logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi

KemejingNet.Com. Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi. Rebung adalah tunas bambu muda yang tumbuh diantara akar-akar rumpun bambu. Pada umumnya bambu yang sudah tua sering digunakan untuk bahan-bahan kerajinan maupun bahan bangunan, sedangkan bambu muda atau rebung sering dimanfaatkan untuk bahan olahan pangan seperti sayur dan lainnya.

Banyak sekali jenis-jenis spesies bambu yang tumbuh di Indonesia dan bisa dikatakan semua spesies bambu ada di Indonesia. Namun dari banyaknya sepesies bambu yang ada, tidak semua rebungnya bisa dikonsumsi atau dibuat bahan olahan pangan.

Mungkin diantara Anda pernah merasakan jenis makanan yang bahannya menggunakan rebung. Salah satu makanan yang berbahan rebung adalah lumpia semarang, selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.

Semakin kreatifnya orang di dunia kuliner, saat ini rebung juga sering diolah menjadi berbagai macam makanan olahan seperti tepung rebung, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan juga asinan rebung.

Namun, seperti apa yang telah saya utarakan diatas tidak semua jenis rebung bambu bisa digunakan untuk bahan olahan pangan, hanya jenis-jenis rebung bambu tertentu saja yang bisa dikonsumsi. Jenis rebung yang tidak bisa dikonsumsi pada umumnya berasa pahit bila dijadikan makanan.

Silahkan baca juga  : Mengenal Tumbuhan Gadung

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi

Berikut ini jenis-jenis rebung bambu yang biasanya dikonsumsi dan menjadi bahan olahan pangan yang enak. Jenis-jenis rebung bambu yang enak dikonsumsi berikut ini saya dapatkan dari hasil riset dan penelitian pada ibu-ibu rumah tangga yang ada di tempat saya yang sering memanfaatkan rebung sebagai bahan sayur.

1. Rebung Bambu Petung.
Bambu petung adalah jenis bambu yang berukuran besar, jenis bambu ini bisa tumbuh dan mencapai ketinggian hingga 15 meter. Rebung bambu ini, selain mempunyai ukuran yang besar juga sangat enak bila dijadikan bahan makanan. Para ibu-ibu rumah tangga sering memanfaatkan rebung ini untuk dijadikan sayur rebung.

Rebung Bambu Petung

2. Rebung Bambu Wulung.
Bambu wulung adalah bambu yang berwarna biru agak kehitaman, jenis bambu ini sering digunakan sebagai bahan-bahan kerajinan, baik itu kursi dan juga kerajinan rumah tangga lainnya. Selain rebung bambu petung, rebung bambu wulung juga dapat dijadikan sebagai bahan olahan makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Wulung


3. Rebung Bambu Ampel
Bambu ampel adalah bambu yang mempunyai warna kulit hijau mengkilat, bambu ini juga sering digunakan untuk bahan-bahan kerajinan rumah tangga. Yang unik dari bambu ini adalah ketika masih basah kulit bambu akan berwarna hijau mengkilat, namun apabila bambu ini disimpan dan mengering kulit bambu akan berubah menjadi kuning.

Seperti halnya rebung bambu petung dan rebung bambu wulung, rebung bambu apel juga enak bila dijadikan makanan. Bahkan banyak yang mengatakan kalau jenis rebung bambu ampel ini rasanya lebih enak daripada rebung dari bambu petung dan bambu wulung.

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Ampel
Itulah 3 jenis rebung yang enak dan bisa dikonsumsi berdasarkan hasil riset dan penelitian yang saya lakukan ditempat saya. Sebenarnya kemunkinan besar masih banyak sekali jenis rebung dari spesies bambu yang lain yang bisa dikonsumi. Namun disini saya hanya bisa menyebutkan 3 spesies bambu itu saja.

Jenis-jenis nama bambu yang saya sebutkan diatas, mungkin di tempat lain bisa juga memiliki nama atau sebutan yang berbeda walaupun sebenarnya sama, dan yang membedakan hanya pada penyebutannya saja.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bisa dikonsumsi dan dijadikan makanan, ternyata rebung juga memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia terutama bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari Wikipedia, ternyata rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi rebung secara teratur diyakini dapat menghambat berbagai jenis penyakit termasuk kanker.

Silahkan baca juga : Mitos Asam Urat Karena Mengkonsumsi Melinjo

Kandungan Gizi Dalam Rebung

Jumlah rebung per 100 g mengandung :
  • Kalori (kcal) 27
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 4 mg
  • Kalium 533 mg
  • Jumlah Karbohidrat 5 g
  • Serat pangan 2,2 g
  • Gula 3 g
  • Protein 2,6 g
  • Vitamin A 20 IU
  • Vitamin C 4 mg
  • Kalsium 13 mg
  • Zat besi 0,5 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,2 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 3 mg
Indonesia memang kaya akan berbagai tumbuh-tumbuhan. Selain kaya akan tumbuh-tumbuhan orang-orangya juga kreatif dalam membuat berbagai macam olahan pangan dan salah satu olahan pangan yang dihasilkan adalah dari rebung.

Demikian mengenai beberapa jenis rebung yang enak untuk dikonsumsi. Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi semua

Sumber gambar : Dokumen Pribadi
Referenssi : Wikipedia

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

rebung itu enaknya ditumis yah mas?

Balas

Wah, saya biasanya kalau makan rebung direbus sama sayur dan santan. Rasanya hm bikin ketagihan.

Balas

Ditumis juga enak, pakai santan juga enak mas.

Balas

Betul mas, rebung dimasak santan memang enak.

Balas

Kalau saya untuk rebung yang paling saya suka itu dari Phon Kelapa mas Isro..biasanya Ibu say dirumah beliau paling suka bikin sayur dari rebung tersebut..sedapp banget dah,jadi laper nih..hahaa

Balas

Bagi-bagi dong Bang Icah

Balas

Kandungan gizi dalam rebung banyak juga mas...
jadi makin suka,sama rebung jadinya!

Balas

Saya dulu sering makan rebung mas di kampung, sekarang sudah nggak pernah lagi soalnya sepertinya nggak ada yang jual deh rebung di tempat saya.

Balas

Makanan alami namun kaya gizi :)

Balas

Hirah ke kota ya mas,?.. biasanya kalau dikota besar rebung udah dijual dalam betuk makanan olahan mas.

Balas

Selain enak juga khasiatnya juga ada kok mas, makasih ulasannya.

Balas

Rebung enaknya dimasak kecap mas campur daging sapi atau ayam...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger