Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop

KemejingNet.Com. Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop. Adobe photoshop adalah program yang memang dikhususkan untuk editing foto, walaupun dengan photoshop bisa juga digunakan untuk membuat logo dan juga tuliisan. Dengan semakin berkembangnya kemajuan kini photoshop semakin memanjakan penggunanya dengan menambahkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan salah satu fitur yang cukup populer adalah content aware.

Content-Aware adalah suatu perintah di photoshop untuk menghapus atau menghilangkan object tertentu tanpa merusak foto aslinya. Misalnya bila kita ingin menghapus obyek benda yang ada yang kebetulan merusak pemandangan , kita akan buat seleksi yang mengelilingi benda tersebut lalu menghapusnya, namun foto yang kita rubah akan lerlihat bolong dibagian yang kita dihapus. Namun dengan dengan menggunakan content-aware ini, photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tadi secara sempurna dan serasi dengan foto atau fill disekitarnya.

Sebagai contohnya silahkan Anda lihat gambar berikut  :

Gambar 1 Tidak Menggunakan Content Aware.


Gambar 2 Dengan Menggunakan Content Aware.

Nah, sekarang Anda bisa membedakannya, kalau fitur content aware ini adalah salah satu fitur pintar yang ada di photoshop. Bila Anda tertarik untuk mempraktekkan fungsi dari content aware ini silahkan Anda baca panduannya di artikel Cara Menghilangkan Objek Foto Dengan Photoshop.

Di Photoshop CS Berapakah Fitur Content Aware Ini Ada

Tidak semua seri photoshop ada fitur content aware ini, Adobe menambahkan fitur ini dimulai dari Photoshop CS4. Fitur content-aware ini memang cukup fenomenal, fitur ini disambut secara antusias oleh pelaku foto karena sangat memberi kemudahan luar biasa dalam proses edit foto.

Fitur Content Aware juga sering disebut sebuah fitur pintar selain fitur lain yang ada di Adobe Photoshop. Dibilang pintar karena dalam proses menggunakan fitur ini Photoshop akan mencoba menganalisa content yang ada atau isi dari sebuah foto tersebut dan kemudian menentukan dengan sendirinya cara terbaik untuk memperbaiki foto yang diedit.

Macam Macam Content Aware Menurut Serinya

Seperti telah saya sebutkan diatas fitur ini pertama kali muncul di Adobe Photoshop versi CS4 yaitu fitur Content Aware Scaling. Setelah muncul di  Photoshop versi CS4 kemudian muncul fitur baru lagi di Photoshop versi CS5 yaitu Content Aware Fill dan Content Aware Healing. Berikut ini masing-masing dari fitur Content Aware  yang ada di photoshop agar Anda dapat memahami fitur Content Aware ini.

1. Content Aware Scaling
Fitur Content Aware Scaling adalah yang pertama kali muncul yaitu di Photoshop versi CS4. Bila Anda inggin menggunakannya silahkan klik menu Edit > Content-Aware Scale. Fitur ini fungsinya hampir mirip dengan Free Transform Tool. Namun bedanya, dengan Content Aware Scale ini, Photoshop lebih pintar untuk mengetahui elemen yang ada dalam foto sehingga terlindungi dari proses stretching atau scaling.

2. Content Aware Fill
Fitur Content Aware Fill ini juga mirip dengan Stamp Tool dan Patch Tool. Fitur ini dapat digunakan melalui menu Edit > Fill. Setelah kita menentukan area yang kita inginkan untuk proses yang akan diedit, langkah berikutnya dengan Stamp Tool dan Patch tool jika kita akan menentukan dimana area yang akan kita jadikan sample untuk mengisi (fill) pada area yang kita tentukan sebelumnya. Dengan menggunakan content aware fill, Photoshop secara otomatis akan cukup pintar untuk menentukan sendiri dimana area yang cocok untuk dijadikan sample dan mengisi (fill) area yang kita inginkan tersebut.

3. Content Aware Healing
Content Aware Healing adalah merupakan fitur baru yang dapat Anda gunakan saat Anda menggunakan Spot Healing Brush Tool di Toolbar. Tipe Spot Healing Brush ini hanya ada dua macam yaitu Proximity Match dan Texture. Tipe Spot Healing Brush ini untuk menentukan bagaimana Photoshop bekerja untuk memperbaiki (heal) spot pada foto.

Di Photoshop CS5 atau versi yang baru, Adobe menambahkan tipe baru yaitu Content Aware. Dengan ditambahkannya fitur baru ini Photoshop akan lebih pintar dalam memperbaiki atau heal spot berdasarkan content pada foto ataupun gambar tersebut. Hasilnya tidak akan terlalu terlihat seperti saat menggunakan tipe yang sebelumnya yaitu (Proximity Match dan Texture) dalam memperbaiki spot pada foto.

Demikian mengenai Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop, semoga bermanfaat bagi Anda yang suka atau memang menekuni pekerjaan dalam bidang editing foto, mohon maaf bila banyak kesalahan dalam penyampaiannya. Salam Blogger.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!