Cara Membuat Bibit Setek Batang

KemejingNet - Cara Membuat Bibit Setek Batang. Pada artikel yang sebelumnya pernah saya bahas tentang Tehnik Pembuatan Bibit Secara Okulasi dan Sambungan. Pada kesempatan ini, kembali saya masih membahas menggenai tumbuhan, yaitu Cara membuat bibit setek dan cangkok.

Cara setek tumbuhan sangat banyak jenisnya, setek dibagi menurut bagian yang diambilnya diantaranya adalah, Setek akar, Setek batang dan Setek pucuk. Setek akar dalam prakteknya sangat jarang dilakukan pada pohon yang berkayu.

Ciri-ciri tumbuhan yang biasanya disetek akar
  1. Tumbuhan tersebut tidak berbuah (termasuk spora) 
  2. Walupun berbuah dan berbiji tetapi sulit dan bahkan tidak bisa di semaikan.
  3. Terdapat anakan yang tumbuh disekitar induknya yang berasal bukan dari biji.
Contoh tumbuhan yang bisa di setek akar
  1. Tumbuhan tak berkayu melalui rimpang  : Kunyit, jahe, Lengkuas, Ubi, Talas.
  2. Tumbuhan tak berkayu melalui sulur  : Strawberi, Enceng Gondok.
  3. Tumbuhan tak berkayu melalui tunas  : Bambu, Pisang.
  4. Tumbuhan berkayu  : Sukun
Setek batang
Setek batang umumnya digunakan untuk memperbanyak tanaman buah-buahan. Yang perlu diperhatikan dalam setek batang adalah dalam pemilihan bahannya, batang yang terlalu tua kurang baik karena akarnya sulit untuk tumbuh, Cabang yang terlalu muda juga kurang baik karena teksturnya masih lunak sehingga proses penguapannya besar, hal ini akan berakibat bibit setek lemah dan mati. Pohon buah yang bisa di setek batang antara lain, Ketela, Mangga, Delima, Jeruk Manis Dll.

Syarat Dan Cara Membuat Bibit Setek Batang

Syarat-syarat melakukan setek
  1. Pohon induk yang dipilih adalah yang berumur tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, serta telah berbuah setidaknya 3 kali.
  2. Pohon induk tampak kuat, cubur dan tidak terserang hama serta penyakit.
  3. Pilihlanh cabang yang akan di stek yang berukuran sebesar pensil, kulitnya berwarna coklat muda dan kulitnya halus.
  4. Bentuk cabang tegap lurus, panjangnya sekitar 20-30 cm. Cabang tersebut memiliki daun yang banyak dan sudah pernah berbuah
Cara Membuat Bibit Setek Batang.
  1. Potong bahan setek dengan pisau tajam sehingga permukaan potongan rata dan halus dengan kemiringan sekitar 30 derajat.  Pajang setek 10-30 cm atau memiliki 1-3 mata tunas. daun pad setek cukup disisakan 1-2 lembar, lalu daun potong stengahnya.
  2. Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah yang dicampur pupuk kandang atau kompos yang telah jadi (pebandingan 1:1 atau 1:2). tanam setek pada media dengan cara dimiringkan sekitar 45 derajat. kemudian tutup dengan plastik transparan untuk mengurangi penguapan, jaga kelembaban media setek dengan menyiram air secara rutin
Demikian ulasan kali ini mengenai cara membuat bibit setek batang, mohon maaf bila banyak salah kata, semoga saja bermanfaat dan bisa untuk diterapkan. Sekian.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!