logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sosor Bebek Dan Manfaat Kegunaannya

KemekingNet.Com - Sosor Bebak Dan Manfaat Kegunaanya. Sosor bebek lebih terkenal sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, namun sosor bebek juga banyak tumbuh liar di kebun maupun dipinggir parit yang tanahnya banyak berbatu. Selain sebagai tanaman hias cocor bebek juga mempunyai manfaat serta kegunaan sebagai obat herbal.

Tumbuhan yang mempunyai nama latin (Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum) ini adalah tumbuhan yang konon katanya berasal dari Madagaskar. Yang membuat unik dari tanaman ini adalah cara berkembangbiaknya, cocor bebek berkembangbiak melalui tunas daun (tunas/advensif)

Sosor Bebek Dan Manfaat Kegunaannya

Cocor bebek mempunya tekstur batang yang lunak dan juga beruas, daun dari cocor bebek sedikit tebal berdaging yang banyak mengandung kadar air. Tanaman ini mempunyai warna daun hijau muda, namun ada juga jenis lain yang berwarna abu-abu. Cocor bebek mempunyai bunga majemuk dan buah kotak.

Nama sosor bebek kemungkinan didapat dari jenis daunnya yang memanjang seperti sosor bebek. Penyebaran yang besar pada sosor bebek kemungkinan utamanya adalah karena kepopuleran tanaman ini sebagai tanaman hias.

Silahkan simak juga :  Pesona Indah Bunga Anggrek Hutan

Manfaat Dan Kegunaan Sosor Bebek

Selain indah bila dijadikan tanaman hias, sosor bebek juga mempunya berbagai khasit herbal untuk mengobati berbagai penyakit ringan karena sosor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalium, oksalat, asam fomiat dan tanin.

Ramuan dari sosor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional yang bisa mengobati berbagai penyakit diantaranya sakit kepala, batuk, borok, dan juga bisa menyembuhkan demam dan obat luka serta bisul.

1. Untuk Mengobati Demam Caranya : Ambilah daun sosor bebek secukupnya lalu dipotong-potong dan ditempelkan pada perut

2. Untuk Mengobati Luka Caranya : Ambilah daun sosor bebek secukupnya, kemudian daun sosor bebek diparut, beri sedikit air lalu tempelkan pada luka, perbaharui setiap 3 jam sekali.

Mungkin yang belum pernah melihat sosor bebek akan sedikit binggung karena memang banyak jenisnya. Ada sosor bebek yang daunnya panjang, namun ada juga sosor bebek yang daunnya agak bulat oval, namun dalam fungsinya sebahai herbal tetap sama.

Demikian postingan singkat kali ini tentang sosor bebek dan manfaat kegunaannya, semoga informasi ini bisa menambah wawasan tentang berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar kita, sekian semoga bermanfaat. Wasalam.

Sumber Referensi :  https://id.wikipedia.org/wiki/Cocor_bebek
Gambar :  Koleksi Pribadi

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

kalau tempat saya namanya tiba urip itu mas..hehehe

Balas

Di saya kadang juga ada yang menyebutkan gitu mas.

Balas

Praktis sekali penggunaanya tanpa harus direbus tinggal dipotong-potong atau diparut.

Balas

Iya mas, diparur lalu tinggal ditempelkan saja.

Balas

Dikampung sosor bebek namanya.

Balas

kalau dikampung saya namanya cocor bebek mas....ada khasiatnya juga ya

Balas

Mirip dengan lidah buaya, tapi cocor bebek lebih lebar daunnya, pantasan dibilang cocor bebek bentuknya kayak mulut bebek. dua manfaat yang harus di catat, tapi....di tempat saya nggak ada kang.

Balas

Tahu banyak jenis bunga dan daun tapi nggak begitu tahu dengan namanya, haha sama aja boong kalau gitu ya :D

Balas

Saya baru tau namanya sosor bebek, di kampung, depan rumah kayaknya ada yg nanem deh

Balas

wah sering liat tanaman ini, ternyata manfaatnya banyak juga yah...............

Balas

Haduh saya baru kali ini mas mlihatnya juga :)
Bagus juga untuk disimpan sebagai hiasan ya Mas, bagus juga ditanam dipekarangan rumah sebagi apotik hidup :)

Balas

ternyata banyak sekali kegunaannya ya mas, luar biasa

Balas

sepertinya saya belum pernah lihat jenis tanaman ini mas... gak tahu ya mungkin pernah lihat tapi g tahu kalau nama Sosor Bebek

Balas

besuk coba tak lihat lihat sambil jalan jalan mas...sapa tahu nemu...karna banyak manfaatnya kok

Balas

saya punya tanaman ini, saya tanam di pot besar. hasilnya juga besar gan. cantik loh, asal tdk patah-patah daunnya

Balas

ternyata Cocor Bebek bisa untuk demam juga yah, bisa dicoba mas tipsnya...trims infonya

Balas

banyak y kang manfaat sosor bebek, izin saya amankan toh mas :)

Balas

Iya mas kadang cuma penyebutannya aja yang beda.

Balas

Lidah buaya lebih tebal kang daunnya, kalau sosor bebek lebih tipis.

Balas

Yang penting tau wujudnya mbak :)

Balas

Daunya yang mirip sama sosor bebek, makanya diberi nama sosor bebek :)

Balas

Dilihat, diraba, terus diterawang mas :)

Balas

Iya mas, bisa dijadikan tanaman toga juga :)

Balas

Iya, mas Ibrahim, bisa buat persdiaan obat.

Balas

Siip mas, dibududayakan aja.

Balas

Betul mas bisa buat obat demam, sama-sama Kang Muroi, Makasih juga kunjungannya.

Balas

Silahkan mas, Mukhlis, moga bermanfaat.

Balas

Sosor bebek banyak ditemukan kok mas, terutama sebagai tanaman hias, Maksih kunjungannya mas Agus.

Balas

Di tempat tinggal saya, sudah gak ada tanaman sosor bebek Mas...
Melihat manfaatnya, nanti kalau ketemu, siap tanam di rumah.

Balas

Cara tanamnya gampang banget kok mas Dedy, daunya jatuh aja bisa tumbuh.

Balas

sosor bebek, tadinya saya pikir itu mulutnya bebek.. trnyata tanaman yah mas :D
ngmong2 saya baru tau nih ada tnaman sosor bebek.hehe

Balas

disaya juga ada kang ey :)

Balas

selama ini saya tahunya tanaman ini ahanya sebagai tanaman hias saja mas gak tau manfaat lainnya

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger