logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop

KemejingNet.Com. Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop. Adobe photoshop adalah program yang memang dikhususkan untuk editing foto, walaupun dengan photoshop bisa juga digunakan untuk membuat logo dan juga tuliisan. Dengan semakin berkembangnya kemajuan kini photoshop semakin memanjakan penggunanya dengan menambahkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan salah satu fitur yang cukup populer adalah content aware.

Content-Aware adalah suatu perintah di photoshop untuk menghapus atau menghilangkan object tertentu tanpa merusak foto aslinya. Misalnya bila kita ingin menghapus obyek benda yang ada yang kebetulan merusak pemandangan , kita akan buat seleksi yang mengelilingi benda tersebut lalu menghapusnya, namun foto yang kita rubah akan lerlihat bolong dibagian yang kita dihapus. Namun dengan dengan menggunakan content-aware ini, photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tadi secara sempurna dan serasi dengan foto atau fill disekitarnya.

Sebagai contohnya silahkan Anda lihat gambar berikut  :

Gambar 1 Tidak Menggunakan Content Aware.


Gambar 2 Dengan Menggunakan Content Aware.

Nah, sekarang Anda bisa membedakannya, kalau fitur content aware ini adalah salah satu fitur pintar yang ada di photoshop. Bila Anda tertarik untuk mempraktekkan fungsi dari content aware ini silahkan Anda baca panduannya di artikel Cara Menghilangkan Objek Foto Dengan Photoshop.

Di Photoshop CS Berapakah Fitur Content Aware Ini Ada

Tidak semua seri photoshop ada fitur content aware ini, Adobe menambahkan fitur ini dimulai dari Photoshop CS4. Fitur content-aware ini memang cukup fenomenal, fitur ini disambut secara antusias oleh pelaku foto karena sangat memberi kemudahan luar biasa dalam proses edit foto.

Fitur Content Aware juga sering disebut sebuah fitur pintar selain fitur lain yang ada di Adobe Photoshop. Dibilang pintar karena dalam proses menggunakan fitur ini Photoshop akan mencoba menganalisa content yang ada atau isi dari sebuah foto tersebut dan kemudian menentukan dengan sendirinya cara terbaik untuk memperbaiki foto yang diedit.

Macam Macam Content Aware Menurut Serinya

Seperti telah saya sebutkan diatas fitur ini pertama kali muncul di Adobe Photoshop versi CS4 yaitu fitur Content Aware Scaling. Setelah muncul di  Photoshop versi CS4 kemudian muncul fitur baru lagi di Photoshop versi CS5 yaitu Content Aware Fill dan Content Aware Healing. Berikut ini masing-masing dari fitur Content Aware  yang ada di photoshop agar Anda dapat memahami fitur Content Aware ini.

1. Content Aware Scaling
Fitur Content Aware Scaling adalah yang pertama kali muncul yaitu di Photoshop versi CS4. Bila Anda inggin menggunakannya silahkan klik menu Edit > Content-Aware Scale. Fitur ini fungsinya hampir mirip dengan Free Transform Tool. Namun bedanya, dengan Content Aware Scale ini, Photoshop lebih pintar untuk mengetahui elemen yang ada dalam foto sehingga terlindungi dari proses stretching atau scaling.

2. Content Aware Fill
Fitur Content Aware Fill ini juga mirip dengan Stamp Tool dan Patch Tool. Fitur ini dapat digunakan melalui menu Edit > Fill. Setelah kita menentukan area yang kita inginkan untuk proses yang akan diedit, langkah berikutnya dengan Stamp Tool dan Patch tool jika kita akan menentukan dimana area yang akan kita jadikan sample untuk mengisi (fill) pada area yang kita tentukan sebelumnya. Dengan menggunakan content aware fill, Photoshop secara otomatis akan cukup pintar untuk menentukan sendiri dimana area yang cocok untuk dijadikan sample dan mengisi (fill) area yang kita inginkan tersebut.

3. Content Aware Healing
Content Aware Healing adalah merupakan fitur baru yang dapat Anda gunakan saat Anda menggunakan Spot Healing Brush Tool di Toolbar. Tipe Spot Healing Brush ini hanya ada dua macam yaitu Proximity Match dan Texture. Tipe Spot Healing Brush ini untuk menentukan bagaimana Photoshop bekerja untuk memperbaiki (heal) spot pada foto.

Di Photoshop CS5 atau versi yang baru, Adobe menambahkan tipe baru yaitu Content Aware. Dengan ditambahkannya fitur baru ini Photoshop akan lebih pintar dalam memperbaiki atau heal spot berdasarkan content pada foto ataupun gambar tersebut. Hasilnya tidak akan terlalu terlihat seperti saat menggunakan tipe yang sebelumnya yaitu (Proximity Match dan Texture) dalam memperbaiki spot pada foto.

Demikian mengenai Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop, semoga bermanfaat bagi Anda yang suka atau memang menekuni pekerjaan dalam bidang editing foto, mohon maaf bila banyak kesalahan dalam penyampaiannya. Salam Blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

wah dapat ilmu lagi deh, mumpung di photo shop saya ada Content Aware, pelajari ah.,

Balas

Buat CS4 bisa gak Mas...

Balas

CS4 bisa mas..

Balas

Mumpung gratis juga mbak :)

Balas

Keren, menghilangkan gambar, tapi kualitasnya masih tetap sama, tidak meninggalkan jejak sama sekali, kalo saya yg edit masih keliatan potongannya mas :D maklum saya masih karbitan

Balas

bagus juga ya bisa di hilangkan tapi tidak terlihatb bekas di hilangkan.

Balas

Langsung dech di praktekin...ini sangat berguna sekali apalagi buat para blogger...jadi bisa edit photo sesuai dengan yg kita inginkan

Balas

waduh aku punya yg CS3 mas, itupun jarang pake. soalnya lebih suka pakai corelDRAW mas hehehe

Balas

Pakai kontent aware ini lebih enak mas, kita ndak perlu terlalu rumit.

Balas

Betu mas fitur kontent awarenya memang jos.

Balas

Monggo mas, silahkan diopreoprek photoshopnya.

Balas

Download yang CS5 mas lebih jos.

Balas

CS3 ndak bisa mas.

Balas

keren photoshop tuh

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger