4.4.16

3 Tips Penting Sebelum Upload Gambar Kedalam Postingan Blog

Tags


KemejingNet - 3 Tips Penting Sebelum Upload Gambar Kedalam Postingan Blog. Seperti yang sudah saya tulis pada artikel yang sebelumnya bahwa sebuah gambar pada artikel itu juga mempunyai pengaruh pada artikel yang kita posting, namun perlu kita ketahui bersama menempatkan gambar pada postingan juga memerlukan tehnik yang perlu diketahui.

Apabila kita mempunyai gambar dari hasil jepretan kamera digital maupun kamera handfone, sebaiknya sebelum meng-upload gambar dalam postingan terlebih dahulu harus diperhatikan beberapa hal. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyertakan gambar pada sebuah artikel, akan kita bahas bersama-sama pada artikel kali ini, dan beberapa point tersebut coba saya rangkum berikut ini.

3 Tips Penting Sebelum Uploade Gambar Kedalam Postingan Blog


Tips Penting Sebelum Upload Gambar

#1. Merubah Ukuran Gambar

Size atau ukuran gambar adalah hal yang utama yang perlu diperhatikan. Dalam seting gambar dipostingan blog sering kita jumpai ukuran Small, Medium, Large, Extra Large dan Original Size. Namun perlu Anda ketahui itu adalah ukuran tampilan gambar pada postingan bukan ukuran size gambarnya.

Memasang gambar yang mempunyai size kb yang terlalu besar pada postingan itu akan sangat mempengaruhi kecepatan loading sebuah halaman itu sendiri dan itu sangat merugikan blog kita, karena bisa-bisa pengujung akan meninggalkan halaman yang akan diakses sebelum halam terbuka.

Adapun cara merubah ukuran gambar kita bisa menggunakan aplikasi photoshop maupun aplikasi Microsoft Office Picture manager bawaan windows. Kedua aplikasi tersebut dapat kita gunakan untuk mengkompres gambar agar lebih kecil nilai kb-nya tanpa mengurangi kualitas gambar.

Silahkan Baca  :  Cara Mengkompres Gambar Dengan Microsoft Office Picture Manager

#2. Menentukan Format Gambar

Ada berbagai format gambar yang biasa dipakai dalam sebuah gambar, diantaranya adalah JPEG, GIF, PNG, BMP dan juga TIFF. Adapun fungsi, kelebihan, dan juga kekurangan dari format-format tersebut tidak akan saya jelaskan disini. Namun yang lebih umum dan sering digunakan untuk format penyimpanan gambar adalah JPEG, dan PNG.

Dan untuk mengubah serta mengganti format-format penyimpanan gambar Anda juga bisa menggunakan aplikasi photoshop untuk mengedit foto dalam berbagai format yang Anda inginkan. Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk merubah format gambar adalah Format Factory.

Baca juga  :  Cara Mudah Merubah Format Gambar JPRG Menjadi PNG

#3. Gunakan Gambar Milik Anda Sendiri

Gambar milik sendiri akan lebih mempunyai nilai SEO pada artikel Anda. Hal tersebut karena kemungkinan besar belum ada gambar yang serupa di internet. Mengunakan gambar sendiri pada artikel Anda, itu akan memiliki peluang besar pada sebuah artikel untuk memenangkan persaingan di mesin pencari.

Selain itu dengan menggunakan gambar milik sendiri kita tidak perlu khawatir dengan pelanggaran hak cipta, karena telah mengambil gambar orang di internet secara sembarangan. Perlu kita ketahui, mengambil atau mendownload gambar dan memasangnya di blog kita itu ada aturannya. Kita tidak bisa mengambil dan memasangnya secara sembarangan, karena salah-salah kita malah akan dilaporkan telah melanggar hak cipta orang lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir apabila Anda tidak mempunyai gambar yang banyak untuk pelengkap artikel Anda, Anda bisa mengambilnya melalui situs yang benar-benar memperbolehkan gambarnya untuk kita pasang dan kita publikasikan ulang melalui blog kita.

Silahkan baca  :  5 Situs Foto Gratis Untuk Download Gambar

Demikian 3 tips penting yang bisa Anda lakukan sebelum upload gambar kedalam postingan. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan disini bisa bermanfaat. Akhir kata tetap semangat dalam berbagi lewat tulisan dan Happy Blogging.

27 komentar

Jpeg dan png memang paling sering di upload para blogger ya Mas, oh ya mas, emang ada ya format GMP ? kalau saya sih lebih sering lihat BMP. :)

Ternyata memposting gambar pada blog itu ada tipsnya juga ya kang, terima kasih ya kang atas tipsnya saya dapat ilmu baru lagi :)

Makasih koreksinya mas awan, emang yang betul BMP mas, he...he.. efek belum ngopi mas.

Iya mas, makasih juga dah kunjung.

Betul mas, ketiga cara diatas sudah saya terapkan dan hasilnya filesize nya berkurang derastis :-)

makasih informasinya, saya dulu sering copy gambar kalau di masukin di blog, sekarang saya sudah tau cara mengupload gambar sendiri :)

Yup, informasi mengenai gambar ini penting bener mas, kalo memakai JPEG biasa digunakan ukurannya ringan kali ya mas... Nah, mas, mau tanya, tapi rada melenceng topik, kalo nambahin gambar lebih dari satu di blog gimana ya, soalnya kalo nambah satu suka terus loncat ke atas, jadi gambarnya berdempetan ?? :)

Upload gambar satu-satu mas, klik mouse dimana gambar akan ditempatkan baru upload gambar, bila gambar loncat dan berdempetan, klik pada gambar lalu klik kanan dan cut gambar, lalu pastekan gambar pada posisi dimana gambar akan ditaruh, itu saja yang pernah saya lakukan mas. Makasih telah mampir.

ini yang seharusnya kita perhatikan ya mas, kadan ukuran gambar cukup besar dan apakah mebuat juga loading blog lemot :D

Wah iya mas hampir betul semua dan saya sering gunakan tipsnya tapi yang paling sering saya lakukan adalah mengubah ukuran gambar karena lebih cepat sih mas.

untuk mengkompers gambar lebih mudah cepat pake aplikasi Paint mas ..potoshop bisa juga tapi untuk simpelnya lebih enak pake paint

Mas kadang aku pengen ukuran asli biar jernih tapi ngesek ngeseki lebar laman posting di widget samping , huhu

Mas kadang aku pengen ukuran asli biar jernih tapi ngesek ngeseki lebar laman posting di widget samping , huhu

Pantesan atuh terasa baru dengernya juga, :)
sip, pesen 2 atuh kopinya biar bisa join :D

Kalau ane rezeisnya pasti 1200 x 900 mas, itu maksimal standar ane sendiri :D

kalau aku, upload dulu ke pinterest, kemudian copy url ke dalam blog, ya biar loading blog nggak kelamaan sih :D

yg gunakan gambar milik sendiri ini yg susah, kadang kita g punya gambar yg sesuai e
masirul

Terimakasih banyak atas infonya.. Jadi semakin tahu tentang gambar di postingan dan semakin waspada ketika akan menggunakan gambar milik orang lain.

Sama-sama, maksih juga telah berkunjung.

Tips yang boleh juga mbak, biar bisa dicoba temen-temen yg lain. Maksih kunjungannya.

Ok juga mas, biar semua gambar yang ada ukurannya sama terus yah.

Ukuran asli memang gambar tampak jernih, cuma bisa terlalu memberatkan loading blog. Kalau lebar sampai ke widget samping itu kemunkinan setting templatenya yang kurang pas.

Iya mas, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkomprs gambar, tinggal pilih aja mana yang sering digunakan.

Merubah ukuran gambar di postingan itu gunanyauntuk tampilannya aja mas, tapi kalau untuk ukuran harus disesuaikan dulu sebelum digunakan di postingan.

Salah satunya itu mas penyebab loading lemot karena terlalu banyak gambar yang ukurannya besar, coba aja di cek di page speed, jika banyak gambar yg ukurannya besar pasti disuruh untuk memperbaiki.

Sama-sama, moga bermanfaat, makasih juga kunjungannya.

Selamat kalau gitu, tp jangan terlalu kecil juga, nanti kualitas gambar juga jadi kurang jooss.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon