Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel

KemejingNet - Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel. Aplikasi Profil Desa (Prodeskel) ini sangat bermanfaat sekali untuk menyimpan database kependudukan. Dengan memasukkan data penduduk dalam aplikasi ini, semua data penduduk akan terintegrasi baik dari daerah sampai pusat.

Itu artinya, apabila aplikasi ini benar-benar dimanfaatkan oleh semua desa yang ada di Indonesia, pasti data penduduk akan tercatat dengan singkron antara desa dan Kementerian dalam Negeri.

Namun, suatu program pasti ada kelebihan dan kekurangannya, adapun kelebihan dari aplikasi ini telah saya sebutkan diatas, sedangkan kekurangannya adalah aplikasi ini berbasis online, itu artinya semua desa harus memiliki koneksi internet yang bagus untuk mempergunakan aplikasi ini.

Selain harus ketersediaannya koneksi internet kendala lain adalah, terkadang bagi orang yang belum memahami aplikasi ini, akan terasa ribet dalam meng-input datanya. Pada tutorial kali ini saya mencoba untuk membagikan bagaimana caranya input data KK ke Aplikasi prodeskel dengan cepat,

Bagi Anda yang kebetulan ditugaskan untuk mengisi data kependudukan ini silahkan Anda simak langkah-langkahnya dibawah ini. Dan untuk lebih jelasnya telah saya sertakan pula vidio totorialnya yang bisa Anda lihat.

Untuk input data KK ke aplikasi prodeskel dengan cepat, pertama-tama Anda harus memiliki database kependudukan lengkap dari NIK, Nama KK, Nomor KK, Tempat lahir, Tanggal Lahir, Jenis kelamin, Status, Pendidikan, Pekerjaan, Alamat lengkap dengan RT/RW, yang biasanya dibuat dalam format dokumen Excel.

Dari data tersebutlah nantinya kita tinggal mencopynya satu persatu kedalam aplikasi prodeskel yang berbasis online. Apabila Anda belum mempunyai dokumen tersebut Anda bisa membuatnya terlebih dahulu, atau memintanya ke Catatan Sipil kemudian baru Anda edit.

Adapun langkah cepat input data KK ke Aplikasi prodeskel adalah sebagai berikut  :

1. Pertama buka dulu dokumen Database kependudukan Anda.

2. Langkah kedua Anda harus Log in di aplikasi Prodeskel dengan mengunjunggi alamat
www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id. Silahkan masuk dengan Username dan password Anda.

3. Setelah Anda masuk di aplikasi prodeskel, silahkan klik DKK -> Entri Data -> Metode Kontinyu -> KK Baru, maka akan muncul tabel isian seperti gambar berikut ini.


4. Langkah keempat, silahkan Anda buka database KK, yang telanh terbuka, copy No KK. dan kembali ke aplikasi prodeskel, lalu paste no KK kedalam kolom yang telah tersedia, yaitu kolom no satu.

5. Kelima silahkan kembali ke database KK, copy nama Kepala Keluarga, lalu kembali lagi ke aplikasi prodeskel, paste Nama Kepala Keluarga di kolom kedua.

6. Langkah keenam, silahkan isi kolom alamat sampai dengan kolom sumber data dengan lengkap lalu ketika semua sudah terisi klik simpan.

7. Langkah ketujuh, setelah Anda simpan, karena Anda memilih metode kontiyu secara otomatis Anda akan dibawa kembali untuk mengisi data seperti yang telah Anda lakukan tadi. Lakukan langkahnya seperti pada langkah keempat dan kelima.

8. Apabila Anda ingin berhenti dalam mengisi data dan ingin melanjutkannya di lain waktu silahkan klik kembali. Apabila dalam pengisian data ada kekelruan dan Anda ingin membetulkan silahkan Anda klik tanpa pensil pada kolom KK, edit bila memang ada perubahan atau hapus bila ada kesalahan, Silahkan lihat tabel berikut,


Untuk lebih jelasnya dalam langkah-langkah pengisiannya, telah saya sertakan vidio tutorialnya, silahkan Anda lihat vidionya berikut ini


Bila ingin lihat di youtube atau mau di download silahkan klik link dibawah ini : https://www.youtube.com/watch?v=e8V9bj3rKkc

Dalam langkah ini yang kita masukkan baru hanya data Kepala Keluarganya saja, untuk lebih lengkapnya tentang memasukkan data-data anggota keluarga akan saya share pada artikel tentang input data keluarga ke prodeskel pada artikel selanjutnya.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan tentang Cara Cepat Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sedikit membantu bagi yang membutuhkan. Jumpa lagi di artikel selanjutnya tentang aplikasi prodeskel yang lain. Salam blogger

20 komentar

tes komentar....

saya baru tahu mas...Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel , biar nanti saya otak atik seperti toh Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel barangkali kapan kpan bisa diperlukan...

Pengetahuan ilmu komputer memang luas ya mas....sampai ada Cara Input Data KK Ke Aplikasi Prodeskel, ruaaarrr biasa....

Masak saya harus jawab komen saya sendiri..?

Maaf lagi asyik di youtube mas.

Aplikasi ini dikhususkan bagi Desa dalam mengelola database kependudukan. Dengan mengisi ini otomatis data langsung bisa masuk ke pusat Kementerian Dalam Negeri mas.

Bila ingin mengisi, silahkan minta Username dan paswordnya pada desa atau kelurahan mas, tiap desa/kelurahan memiliki username dan password beda-beda.

persis sam trik post saya juga baru tahu masalah aplikasi ini, ini yang tahu aparat Desa,masyarakat umum belum ada kayaknya, bagus atuh jadi referensi buat sayasebagaimasyarakat. top markotop

Saya juga masyarakat umum mas he..he..

SAYA COBA MASUK KE ADMIN DESA NGGAK BISA MAS

selamat sore pak, om, kang. sekedera mau tanya, ada masalah apa jika data yang sudah saya masukan ditolak diaplikasi prodeskel (kesalahan dalam memasukan data). tolong infonya pak.

selamat sore pak, om, kang. sekedera mau tanya, ada masalah apa jika data yang sudah saya masukan ditolak diaplikasi prodeskel (kesalahan dalam memasukan data). tolong infonya pak.

Selamat sore pak, sekedar menanyakan ada masalah apa jika data yang sudah saya masukan tetapi tidak bisa diterima diprodeskel, (kesalahan dalam memasukan data terus). padahal data itu sudah benar.

Maaf baru jawab, saya sendiri blm pernah mengalami hal ini psk, tp coba nanti malam saya cari tau masalahnya, bila ketemu pasti akan saya beri tau secepatnya.

Apakah username dan password nya dah benar pak.

Kemungkinan ada bidang data yang wajib diisi namun belum terisi mas.

cara cepatnya gak ada kah... upload ddk ke website jdi otomatis msauk...

biasanya selain ada data yang bertanda *(bintang)belum terisi. atau bisa juga terjadi karena no KK sudah digunakan oleh penduduk lain. cara mengatasinya cari tanda * yang belum terisi. dan cari no KK yang sama pada kolom pencarian akan terlihat no kk itu sudah digunakan oleh siapa

tolong dong disediakan upload data ...masa kalah sama aplikasinya KPU (Sidalih) pekerjaan jadi lebih cepat, atau Siskeudes BPKP...

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon