15.3.16

Cara Membuat Print Titles Pada MS Excel

Tags

KemejingNet - Cara Membuat Print Titles Pada MS Excel. Dalam membuat dokumen di MS Excel sering dijumpai kasus harus membuat dokumen yang panjang dan memerlukan beberapa halaman. Terkadang dalam satu halaman tersebut kita harus membuat header atau judul yang sama pada dokumen yang kita buat.

Bagi pengguna Excel yang belum begitu faham fungsi-fungsi yang ada dalam Excel, tentu akan membuat header itu secara manual atau dengan mengcopy header pada halaman pertama terus mem-pastenya pada halaman berikutnya.

Sebenarnya di dalam Excel telah disediakan fitur yang dapat kita gunakan untuk membuat header berulang secara otomatis, yaitu fitur print titles. Dengan memanfaatkan fitur print titles ini kita tidak perlu bersusah payah membuat header pada setiap halaman, karena dengan dengan fitur ini secara otomatis saat dokumen di print, header akan tetap ada.

Silahkan baca juga : Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Excel.

Adapun langkah-langkah membuat Print Titles adalah sebagai berikut  :

1. Sebagai Contoh saya akan menggunakan dokumen sebagai berikut ini (lihat gambar dibawah)


2. Pada kasus gambar diatas, apabila kita ingin membuat header pada halaman kedua itu artinya, yang kita gunakan adalah row 1 sampai dengan row 3, namun apabila dalam halaman kedua yang akan kita tambahkan dari header sampai dengan kolom keterangan itu artinya row 1 sampai dengan row 5.

3. Adapun cara membuat print titles pada header yang telah disebutkan di point kedua langkahnya sebagai berikut, Klik Menu Page Layout -> Page Setup -> Sheet -> Letakkan Pointer pada posisi Row to repeat at top -> Letakkan posisi pointer pada sisi kiri pada angka, klik kiri dan tahan serta tarik sapai pada posisi angka 5. Lalu klik Ok. (lihat gambar dibawah)


4. Apabila dalam halaman kedua dan berikutnya, Anda hanya ingin membuat print titles pada menu keterangan saja, Anda cukup klik pada row no 5 saja.

Keterangan  :  Selain cara diatas Anda juga bisa dengan memasukkan kode $1:$5 pada Row to repeat at top, atau cukup $5, bisa disesuaikan menurut kebutuhan yang Anda mau.

Demikian cara membuat print titles pada MS Excel kali ini, semoga bermanfaat.

4 komentar

Nah, sekarang baru bisa kebuka kotak komentarnya, siap saya simpan untuk dipelajari lagi mas.

Emang tadi ketutup ya mas, saya malah ndak nyadar tuh,

boleh juga nih diterapkan kebetulan saya sehari-hari berkutat dengan excel

Ternyata begini toh bikinnya cukup simple juga.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon