logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

KemejingNet.Com. Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami. Gula aren adalah salah satu komoditi pertanian yang didapat dari pohon aren atau sering juga disebut enau. Mengenai pohon aren silahkan Anda baca pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya yaitu Mengenal Pohon Aren Atau Enau.

Gula aren dihasilkan dari penyadapan bunga pohon aren, air yang disadap dari bunga pohon aren dinamakan nira, dan dari nira itulah selanjutnya bisa dihasilkan gula aren. Proses dari penyadapan sampai dengan menghasilkan gula aren memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Jika Anda ingin mengetahui prosesnya silahkan Anda baca Mengintip Proses Penyadapan Nira Aren.

Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

Salah satu produk yang menjadi andalan Desa Kemejing adalah gula aren, mayoritas penduduk yang mata pencahariannya petani adalah petani penyadap nira aren disamping kegiatan pertanian lainnya. Kondisi Desa Kemejing yang berbukit memang sangat cocok untuk pertumbuhan pohon aren itu sendiri.

Mungkin bagi Anda yang kebetulan membaca artikel ini bertanya, kenapa judul artikel ini ada kata-kata Gula Aren Alami?.  Memang adakah gula aren yang tidak alami?. Jawabannya silahkan baca terus artikel ini yah..

Gula Aren Alami 
Gula Aren Alami adalah gula aren yang benar-benar murni yang dihasilkan dari cairan nira tanpa ada campuran dari bahan lainnya. Perlu Anda ketahui ada berbagi jenis gula yang ada dipasaran, ada gula yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa yang produknya sering disebut gula kelapa atau kadang disebut juga gula jawa.

Gula Aren Non Alami
Gula aren non alami adalah gula aren yang sudah tidak murni lagi dibuat dari cairan nira. Disini ada 3 macam gula aren yang sudah tidak asli lagi karena sudah dicampur dengan bahan lain. Berikut ini diantarannya :

1. Gula Aren Campuran Gula Kelapa  :  
Pada kasusu ini biasanya para produksi gula atau petani gula akan mencampurkan cairan yang dihasilkan dari penyadapan pohon kelapa dan cairan nira yang dihasilkan dari penyadapan pohon aren. Pada gula jenis ini kualitasnya masih cukup bagus walaupun tidak seperti gula aren yang asli tanpa campuran.

Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami

2. Gula Aren Campuran Dengan Gula Pasir  :  
Pada gula jenis ini biasanya dilakukan oleh para pedagang. Pada kasus ini biasanya dilakukan untuk menghasilkan jenis gula yang tadinya kualitasnya kurang bagus (terlalu hitam) akan diproses kembali dan dicampur dengan gula pasir. Campuran yang dihasilkan dari keduanya akan menghasilkan tampilan gula aren yang lebih menarik (kuning kecoklatan). Namun gula jenis ini umumnya konturnya sangat keras, biasanya para pedagang melakukan hal ini adalah untuk menaikkan harga pasar.

3. Gula Aren Dengan Campuran Bahan Berbahaya  :
Disini adalah kasus yang paling mengerikan, peredaran bahan-bahan pengawet makanan berbahaya saat ini tidak hanya terjadi di perkotaan saja, di desapun demikian pula. Kasus bahan makanan berbahaya yang ada digula aren, biasanya dilakukan oleh para produksi gula aren karena ingin mendapatkan hasil yang bagus pada produksi gulanya. Namun disini saya sendiri belum sempat membuktikannya. 

Pada kasus ini ada beberapa petani yang mencampurkan sebuah serbuk putih yang kalau dicium baunya sangat menyengat, namun saya sendiri tidak mengetahui apakah itu formalin atau boraks. Hal ini dilakukan manakala hasil dari nira sangat sulit untuk diproses, dan juga karena ingin mendapatkan hasil produksi yang bagus (kuning kecoklatan) agar harga pasaran tinggi.Gula jenis ini tidak akan kuat bertahan lama, gula berbau amis, cepat meleleh, bila tidak disimpan rapat maka akan tumbuh jamur pada gula.

Cara Mendapatkan Gula Aren Yang Benar-benar Alami.
Untuk mendapatkan gula aren yang benar-benar alami, tentunya dibutuhkan pengetahuan tetang ciri-cirinya, atau bila Anda bisa membelinya dari para petaninya langsung sekalian bisa menayakan keaslian gula aren tersebut. Mengenai ciri-ciri gula aren alami dan non alami silahkan tunggu pada update artikel yang selanjutnya.

Demikian mengenai Desa Kemejing Sentranya Gula Aren Alami, semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi semua terima kasi.

Note  :  Bagi Anda yang ingin memesan Gula Aren Alami KemejingNet siap untuk melayaninya, Silahkan pesan lewat formulir kontak.
 
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

ini memang yang harus diperhatikan ya mas, mana gula aren yang alami dan yang bukan ya mas :)

Balas

wah saya dapat pertamax ini mas hiks hiks

Balas

Betul mas karena sekarang banyak produk palsu

Balas

Hadiahnya ngemut gula aren mas :)

Balas

nah, itulah poin utamanya mas , dengan banyak beredar produk palsu bisa jadi kita hati hati ini mas :)

Balas

hahaha, kopi kopi la mas

Balas

He...he... kopi-kopi..

Balas

lihat gambar gula aren, jadi pingin buat rujak he he he

Balas

Kayak ngidam aja mas :)

Balas

Wah, daerahnya Sentra Gula Aren Alami ya mas?
Tepatnya daerah mana ya? Jawa baratkah?

Soalnya mencari gula aren yang asli juga gampang-gampang susah.
Kalau yang dijual di supermarket itu mungkin bisa dijamin keasliannya,

Sebab yang masuk pasaran market besar biasanya mengutamakan standar mutu.

Tapi ya itu, harganya jauh lebih mahal dibanding dengan gula aren di pasar tradisional, walaupun sama-sama asli.

Pintar ya, belinya dari pengusaha kecil hanya dikemas trus masuk super market, Harganya bisa dua kali lipat :D

Balas

Daerah Jawa Tengah mas Gani, Tepatnya Purworejo, ya lumayan lah mas, banyak petani penyadap nira di tempat saya. Harga di kalangan pentani pun sudah cukup lumayan mas, apalagi yang sudah masuk sepermarket.

Balas

teringat sama istri, kalau bikin dawet/ kolak pasti saya minta pakai gula aren. karena rasanya lebih enak dan nikmat daripada menggunakan gula biasa. sayang di tempat kerja saya sekarang mendapatkan gula aren tidak semudah seperti saat masih di jawa. he ^_^

Balas

Memang sekarang banyak oknum yg tidak bertanggung jawab yang hanya mengejar keuntungan berlipat tanpa memperdulikan kesehatan orang lain.

ngomong-ngomong soal nira, itu kesukaan saya mas...di kampung sering minum air nira ini, rasanya segar.

Balas

oooh seperti itu ya...mas gula aren yang barusan dicetak kaya makanan apem ....gula aren memang rasa manisnya murni mas...

Balas

Manisnya gula aren terasa mantap mas

Balas

Betul mas, nira juga enak diminum langsung apalagi dicampur es.

Balas

Iya mas, bentuknya kayak apem, karene nyetaknya pakai tempurung kelapa.

Balas

Gula Aren atau brown sugar ya kalau dalam konteks orang barat. Gula Aren juga banyak dibutuhkan oleh para pengusaha perhotelan loh. Dari beberapa hotel yang saya kunjungi juga menyediakan gula aren dalam menu di restoran pramanannya

Balas

Wah berarti gula aren memiliki peluang expor ya mas Asep, makasih mas infonya.

Balas

sekarang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab ya mas

Balas

Ya begitulah, orang hanya memikirkan keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa memikirkan efeknya bagi orang lain.

Balas

gula aren itu gula merah jg ya?
jadi tahu ternyata ada yang dicampur juga ya, sampai campurannya berbahaya gitu. inget dulu waktu masih di asrama, cemilannya gula aren. ekonomis. menurut saya pas banget buat memulihkan tenaga sehabis kerja rodi. hehee

Balas

Ya mas, tapi kadang gula merah yang dicetak kecil-kecil itu gula dari kelapa bukan gula aren, Gula aren memang enak untuk cemilan mas, dan ada lagi gula aren yang sudah dicampur dengan rempah-rempah.

Balas

serbuk putih itu biasa kapur sirih mas dicampurkn 1%, barusan baca2 cara membuat gula aren..wallahu a'lam..

Balas

ibuku juga bikin gula aren sendiri lo

Balas

Kalo pengen pesan gula aren murni skala menegah gmn pak bisa di bantu ga? Trims...

Balas

Kalo pengen pesan gula aren murni skala menegah gmn pak bisa di bantu ga? Trims...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger