Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi

KemejingNet.Com. Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi. Rebung adalah tunas bambu muda yang tumbuh diantara akar-akar rumpun bambu. Pada umumnya bambu yang sudah tua sering digunakan untuk bahan-bahan kerajinan maupun bahan bangunan, sedangkan bambu muda atau rebung sering dimanfaatkan untuk bahan olahan pangan seperti sayur dan lainnya.

Banyak sekali jenis-jenis spesies bambu yang tumbuh di Indonesia dan bisa dikatakan semua spesies bambu ada di Indonesia. Namun dari banyaknya sepesies bambu yang ada, tidak semua rebungnya bisa dikonsumsi atau dibuat bahan olahan pangan.

Mungkin diantara Anda pernah merasakan jenis makanan yang bahannya menggunakan rebung. Salah satu makanan yang berbahan rebung adalah lumpia semarang, selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.

Semakin kreatifnya orang di dunia kuliner, saat ini rebung juga sering diolah menjadi berbagai macam makanan olahan seperti tepung rebung, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan juga asinan rebung.

Namun, seperti apa yang telah saya utarakan diatas tidak semua jenis rebung bambu bisa digunakan untuk bahan olahan pangan, hanya jenis-jenis rebung bambu tertentu saja yang bisa dikonsumsi. Jenis rebung yang tidak bisa dikonsumsi pada umumnya berasa pahit bila dijadikan makanan.

Silahkan baca juga  : Mengenal Tumbuhan Gadung

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi

Berikut ini jenis-jenis rebung bambu yang biasanya dikonsumsi dan menjadi bahan olahan pangan yang enak. Jenis-jenis rebung bambu yang enak dikonsumsi berikut ini saya dapatkan dari hasil riset dan penelitian pada ibu-ibu rumah tangga yang ada di tempat saya yang sering memanfaatkan rebung sebagai bahan sayur.

1. Rebung Bambu Petung.
Bambu petung adalah jenis bambu yang berukuran besar, jenis bambu ini bisa tumbuh dan mencapai ketinggian hingga 15 meter. Rebung bambu ini, selain mempunyai ukuran yang besar juga sangat enak bila dijadikan bahan makanan. Para ibu-ibu rumah tangga sering memanfaatkan rebung ini untuk dijadikan sayur rebung.

Rebung Bambu Petung

2. Rebung Bambu Wulung.
Bambu wulung adalah bambu yang berwarna biru agak kehitaman, jenis bambu ini sering digunakan sebagai bahan-bahan kerajinan, baik itu kursi dan juga kerajinan rumah tangga lainnya. Selain rebung bambu petung, rebung bambu wulung juga dapat dijadikan sebagai bahan olahan makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Wulung


3. Rebung Bambu Ampel
Bambu ampel adalah bambu yang mempunyai warna kulit hijau mengkilat, bambu ini juga sering digunakan untuk bahan-bahan kerajinan rumah tangga. Yang unik dari bambu ini adalah ketika masih basah kulit bambu akan berwarna hijau mengkilat, namun apabila bambu ini disimpan dan mengering kulit bambu akan berubah menjadi kuning.

Seperti halnya rebung bambu petung dan rebung bambu wulung, rebung bambu apel juga enak bila dijadikan makanan. Bahkan banyak yang mengatakan kalau jenis rebung bambu ampel ini rasanya lebih enak daripada rebung dari bambu petung dan bambu wulung.

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Ampel
Itulah 3 jenis rebung yang enak dan bisa dikonsumsi berdasarkan hasil riset dan penelitian yang saya lakukan ditempat saya. Sebenarnya kemunkinan besar masih banyak sekali jenis rebung dari spesies bambu yang lain yang bisa dikonsumi. Namun disini saya hanya bisa menyebutkan 3 spesies bambu itu saja.

Jenis-jenis nama bambu yang saya sebutkan diatas, mungkin di tempat lain bisa juga memiliki nama atau sebutan yang berbeda walaupun sebenarnya sama, dan yang membedakan hanya pada penyebutannya saja.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bisa dikonsumsi dan dijadikan makanan, ternyata rebung juga memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia terutama bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari Wikipedia, ternyata rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi rebung secara teratur diyakini dapat menghambat berbagai jenis penyakit termasuk kanker.

Silahkan baca juga : Mitos Asam Urat Karena Mengkonsumsi Melinjo

Kandungan Gizi Dalam Rebung

Jumlah rebung per 100 g mengandung :
  • Kalori (kcal) 27
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 4 mg
  • Kalium 533 mg
  • Jumlah Karbohidrat 5 g
  • Serat pangan 2,2 g
  • Gula 3 g
  • Protein 2,6 g
  • Vitamin A 20 IU
  • Vitamin C 4 mg
  • Kalsium 13 mg
  • Zat besi 0,5 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,2 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 3 mg
Indonesia memang kaya akan berbagai tumbuh-tumbuhan. Selain kaya akan tumbuh-tumbuhan orang-orangya juga kreatif dalam membuat berbagai macam olahan pangan dan salah satu olahan pangan yang dihasilkan adalah dari rebung.

Demikian mengenai beberapa jenis rebung yang enak untuk dikonsumsi. Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi semua

Sumber gambar : Dokumen Pribadi
Referenssi : Wikipedia

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!