logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Tumbuhan Kepel Dan Manfaatnya

KemejingNet - Mengenal Tumbuhan Kepel Dan Manfaatnya. Pernahkah Anda makan buah kepel?. Menurut cerita pada jaman dahulu buah kepel adalah buah yang menjadi kesukaan para putri-putri keraton, kenapa bisa demikian?. Buah kepel digemari oleh para putri keraton karena dipercaya dapat membuat keringat menjadi wangi dan juga membuat air seni tidak berbau tajam.

Nama buah kepel didapat dari nama pohonnya juga yang bernama pohon kepel. Pohon kepel umumnya tumbuh liar pada tanah yang sedikit lembab di hutan-hutan. Pohon kepel dapat tumbuh pada ketingian 600 meter dari permukaan air laut.

Pohon+kepel

Ciri khas dari pohon kepel adalah pohonnya berdiri tegak, tingginya bisa mencapai 25 m. Cabang-cabang pohon kepel mendatar, apabila dilihat tajuknya hampir mirip dengan phon cemara. Diameter batang pohon kepel bisa mencapai 40 cm dengan warna kecoklatan sedikit hitam serta banyak benjolan pada batangnya yang biasanya pada benjolan itulah tumbuh bunga yang kemudian menjadi buah kepel.

Daun kepel berbentuk lonjong dengan warna hijau gelap, daun kepel halus dan tidak berbulu. Adapun daun mudanya mempunyai warna sedikit merah jambu. Daun kepel yang masih muda juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah penyakit asam urat.

Bunga kepel berkelamin tunggal yang mula-mula berwarna hijau yang muncul pada benjolan-benjolan batangnya, dan kemudian akan berubah warna menjadi putih sebelum kemudian menjadi buah yang berbentuk bulat-bulat.

Pada umumnya buah kepel berbentuk agak bulat dan memiliki warna kecoklatan. Sedangkan daging buah kepel mempunyai warna jingga. Buah kepel yang matang dapat dimakan dalam keadan segar, daging buah kepel yang berwarna jingga mempunyai aroma yang harum seperti bunga mawar.

Manfaat Pohon Kepel

Dalam ilmu pengobatan daging buah kepel berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan meyebabkan kemandulan sementara pada wanita. Oleh sebab itu pada jaman kerajaan dahulu kepel digunakan sebagai parfum dan alat KB.

Manfaat lain dari pohon kepel adalah kayunya juga dapat difungsingkan sebagai perkakas alat rumah tangga. Batang pohon kepel yang lurus setelah direndam dalam air untuk beberapa waktu tertentu dapat digunakan untuk bahan bagunan dan dikabarkan dapat bertahan lama.

Pohon kepel juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, daun muda pohon kepel sangat bagus ketika secara serentak akan berubah warna dari merah muda menjadi merah keunguan sebelum berubah lagi menjadi hijau. Perawakan pohonnya yang berbentuk piramid mirip dengan pohon cemara akan menambah keindahan pohon kepel ini.

Selain berbagai manfaat yang telah saya sebutkan diatas, daun muda buah kepel juga bermanfaat untuk mengobati asam urat dan juga nyeri pada persendian. Adapun manfaat daun dari buah kepel untuk kesehatan akan saya bahas pada artikel yang lain tentang tanaman kepel ini.

Daun+Pohon+Kepel

Cara Budidaya Pohon Kepel

Cara budidaya kepel hanya bisa dilakukan melalui bijinya yang diambil dari buah matang yang kemudian disemaikan. Cara budidaya dengan stek dan cangkok pernah dicoba, akan tetapi tidak berhasil.

Sebelum benih disemaikan terlebih dahulu benih dibersihkan dengan dicuci kemudian dikeringkan di tempat yang agak teduh. Sebelum disemai sebaiknya dipilih benih yang benar-benar bagus. Saat pekecambahannya memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada saat semi bibit kepel akan berdaun 3-5 helai, kemudian bibit baru dipindahkan kedalam pot, barulah ketika bibit tingginya sudah mencapai 0,5-1,0 m bibit dapat dipindahkan kedalam lahan penanaman dengan jarak tanam 6-8 meter.

Ciri-Ciri Buah Kepel Yang telah Masak

Buah kepel yang telah masak, bila digores kulitnya akan terlihat bagian kulit dalamnya yang berwarna kuning kecoklatan muda. Jika buah kepel digores masih terlihat warna hijau itu berarti buah kepel belum masak dan belum enak untuk dikonsumsi.

Bila dikemas dalam keranjang, buah kepel akan dapat bertahan sampai dengan 2-3 minggu, akan tetapi agar kualitas tetap bagus buah kepel harus diperlakukan secara hati-hati jangan sampai terkena benturan, karena apabila terkena benturan buah kepel akan memar dan cepat membusuk.

Demkian mengenai tumbuhan kepel ini, semoga apa yang saya tulis bisa menambah pengetahuan kita bersama tentang berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar kita terutama tentang manfaat tumbuhan kepel ini. Sekian semoga bermanfaat. Salam Blogger.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

bagus mas artikelnya dan Bermaanfaat sekali mas artikelnya, apalai saya juga baru tau kalau ada buah kepel, tak kirain itu tadi kepelan yang biasanya di makan sama tape hitam itu. hehehe

Balas

Makasih, buah ini memang jarang ada di pasaran, mungkin karena harganya terlalu murah jadi kurang diperhatikan, namun saya sendiri juga baru tau kalau pohon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ketika diberi tau sama ahli terapi tulang mbak. Makasih juga kunjungannya.

Balas

Berarti kadar kalsiumnya tinggi dong, makanya sangat dianjurkan untuk pengobatan tulang.

Balas

Bisa juga mas, saya sendiri masih mengkonsumsi rebusan daun kepel ini mas.

Balas

kayaknya jarang menemui pohon kepel, saya belum pernah memakannya mas, bisa wangi neh bau keringat

Balas

Buah kepel itu mirip sekali ya dengan buah dukuh dan lengkeng, bener gak kang :D soalnya saya baru dengar pohon kepel :D

Balas

Ane malah baru tau mas mengenai buah kepel :D
mungkin pernah lihat kali ya dan penyebutan di daerah kita berbeda. Hehehe

Balas

Iya mas, munkin cuma beda penyebutan aja, kalau di sunda sering disebut burahol

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger