13 Februari 2016

Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya

Tags

KemejingNet.Com Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya. Judul merupakan faktor yang sangat penting dalam membuat artikel. Fakta membuktikan banyak pembaca yang malas untuk membaca sebuah artikel hanya karena judul dari artikel yang dilihatnya kurang menarik. Setiap orang ketika mencari sebuah informasi pasti yang dibaca dulu adalah judulnya, jika judulnya menarik pasti artikel tersebut akan di bacanya.

Dengan melihat fakta yang saya sebutkan diatas, sebaiknya berhati-hatilah dalam menulis sebuah judul artikel, disamping membuat judul yang menarik, yang perlu anda perhatikan betul-betul adalah jangan sampai ada salah ketik dalam penulisan judul, karena akan fatal akibatnya.

Kesalahan ketik dalam penulisan judul artikel itu dapat menyebabkan artikel tidak bisa ditemukan ketika kata kunci dituliskan di mesin pencari. Hal ini saya alami sendiri ketika kemarin mempublish artikel yang berjudul Cara Menulis Artikel Yang Enak Dibaca, namun dalam penulisannya ada kesalahan ketik yaitu kurang huruf i  pada kata menulis, sehingga menjadi seperti ini Cara Menuls Artikel Yang Enak Dibaca.

Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya

Saya baru menyadari hal tersebut ketika saya iseng, dengan mencoba mengeceknya di pencarian google ada di peringkat berapakah artikel yang saya buat tersebut, pertama saya coba menggetikkan dengan kata kunci "Cara Menulis Artikel", namun belum muncul, yang kedua saya coba dengan kata kunci "Menulis Artikel Yang Enak Dibaca" tetap belum muncul, barulah pada kata kunci ketiga yaitu "Artikel Yang Enak Dibaca" barulah artikel saya muncul dan berada di posisi ketujuh hasil pencarian google.

Belajar daripengalaman tersebut barulah saya sadari bila salah ketik dalam penulisan judul itu akan berakibat fatal, karena mesin pencari tidak akan bisa menemukan artikel tersebut jika diketikkan kata kuncinya. Selain itu kesalahan ketik pada judul artikel juga akan berpengaruh pada alamat link artikelnya yang tidak relevan.

Agar artikel yang salah ketik dalam penulisan judul menjadi benar kita harus membetulkannya, dan caranya dengan tidak hanya mengedit judul yang salah saja, karena itu tidak akan mempenggaruhi artikel yang terlajur kita publish. Bila kita hanya mengedit saja, judul artikel dan linknya akan tetap seperti semula. Lalu bagaimana cara membetulkannya?

Silahkan simak juga : Cara Mendapatkan Sebuah Ide Saat Malas Menulis Artikel

Cara Memperbaiki Judul Artikel Yang Salah Ketik

Untuk membetulkan artikel sekaligus link yang salah pada artikel yang terlanjut kita publish adalah dengan cara mengembalikan artikel tersebut terlebih dahulu ke draf sebelum kita edit dan kemudian kita publish lagi. Berikut langkah-langkahnya  :

1. Silahkan Anda masuk ke dashboard blogger.com.
2. Klik Pos, lalu centang artikel yang salah penulisan judulnya. kembalikan artikel ker draf dengan cara klik kembali ke draf.

Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya

3. Setelah artikel kembali ke draf, lalu edit judul yang salah, kemudian pada Setelan Entri pilih Link dan silahkan klik pada Tautan Permanen Khusu lalu klik Selesai

Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya

4. Setelah semua hal tersebut Anda lakukan, maka silahkan Anda publish arikel Anda, pasti ling dan judul artikel yang salah sudah berubah di hasil pencarian mesin pencari.

Pengalaman saya setelah membetulkan kesalahan tersebut, kembali saya cek artikel dengan kata kunci yang sama "Artikel Enak Dibaca" dan ternyata judul dan linknya sudah benar dan artikel menjadi berada di urutan keenam setelah sebelumnya berada di posisi ketujuh.

Sedikit penasaran karena sebelumnya saya cari dengan kata kunci "Cara Menulis Artikel Enak Dibaca" tidak muncul, namun ternyata setelah perubahan menjadi muncul dan berada diposisi ketiga hasil pencarian google. Berikut ini screenshotnya.

Salah Ketik Judul Artikel, Fatal Akibatnya

Kesimpulan

Pada kesimpulannya kesalahan itu sangatlah wajar dan manusiawi, karena memang manusia gudangnya salah, namun setidaknya dari kesalahan-kesalahan itu kita bisa mengetahui letak kesalahan kita dan menjadikannya pengalaman untuk lebih baik dan teliti dalam mengerjakan suatu hal.

Demikian pengalaman saya tentang Salah Ketik Judul Artikel yang fatal akibatnya bagi artikel yang telah dipublish. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi sobat blogger semuanya. Terima kasih, Salam Blogger.

Artikel Terkait

17 komentar

Tadinya saya mau kasih tau mastapi pas di artikel itu kolom komentarnya gak mau muncul...

berarti jika ada kesalahan, walaupun sekecil apapun itu harus dibenarkan kembali yah mas, agar hasilnya menjadi lebih maksimal?

aku dulu juga pernah mengalami kesalahan tsb mas, terpaksa aku hapus itu artikel dan bikin lagi, soalnya link permanennya juga ikutan salah ketik. Hehehe

aku dulu juga pernah mengalami kesalahan tsb mas, terpaksa aku hapus itu artikel dan bikin lagi, soalnya link permanennya juga ikutan salah ketik. Hehehe

Iya mas kemarin sempet error kolom komentarnya.

Iya mas terutama pada judul, karena judul akan menjadi link permanen sebuah artikel.

Kata orang jawa kalau di buang eman-eman mas :)

mungkin karna faktor buru-buru kali ya mas...?

betul mas karna seach google akan menampilkan judul posting sesuai yang di ketik para user

kalau kesalahan ketik pada artikel mungkin masih bisa di tolelir mas....tapi kalau kesalahan judul posting maka tidak bisa di rubah , walaupun judul bisa di edit namun judul pos yang tercantum pada URL tetap tidak bisa di rubah...

Betul sekali mas, kesalahan pada artikel masih bisa ditolelis. tapi kalau udah pada judul itu fatal baget mas karena linknya pun ikut salah.

Wah gitu tho carannya baru tahu. Gak cukup edit judul ternyata. Alhamdulilah gak pernah salah tulis judul, but tulisan ini membantu jika sewaktu2 sya khilaf hehe

Itulah akibat dari menulis yang terburu-buru..hehe

selain ide tentang judul yang unik, pengejaan dalam judul itu sendiri memang harus diperhatikan. rugi sendiri kalau sampai salah mengeja :")

tapi bener juga sih kang,, judul juga harus bagus,, kadang kalau saya merasa judulnya kurang "ngeh" maka saya ganti kembali menggunakan cara yang telah dijelaskan diatas,, tapi kalau artikelnya udah lama, yah saya biarakan saja,, toh kalau orang emang butuh sama ilmunya,, dia gak akan perduli sama judul artikelnya...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon