logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

4 Faktor Yang Membuat Artikel Bisa Bersaing Di Search Angine

KemejingNet - 4 Faktor Yang Membuat Artikel Bisa Bersaing Di Search Angine. Pasti Anda semua sudah faham bila hanya ada 10 artikel saja yang bisa masuk dalam hasil pencarian, baik itu google, bing dan juga lainnya. Itu artinya apabila kita posting artikel kita harus bersaing untuk memperebutkan masuk di jajaran sepuluh besar dengan jutaan situs yang setiap hari kian bertambah.

Sekarang pertanyaannya adalah faktor apakah dan bagaimankah artikel yang bisa bersaing di search engine itu?. Banyak pakar seo mengatakan kalau artikel yang bisa masuk dijajaran peringkat pertama di hasil penelusuran mesin pencari adalah artikel yang mempunyai nilai seo, namun disini saya tidak akan membahas seo karena saya sendiri kurang faham tentang kriteria seo itu sendiri.

Akan terlihat lucu apabila saya bicara seo, namun artikel dari blog saya sendiri tidak ada yang masuk di jajaran sepuluh besar hasil pencarian.

4 Faktor Yang Membuat Artikel Bisa Bersaing Di Search Angine

4 Faktor Yang Membuat Artikel Bisa Bersaing Di Search Angine

Sudah saya katakan diatas kalau saya bukanlah ahli seo ataupun mengerti ilmu Seo secara mendalam, namun yang akan saya tulis disini adalah hasil dari pengamatan saya ketika mencari sebuah informasi di internet. Setiap mencari informasi pasti yang akan saya klik terlebih dahulu adalah artikel yang nomor satu di hasil pencarian barulah kemudian yang kedua dan seterusnya.

1. Faktor Artikel Original
Sesuatu yang original pasti belum banyak yang menyamai, sebuah artikel yang asli dan benar-benar keluar dar gagasan Anda sangatlah berpeluang untuk mennduduki posisi teratas di hasil pencarian. Terkadang memang ada sebuah artikel hasil copy paste juga bisa menduduki posisi teratas, dan bahkan mengalahkan artikel aslinya.

Namun artikel copy paste sangatlah beresiko selain itu memang melanggar hak cipta orang lain, bisa-bisa kita malah dilaporkan oleh si pemilik artikel yang asli dan itu sangatlah berbahanya dalam perkembangan blog yang kita kelola, karena bisa-bisa blog yang kita kelola akan kena banned.

2. Faktor Jumlah Kata
Jumlah kata dalam sebuah konten juga merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi persaingan artikel. Belajar dari pengalaman yang selama ini saya peroleh, pada umumnya sebuah artikel yang sering menduduki peringkat pertama di hasil pencarian google rata-rata memiliki jumlah kata diatas 500.

Kenapa bisa demikian?.

Sebuah artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak tentu akan semakin banyak juga kata kunci yang terdapat didalam artikel tersebut. Dengan banyaknya kata kunci yang ada secara otomais artikel tersebut mempunyai kekuatan untuk memenagkan persaingan.

Memang untuk membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak tidaklah mudah dan juga terkadang malah membuat pembaca menjadi jenuh dan malas untuk membaca. Nah disinilah tugas sebagai seorang penulis untuk menyampaikan sebuah informasi dalam jumlah kata yang banyak namun tetap bisa membuat pembaca betah untuk terus membaca artikel kita.

Silahkan simak juga : Cara Membuat Artikel Yang Enak Dibaca

3. Faktor Kata Kunci / Keyword
Faktor lain yang bisa membuat artikel bersaing adalah kata kunci, penempatan kata kunci yang tepat dan benar sangatlah diperlukan. Namun yang harus diperhatikan disini adalah kita harus menempatkan kata kunci tersebut secara alami, karena menempatkan kata kunci secara berulang-ulang itu malah akan membuat artikel tidak enak untuk dibaca.

Disnila faktor jumlah kata akan sangat berpengaruh, seperti yang telah saya sebutkan di point ketiga, dengan membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak tentu akan terdapat kata kunci yang tertanam secara alami dalam artikel tersebut.

4. Faktor Gambar
Jangan pernah meremehkan gambar dalam sebuah artikel. Jika kita melihat gambar di hasil pencarian sebuah artikel, pasti jika kita klik gambar tersebut akan tampil judul artikel dan situ/blog dari pemilik gambar. Hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi orang yang memiliki blog tersebut.

Namun yang harus diperhatikan dalam menambahkan gambar pada sebuah artikel kita harus menambahkan Alt text dan Title text pada gambar supaya gambar yang kita tambahkan pada artikel. Jika kita menambahkan Alt text dan Title text pada gambar itu berarti kita juga akan memperoleh keyword bukan hanya pada artikel, namun juga dari hasil pencarian gambar di search engine.

Faktor gambar akan lebih kuat jika gambar yang kita gunakan adalah gambar milik kita sendiri bukan dari mengambil di internet. Hal ini bisa kita cek dengan mengetikkan nama blog Anda lalu pilih gambar, pasti gambar yang muncul untuk blog kita adalah gambar yang benar-benar milik kita sendiri.

Apabila memang kita harus mengambil gambar dari internet, solusinya adalah dengan mengambil gambar yang tidak mempunyai lisensi atau hak cipta, karena tidak semua gambar yang ada di internet itu free. Selain itu jika kita menggunakan gambar dari internet akan lebih baik jika mengeditnya terlebih dahulu sebelum kita pasang di artikel yang akan kita publish.

Silahkan simak juga : 5 Situs Foto Gratis Untuk Download Gambar

Kesimpulan
Memang untuk membuat sebuah artikel yang mampu untuk bersaing di hasil pencarian mesin seperti google maupun bing sangatlah sulit dengan semakin banyaknya situs yang bertaburan di internet setiap harinya. Namun dengan belajar dalam menempatkan kata kunci serta mengoptimalkan blog yang kita kelola, niscaya tidak ada hal yang tidak mungkin semua itu bisa kita dapatkan.

Satu hal yang mungkin bisa menjadi kunci dari kesuksesan blog yaitu "Faktor Pembeda" silahkan Anda cari sendiri apa yang bisa Anda lakukan dari faktor pembeda itu.

Demikian analisa yang saya cermati agar artikel bisa bersaing di search engine, ini hanyalah analisa dari sudut pandang saya yang tidak tau-menahu tentang ilmu seo, dan mungkin Anda mempunyai analisa yang berbeda mengenai hal ini, jika memang demikian silahkan tinggalkan coretan Anda di kolom komentar untuk saling berbagi. Terima kasih, Salam blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

Tidak jarang yang kayak begitu mas, artikel saya juga banyak di kopas orang, padahal aslinya punya saya eh malah yang muncul blog yang kopas artikel saya...he..he...lucu...h..ha...tapi nggak apa-apa blog kita jadi tenar. mantek kan...?????

Balas

Kadang emang gitu mas justru si pengcopas malah yang nagkring.

Balas

maknyus tipnya...perlu di tingkat lagi nih konten dalam blog saya mas, sepertinya persaingan makin ketat ..kalau menurut saya ini era perang adu artikel mas...iya toh

Balas

tambah satu lagi mas...rajin update dan selalu online....

Balas

maka sebaiknya setiap artikel kita harus di persenjatai ilmu seo yang super canggih mas...

Balas

Kalau membuat artikel dengan 500 kata sih gampang, yang susahnya itu merangkainya agar pengunjung betah Mas :D
domain juga sepertinya sangat berpengaruh mas

Balas

Betul banget mas, persaingan di search engine semakin ketat, apalagi banyak blog-blog baru yang bermunculan.

Balas

Emang susahnya disitu mas, membuat artikel yang enak dibaca itu yang susah. Betul banget mas domain TLD juga mempunyai andil besar dalam persaingan artikel.

Balas

Membuat artikel yang bisa masuk sepuluh besar search engine untuk pemula seperti saya tentu bukan hal yang mudah dan perlu banyak belajar

Balas

Buat blogger seperti kita SEO jangan terlalu di prioritaskan...yang penting kita rajin update artikel dan rajin promosi sudah cukup kok...kalau kita buat artikel terlalu mikirn SEO pusing kita karena ilmunya belum nyampe.. :D

Balas

Betul mas Sonny buat saya mah SEO nomor sekian, yang penting update artikel dan berusaha membuat artikel seenak dan sebisa mungkin hasil dari fikiran sendiri.

Balas

Memang mas Poniran, sayapun juga masih belajar.

Balas

Yang anehnya kalo blog di copas orang, malah blog yang copasan yg muncul di page 1 google ya mas?
Jadi inget dulu 58 artikel saya di copas semua sama seseorang dalam satu blog.

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger