Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya

Tags

KemejingNet - Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Ini Solusinya. Pernahkah Anda mengalami, ketika Anda sedang menulis sebuah dokumen di laptop maupun netbook, namun tiba-tiba touchpad menjadi macet dan tidak mau jalan?. Bila Anda pernah mengalaminya, tentu hal itu sangan menjengkelkan, apalagi ketika Anda sedang diluar rumah dan kebetulan tidak membawa Mouse Konvensional.

Bila Anda sering menggunakan laptop/netbook, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan touchpad. Touchpad mempunyai fungsi yang sama seperti mouse pada PC/Komputer pada umumnya yaitu bagian dari perangkat laptop yang digunakan untuk menggerakkan  kursor.

Touchpad tidak seperti mouse biasa yang ketika tidak bisa digunakan kita bisa langsung menggantinya dengan yang baru. Touchpad yang tidak jalan pada saat disentuh tangan bisa menjadi masalah besar. Hal tersebut bisa mengakibatkan laptop Anda harus menginap di tukang service komputer dan tentunya memerlukan biaya inap yang tidak sedikit he...he...

Touchpad-Laptop-Tidak-Berfungsi,-Ini-Solusinya
Touchpad Laptop Error

Cara Mengatasi TouchPad Laptop Yang Tidak Fungsi

Apabila Anda mengalami hal-hal yang telah saya sebutkan diatas mengenai touchpad laptop yang tidak berfungsi, sebaiknya Anda jangan buru-buru membawa laptop Anda ketukang service, karena masih ada cara yang mungkin bisa mengatasi macetnya touchpad laptop Anda.

Sebagian dari pengguna laptop, mungkin belum begitu faham kalau sebenarnya ada satu hal mendasar yang bisa dilakukan saat touchpad laptop Anda tidak merespon, yaitu dengan cara menekan tombol FN + F7. Tombol ini mempunyai fungsi untuk mengaktifkan dan juga menonaktikan perangkat touchpad.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua merek laptop memiliki tombol yang sama untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad ini, nah,.. berikut ini cara mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad pada beberapa merek komputer yang bisa Anda lakukan

  • Laptop/Komputer Merek Mac menggunakan "F2", 
  • Laptop/Komputer Merek Acer menggunakan "F7", 
  • Laptop/Komputer Merek Toshiba menggunakan "F9", 
  • Laptop/Komputer Merek Asus menggunakan "F3" atau "F7", 
  • Laptop/Komputer Merek Dell menggunakan "F7",  
  • Laptop/Komputer Merek Lenovo menggunakan F6.

Untuk lebih detailnya tombol mana saja yang akan dipakai Anda bisa melihat pada deretan tombol yang kadang mempunyai gambar seperti mouse atau touchpad. Pada tombol itulah yang harus ditekan secara bersamaan dengan tombol FN. Hal yang bisa terjadi adalah kemungkinan Anda dengan tidak sengaja telah menekan kedua tombol ini hingga mengakibatkan touchpad jadi tidak berfungsi.

Namun ketika hal diatas telah Anda lakukan namun touchpad laptop Anda masih saja tidak berfungsi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Cabutlah semua mouse eksternal yang tersambung dan kemudian me-restart ulang laptop Anda. Kemungkinan touchpad tidak berfungsi karena adanya tumpang tindih pada perangkat untuk menggerakkan kursor.
  • Yang kedua Anda bisa Gunakan System Restore. Cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan setiap perubahan baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja yang telah kita lakukan pada kurun waktu seminggu sebelumnya.
  • Menghapus driver touchpad dan kemudian menginstall ulang. Dengan menghapus driver touchpad dan meng-install-nya kembali kemungkinan laptop Anda bisa mendeteksi perangkatnya sendiri kembali.  
Artikel terkait

Apabila semua hal yang telah dijelaskan diatas sudah Anda lakukan, namun touchpad laptop Anda masih saja tidak berfungsi, itu artinya laptop Anda harus benar-benar menginap di rumah tukang service komputer.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan mengenai taoucpad laptop yang tidak berfungsi dan cara menanganinya. Semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya, Salam Blogger.

44 komentar

Iya Kang, kalau semua sudah di coba masih tidak berfungsi touchpadnya, mau ga mau harus ketukang service juga ya

kebetulan mas, netbook saya bermasalah touchpadnya, kadang nggak respon, saya coba triknya, makasih mas

terima kasih ka. artikelnya bermanfaat :)
ohiyah ka tolong bantu komen blog sya dong buat penilaian. makasih:)

laptop saya merk hp mas, ga ada yah :D
yaudah saya mau ganti toshiba aja :D

oh jadi bisa tekan tombol itu bisa jalan kembali ya mas

Kalau mereknya ndak tertulis di atas berarti ndak pernah error mas :)

Iya mas tombol Fn+F7 atau yg lain, tapi tiap merek beda-beda juga caranya.

aku dulu juga pernah ngalamin touchpad yg agak rewel, setelah aku cek sana sini ternyata drivernya gak kompatibel hehehe

Acer saya sering banget kayak gitu mas, tp biasanya dengan memakai cara diatas bisa lagi.

Dan aku baru tau beberapa fungsi f dengan masing masing fungsinya itu setelah ngalami touchpad macet tadi, mantab nih.. simbol keyboard yang lain boleh mas diposting kapannkapan hehhe

Thanx gan sukses tipsnya
Sy pake acer Es1-131.

Selamat kalau sukses mah...

Terima kasih, sangat membantu :)

triknya sukses. terima kasih artikelnya.

tombol fn harus di tekan juga ato tidak y . laptop saya merk lenovo

Ditekan bersamaan mas FN+f7

Ditekan bersamaan mas FN+f7

Terimakasih, artikelnya bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Terimakasih sangat membantu

Touchpad laptop saya baru bisa dipakai setelah di restart, bagaimana ya mas?

Astaghfirullah.. Wah makasih bang, sangat membantu.. Nie td ketiduran pas pake laptop, bngun2 udh bgni tchpad nya, kirain kesampar to gmna gt, trnyta kpncet kali ya,, haha hampir bsok mau ane bawa ke service.. Mksih bang,, smga rejekinya brtmbh..

Klo laptop zyrex mencet apa gan

Vangkeee!! Gwa sempat panik juga,soal nya lepi baru๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Thanks banget gan,Solusi nya

Terima kasih banyak atas artikelnya... gara2 dimainin anak hampir saja laptop saya bawa ke tukang service, ternyata hanya ke lock.. :)

Thanks buat artikelnya sangaaat membantu ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

touchpad saya di tukar oleh tukang service awalnya gak apa apa malah hardwarenya gak ke deteksi. padahal waktu service masalah vga doang

Bisa jadi Hardware nya mas

thanks utk infonya..sebelum dibawa ke tukang service saya baca info ini...n syukur waktu dicoba langsung bisa..kalo gk nginap di tukang service + biaya nginapnya lgi..hehhehe..smoga slalu lancar rezekinya๐Ÿ˜Š

Amiin, Maksih juga kunjungannya, dan selamat moga touchpad laptopnya tidak macet lagi.

Untuk itu kalau service, pilih tukang service yang jujur dan juga sudah terpercaya, biar barang tetep aman.

Sama-sama,senang kalau bisa membantu dan kasih solusi yang bisa bermanfaat.

sama-sama, makasih juga kunjungannya, Emang kadang kedua tombol FN dan F7 itu suka kepencet dengan tidak sengaja yang bisa membuat touchpad terkunci dan tidak bisa jalan.

Sama-sama Bro, makasih juga kunjungannya.

Wah, kalau merek itu blm pernah punya mas, coba nanti tak cari referensi soal laptop merek zyrex.

Sama-sama, lain kali jangan sampai ketiduran diatas laptop lagi bisa bahaya tuh laptop hihi :)

Sama-sama, senang bisa membantu

Sama-sama, terima kasih juga kunjungannya

mantaff gan.... makasih infonya....

Terima kasih,,,,

Udah dicoba kok masih nggk fungsi trus gimana

Laptop nya merek apa mbak, mungkin cuma beda cara aja, FN dan tombol kombinasi ditekan bersamaan.

Laptop saya merek hp saya harus pake f apa mas?

Silahkan dilihat di sebelah touchpad Laptop Anda, Ada lampu LED kecil (warna oranye atau biru). Lampu ini merupakan sensor touchpad. Cukup ketuk dua kali pada sensor untuk mengaktifkan touchpad pada laptop HP Anda.

Ketika warna lampu terlihat kuning/oranye/biru maka touchpad dalam keadaan ON, itu berarti touchpad sedang terkunci. Dalam posisi ini, hal itu menandakan bahwa pointer dan touchpad tidak dapat digunakan. Namun bukan berarti ada kesalahan atau kerusakan pada hardware laptop Anda.

Sensor lampu LED perlu dipindah menjadi OFF agar touchpad dapat aktif kembali. Ketuk dua kali pada sensor untuk membuka kunci touchpad. Setelah itu, lampu indikator akan mati dengan sendirinya.

Silahkan dicoba, semoga berhasil.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon