Bahaya Plagiat Content Bagi Publisher Adsense

KemejingNet - Bahaya Plagiat Content Bagi Publisher Adsense. Salah satu TOS (Term Of Service) yang harus ditaati oleh publisher Google AdSense adalah blog harus bersih dari kontent plagiat. Plagiat kontent adalah meniru artikel orang lain baik itu dengan cara menulis ulang dengan tulisan yang sama persis, ataupun dengan cara copy paste secara langsung kedalam blog.

Seperti yang saya sebutkan diawal salah satu kebijakan google adsense yang harus ditaati publisher adalah plagiat kontent, sebab plagiat atupun copy paste artikel orang lain merupakan pelanggaran hak cipta orang lain. Akan lebih beresiko lagi bila artikel yang kita copy paste adalah konten yang dilindungi DMCA protected.

Bagi publisher adsense pasti sudah tau apa resiko yang dapat diterima kalau melanggar TOS dari google adsense. Resiko yang paling menakutkan adalah akun kita bisa kena banned alias dinonaktifkan, dan itu artinya tamatlah riwayat kita untuk mengumpulkan pundi-pundi dollar sebagai publisher adsense.

Bahaya Plagiat Content Bagi Publisher Adsense

Cara Menghindari Plagiat Kontent

Agar blog terhindar dari plagiat, yang pertama harus kita lakukan adalah berhati-hati dalam membuat tulisan pada blog kita. Usahakan sebisa mungkin artikel yang kita buat adalah hasil dari karya kita sendiri, dan juga berawal dari benak kita sendiri. Apabila memang kita harus me-rewrite artikel dari blog orang lain, sebisa mungkin kita harus merubahnya dengan bahasa yang berbeda dari artikel aslinya.

Apabila dalam mengisi blog Anda selalu membeli artikel dari jasa penulis artikel, Anda juga harus teliti dan juga hati-hati dalam memilih jasa penulis artikel, usahakan memilih jasa penulis artikel yang dapat dipercaya dan artikel yang kita beli bebas dari plagiat serta lolos copysape.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebagai blogger adalah kita harus sesekali mengecek blog kita, apakah didalam blog kita terindikasi adanya plagiat kontent atau tidak. Terkadang meskipun kita membuat artikel dari hasil karya pemikiran sendiri, namun kemungkinan terjadinya plagiat kontent bisa saja terjadi, hal itu mungkin saja artikel yang kita buat telah terlebih dahulu dibuat oleh orang lain yang memiliki pemikiran sama dengan kita.

Kemungkinan besar telah banyak publisher adsense yang terkena banned karena indikasi terjadinya duplikat content ini, padahal mereka tidak pernah merasa melakukan pelanggaran hak cipta tersebut, karena artikel yang dihasilkan adalah hasil karya sendiri. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar artikel yang kita buat lolos dari plagiat. Berikut ini ulasannya.

Tips Agar Artikel Terhindar Dari Plagiat

Hal yang perlu kita lakukan agar artikel yang kita buat lolos dari plagiat atau tidak adalah dengan cara mengeceknya sebelum artikel tersebut kita publish. Ada banyak tool online di internet yang bisa kita gunakan untuk cek artikel terindikasi plagiat atau tidak. Tool-tool ini bisa dugunakan untuk melakukan cek nilai keunikan dari sebuah artikel yang telah kita tulis, apakah artikel tersebut sudah ada di google atau belum.

Berikut ini saya rekomendasikan 3 situs yang bisa Anda gunakan untuk cek artikel Anda  :

1. smallseotools.com
2. plagtracker.com
3. plagscan.com

Selain ketiga situs tersebut, sebenarnya masih banyak situs-situs lain yang bisa digunakan, namun saya sendiri lebih sering memakai situs yang nomor satu yaitu smallseotool.com.

Adapun cara penggunaanya, silahkan copy artikel yang telah Anda buat, kemudian kunjungi salah satu situs yang telah saya sebutkan diatas, lalu pastekan artikel Anda pada tempat yang telah disediakan di situs tersebut.

Agar artikel lolos dari plagiat usahan artikel yang telah Anda buat memiliki nilai 90% keatas sebelum artikel di publish. Akan lebih baik jika nilai artikel yang Anda buat bisa 100%. Kenapa artikel yang kita buat harus memiliki nilai 90% keatas?, Hak ini dimaksudkan agar artikel terhidar dan lolos dari pendeteksi copyscape blog plagiat.

Silahkan baca juga  :  Cara Cek Artikel Agar Lolos Plagiat

Catatan Penting

Tidak bisa dipungkiri, sebagai blogger kita tidak akan pernah lepas dari blogger-blogger yang lain dalam membuat sebuah artikel. Adakalanya kita harus mencari referensi sebuah tulisan dari blog lain untuk bahan dalam kita menulis kontent.

Namun yang harus diperhatikan disini adalah kita tidak boleh serta-merta mencontoh semua dari isi artikel yang telah kita baca, apalagi dengan secara langsung meng-copy paste tanpa mengeditnya terlebih dahulu.

Meskipun kita bisa merewrite artikel orang lain, namun disini kita harus bisa mengolah bahasa yang kita gunakan agar artikel yang kita buat benar-benar menjadi beda dari artikel yang kita rewrite.

Demikian apa yang bisa saya tulis, agar artikel yang kita ciptakan bisa terhindar dari plagiat kontent yang tentunya sangat beresiko bagi blog yang kita kelola, apalagi blog yang kita kelola telah menjadi publisher google adsense. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat, Salam Blogger.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!