mnulis yang rutin, ada aja hambatannya..

Yup... begitulah kira-kira mas, karena terbiasa maka semuanya akan menjadi mudah.

Bingung nau nulis artikel apa? tapi ko bisa buat artikel yang lumayan panjang ya mas? hebat mas isrofi ini. boleh di contoh nih tipsnya

Ha..ha.. bisa aja mas Dzatmiko :)

Sebenarnya menulis itu mudah, tetapi saya yakin tidak setiap orang mampu melakukannya.

Saya rasa kemampuan setiap orang juga berbeda beda, kita tidak bisa menyamakan kemampuan setiap orang

Masalah waktu juga mungkin menjadi kendala mas, karena setiap orang belum tentu mempunyai waktu khusus untuk memposting artikel setiap hari.

Nah itu dia mas Gani "Waktu" yang kadang menjadi penghambat.

Terkadang bukan saja masalah ide, namun waktu juga berpengaruh pada setiap blogger untuk menghasilkan sebuah artikel..

Sedikit tips nich mas....ketika kita benar-benar sibuk di dunia nyata..usahakan setiap aktivitas keseharian atau kesibukan kita di dunia nyata kita rekam (tulis) semampu kita (walaupun hanya satu kalimat) kemudian simpan di evernote smartphone atau bisa juga di draf sms..Jika sudah ada waktu luang, lihatlah catatan itu kemudian mulailah proses editing agar bisa menjadi sebuah artikel...

Simple kan? Cara ini efektif dan ini yg biasa saya lakukan

#maaf...bukan maksud menggurui, hanya sekedar berbagi :)

Ok Mas Sonny, Makasih banget atas tipsnya, coba akan saya terapkan :)

Menulis apa yang dialami dilihat di dengar pasti akan lebih mudah dan lancar

Wah betul banget tuh. Ide menulis artikel yang bisa hadir setiap saat itu ketika penulis mau membiasakan diri. Orang bisa karena terbiasa.

Saya setuju mas, kalau Blogger lagi bingung bikin artikel, sebetulnya cukup lah dengan cara memulai. Saat memulai menulis, ada saja nanti ide yang hadir dan itu akan mengalir dengan sendirinya tanpa perencanaan. Ayo semangat bikin artikel mas. Hehe..

Iya juga ya... Selama ini saya juga tidak menyadari kalau jarak update artikel terlalu lama otak terasa beku gak bisa jalankan ide. Padahal tabungan ide di draft udah ada, tapi untuk melanjutkan jadi buntu.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon