logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sumur Dengan Rasa Air Asin Di Banyuasin Separe

KemejingNet.Com. Sumur Dengan Rasa Air Asin Di Banyuasin Separe. Pada umumnya air sumur yang ada di pengunungan ataupun yang lokasinya jauh dari air laut pasti rasa airnya tawar. Namun lain halnya dengan sumur yang satu ini, sumur ini walaupun berada jauh dari air laut namun airnya berasa asin.

Sumur dengan air berasa asin ini berada di Desa Banyuasin Separe, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Memang sedikit aneh sumur ini, karena Desa Banyuasin Separe termasuk sebuah desa yang berada di lereng pegunungan. Dan yang lebih aneh lagi, sumur lain yang ada disekitar sumur tersebut tidak ada yang airnya berasa asin seperti sumur tersebut.

Sumur Dengan Rasa Air Asin Di Banyuasin Separe

Menurut warga setempat, sumur tersebut sudah ada sejak jaman dulu, dan tidak tahu sejak kapan tepatnya sumur itu ada dan mempunyai air berasa asin.

Menurut cerita warga setempat, sebenarnya sumur itu dulu muncul di Desa Banyuasin Kembaran yang letaknya bersebelahan dengan Desa Banyuasin Separe. Dikarenakan sumur yang muncul tersebut mengeluarkan air yang banyak, kemudian warga menjadi ketakutan kalau-kalau terjadi banjir. Lalu dilakukanlah ritual dan akhirnya sumur tersebut tidak mengeluarkan air lagi namun malah muncul di Desa Banyuasin Separe.

Sumur dengan air rasa asin ini tepatnya di lahan milik warga yang bernama Bapak Bariman Dusun Ngemplak RT. 01 RW. 04 Desa Banyuasin Separe Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.

Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 90 cm, dengan lebar garis tengah kurang lebih 2,5 meter. Untuk membuktikan rasa air tersebut benar-benar asin, penulis sendiri telah mencobanya, dan ternyata memang benar rasa air sumur tersebut benar-benar asin.

Air semur tersebut dipercaya bisa mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan konon katanya bagi yang susah belum mendapatkan jodoh, air ini juga berkhasiat untuk memudahkan mencar jodoh. Banyak wisatawan lokal yang segaja datang ketempat ini untuk sekedar membuktikan keasinan airnya ataupun dengan maksud lain.

Pada tahun 1997, sumur ini pernah diteliti dari UGM (Universitas Gadjah Mada) dan pada tahun berikutnya diteliti dari ITB (Institut Teknologi Bandung), yang hasilnya menandakan bahwa ada kandungan belerang pada air sumur tersebut. Namun sayangnya, Pemerintah Desa tidak diberi hasil penelitian tersebut.

Saat ini sumur dipasanggi pagar pengaman, Pemerintah Desa Banyuasin Separe mempunyai Rencana agar sumur ini bisa dilengkapi dengan fasilitas yang lain untuk menarik para  wisatawan yang ingin membuktikan rasa asin airnya.

Bagi Anda yang kebetulan lewat atau datang ke Purworejo dan penasaran untuk melihat atau merasakan asinnya air sumur ini Anda harus menempu jarak sekitar 18 kilometer dari kota Purworejo untuk sampai ke Desa Banyuasin Separe ini. Silahkan simak juga Sosok Hantu Wanita Tertangkap Kamera Handfone

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

di tempatku ada air sumur air asin, tapi lupa daeahnya, malahan kalau ada yang buat lemper pakai air tersebut jadi asin. berkunjung kang

Balas

Di kampung halamanku banyak juga Mas sumur yang airnya asin...padahal daerahnya cukup jauh dari pesisir pantai...

Balas

Bisa ngirit atuh Kang Ajay, tanpa harus pakai gaeam udah asin ya lempernya.

Balas

Memang di dunia ini banyak keanehan ya mas

Balas

kalo di sumatera selatan...malah ada Kabupaten Banyuasin dan Kab Musi Banyuasin..heeee

Balas

Betul mas, di tempat saya itu nama desa Mas Agusman Rizal :)

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger