Cara Mendapatkan Sebuah Ide Saat Malas Menulis Artikel

KemejingNet.Com. Cara Mendapatkan Sebuah Ide Saat Malas Menulis Artikel. Selamat malam sobat blogger and sobat dunia maya semuanya, semoga hari ini adalah hari yang menyenangkan bagi anda semuanya.

Bagi seorang penulis, atau seorang blogger ataupun anda yang mempunyai hobi atau bahkan pekerjaan yang membutuhkan ide untuk kemudian dituangkan dalam tulisan, pernahkah anda merasa blank?, Pernahkah anda kehabisan ide untuk menulis,?.

Sangat manusiawi apabila suatu ketika ide untuk membuat tulisan tidak ada sama sekali. Seperti saya sendiri, saat menulis artikel ini pun, sebenarnya saya sendiri sedang bingung untuk menulis apa dan tentang apa.

Saat membuka pc dan membuka dasboard blogger saya, sebenarnya ada keinginan untuk membuat tulisan/artikel agar blog saya yang tidak karuan ini bisa terisi dengan konten yang bermanfaat, tapi disinilah letak permasalahannya, Ngak ada ide,!!!..

Cara Mendapatkan Sebuah Ide Saat Malas Menulis Artikel

Ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa kehabisan ide untuk membuat artikel atau tulisan, Diantaranya  : 

Faktor Kehabisan Ide Untuk Menulis Artikel

1. Salah Menentukan Niche Blog.
Niche blog menurut saya adalah salah satu penyebab mentoknya sebuah ide, kenapa bisa begitu,?. Sebagi contohnya misalnya Anda membuat blog dengan tema khusus komputer, namun Anda sendiri belum menguasai sepenuhnya tentang ilmu komputer, pada suatu ketika pasti Anda akan kehabisan ide karena keterbatasan kemampuan Anda dalam bidang ilmu komputer.

Sebuah blog yang ber niche khusus, tentunya harus dikelola oleh orang yang profesional dan benar-benar menguasai tentang niche blognya. Seperti yang saya sebutkan diatas bila sebuah blog yang ber niche kan tentang Ilmu komputer, orang yang memiliki blog tersebut harus benar-benar memiliki ilmu dan keahlian dibidang tersebut, karena kalau kurang menguasai hal yang saya sebutan diatas apalagi hanya dengan mengandalkan artikel copas, sudah bisa dipastikan ide untuk membuat sebuah tulisan atau artikel akan mentok.  
  
2. Kejenuhan
Jenuh juga salah satu faktor mentoknya ide untuk membuat artikel,  kejenuhan bisa disebabkan macam-macam, misalnya anda setiap hari yang dipikir hanya blog terus-menerus, itu akan membuat kejenuhan dalam fikiran anda, dan unjung-ujungnya ide untuk membuat artikel menjadi mentok karena terlalu bosan. 

3. Lelah  
Terlalu lelah juga salah satu faktor penyebab mentoknya inde untuk membuat sebuah artikel, terlalu capek atau lelah akan membuat organ tubuh kita terutama otak akan lemah, saat otak kita lemah tentunya takkan ada ide yang bakalan muncul difikiran kita.  
 
Dan untuk mengobati hal-hal yang saya sebutkan diatas tentunya dibutuhkan obat yang mujarab agar ide-ide itu bisa muncul kembali, dan yang pasti yang lebih tau obat dari penyakit kita adalah diri kita sendiri, kita harus bisa menelaah dimana letak dari penyebab-penyebab itu semua.

Menurut analisis saya, ha....ha... (maaf pinjem kata-katanya Bang Butet) ada 5 cara untuk bisa mengembalikan atau memunculkan ide-ide dalam menulis artkel  :

Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel

1.  Kata Hati
Ikutilah apa kata hati anda, dengan menuruti apa kata hati sedikit banyak akan membantu anda dalam membuat artikel. Tuangkan apa isi hati anda kedalam fikiran lalu tulislah apa saja yang ingin ada tulis. Biasanya semua pekerjaan yang dilakukan berdasarkan dengan hati itu akan terasa nikmat karena tidak ada paksaan. Begitu pula dengan menulis sebuah artikel, apabila memang ide itu keluar dari hati kita maka semuanya akan lancar dan mengalir begitu saja.

2.  Flash Back
Kilas balik adalah salah satu cara dimana kita bisa mendapatkan ide, dengan kilas balik kita dapat melihat apa yang telah kita tulis dalam artikel kita terdahulu, apa yang telah kita dapat dari kehidupan kita masa lalu, misalnya, pengalaman, keberhasilan, ilmu dan lain sebagainya. Dengan mengenang kembali kejadian yang telah kita lakukan dimasa yang lalu, kemungkinan kita akan menemukan sesuatu hal yang bisa kita jadikan bahan sebagai ide untuk membuat artikel.

3.  Refreshsing
Refreshsing adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali fikiran kita agar dapat menemukan kembali ide-ide untuk membuat artikel. Refreshing dapat kita lakukan dengan jalan-jalan ketempat wisata bersama keluarga, di satu sisi kita bisa berlibur dan lebih dekat dengan keluarga kita, disisi lain mungkin dari jalan-jalan, kita bisa mendapatkan bahan untuk membuat sebuah artikel.

4.  Relax Sambil Mendengarkan Musik
Menurut beberapa penelitian relax sambil mendengarkan musik terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, memperkuat daya ingat, meredakan stres, membantu mereka yang mengalami kondisi mental yang kurang stabil serta meningkatkan kecerdasan. Oleh karenanya perlu dicoba, asalkan jangan salah pilih musik, jangan pilh musik Underground untuk relexasi tujuan kita menghilangkan stres salah-salah malah menambah stres.

5. Blogwalking
Blogwalking adalah berkunjung ke blog orang lain untuk membaca artikel-artikel yang ada di blog teman. Disaat kita kehabisan ide untuk menulis artikel alangkah lebih baiknya waktu yang ada kita manfaatkan untuk berkunjung ke blog orang lain. Selain kita akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang baru dari blog teman, dengan blogwalking kita juga akan semakin menambah daftar teman sesama blogger.

Selain itu banyak dari para blogger setelah melakukan blogwalking malah dapat memunculkan ide setelah membaca artikel-artikel yang ada maupun dari koment-coment yang ada di blog orang lain. Namun disini blogwalking jangan malah disalah gunakan dengan mengcopy paste artikel dari blog orang lain untuk diposting di blog kita.

Pada kesimpulannya sebagai blogger kita memang dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang harus terus selalu ada disetiap harinya agar kita bisa selalu update artikel. Sebenarnya kadang ide-ide itu ada di sekitar kita, tinggal bagaimana kitanya saja yang harus kreatif untuk mengolahnya.

Demikian yang bisa saya tulis di artikel ini, tentang Cara Mendapatkan Sebuah Ide Saat Malas Untuk Menulis Artikel, semoga ada manfaatnya. Salam Blogger. Silahkan simak Juga 5 Manfaat Dari Menulis Artikel

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!