logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Antara Memilih Kampus Dan Program Studi

KemejingNet - Antara Memilih Kampus Dan Program Studi. Selamat buat para sobat yang baru saja selesai UN SMA maupun SMK. Tentu saja rasa senang dan juga was-was. Seang karena perjuangan menuntut ilmu selama tiga tahun tidak sia-sia, akhirnya lulus juga apalagi lulus dengan nilai yang memuaskan. Cemas karena mau kemana setelah lulus?. Kuish, kerja, atau married. Bagi sobat yang berniat melanjutkan kuliah, harus siap-siap bersaing berebut satu kursi di perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit, dan itu tentunya tidak mudah.

Ada sebagian yang memilih nama besar kampus, soal jurusan itu nomor sekian walaupun tidak sesuai dengan minat dan potensipun ndak jadi masalah, yang penting masuk kampus favorit. Namun ada juga yang lebih memilih masuk jurusan yang mempunyai masa depan cerah, soal kampus bisa dimana saja yang penting lulus dijurusan favorit tersebut.

Antara Memilih Kampus Dan Program Studi

Nah, bingung kan? Inginnya sih bisa dapat kedua-duanya, kampus yang bagus dan jurusan yang bagus pula, tapi kalau memang harus memmilih salah satu apa yang seharusnya dipilih duluan?. Berikut ini sedikit tip yang bisa menjadi rekomendasi jika sobat harus memilih antara kampus dan jurusan.

Baca juga  :  Memilih Jurusan Yang Pas Dengan Kemampuan

Tips Memillih Antara Kampus Dan Program Studi

1. Tentukan dulu jurusannya, baru pilih kampusnya.

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan  sampai sobat salah pilih. Banyak orang mengatakan kalau memilih kampus dan jurusan itu ibarat memilih istri atauppun suami, jika sampai  salah dalam memilih sudah dapat dipastikan akkan menyesal seumuur hidup. Tidak jarang ketika masih pacaran yang tadinya baik hati dan juga setia, namun giliran udah jadi istri  atau suami ternyata matre dan tukanng selingkuh.

Begitu pula dengan dengan kampus atau jurusan yang dipilih, kayaknya keren jurusan ini, namun ternyata setelah dijalani nggak seperti yang dibayangkkan diawal. Dan bila hal itu terjadi akibatnya akan berdampak pada malas belajar, malas kekampus dan akhirnya DO alis drop out.

Membuat pilihan tepat merupakan keputusan penting, karena pilihan itu akan menentukan masa depan dan karir sobat semua. Ada sebuah nasehat yang patut untuk dipegang, "Jangan terpesona oleh nama besar, namun tentukan dulu program studi, bbaru kemudian memilih uniiversitasnya.

Hal yang selama ini terjadi banyak orang yang hanya memusatkan perhatiannya pada perguruan tinggi tertentu. Banyak orang tua yang merasa bangga jika anaknya kuliah di perguruan yang mempunyai nama besar tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan program studi yang dipilih serta prospek dan kualitasnya.

Padahal pada dasarnya perguruan tinggi hanyalah institusi, sementara yang menjadi tempat belajar adalah jurusann atau program studi, nah, oleh karena itu jika harus memilih, akan lebih bijaknya apabila memilih progran studinya baru setelah itu kampusnya.

2. Cermat memilih program studi.

Memilih program studi atau jurusan yang tepat, juga bukan pekerjaan yang gampang juga. Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan ketika memilih jurusan.

  • Pertama  :  Mengenali kemampuan diri sejak dini, apa kelebihan dan kekurangan yang kita punya.
  • Kedua  :  Mintalah saran pada orang-orang terdekat atau pada orang yang berkompeten, seperti orang tua, saudara, teman, guru BP di sekolah ataupun lembaga bimbingan belajar. 
  • Ketiga  :  Ukur kemampuan diri yang kita punya.
Khusus mengenai kemampuan diri, satu hal yang mesti diperhatikan, kalau kemampuan akademik kita pas-pasan, dan ternyata program studi yang dipilih banyak peminatnya, maka persaingan untuk merebut satu kursi di jurusan itu akan sangat ketat. Intinya, ada dua hal yang harus sobat catat ketika memilih jurusan yaitu :  Kemampuan dan daya tampung perguruan tinggi.

3. Ketika Harus Memilih PTS. 

Mengingat begitu beratnya persaingan masuk perguguruan tinggi negeri (PTN), maka mau tidak mau sobat harus melirik perguruan tinggi swasta PTS sebagai alternatif. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih, lihatlah terlebih dahulu reputasi dari PTS tersebut, reputasi inilah yang membuat PTS banyak peminat.

Kendati masih mengandung kelemahan, sobat dapat melihat reputasi sebuah perguruan tinggi dari nilai akreditas program studinya. Bila nilai akreditasnta A, berarti program studi memiliki kelayakan yang sangat baik dalam hal jumlah dan kualifikasi jumlah tenaga pengajar, kelengkapan sarana kuliah seperti perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium dll.

Tidak semua PTS memberikan informasi yang jujur kepada Badan Akreditasi Nasional, lebaga yang memantau kualitas perguruan tinggi. Dengan kata lain, akreditas A belum tentu jadi jaminan kualitasnya bagus. Agar anda tidak tekecoh, sobat bisa melihat reputasi perguruan tinggi tersebut dengan melihat, kualitas lulusan, karya tulis, temuan ilmiah baru, hingga ilmu-ilmu baru yang dihasilkan perguruan tinggi yang bersangkutan. Hal lain yan bisa menjadi tambahan dalam menentukan pilihan adalah, Lihatlah website dan brosurnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk jadi pertimbangan sobat adalah faktor biaya, mulai dari biaya kuliah seperti, uang pangkal, SPP, buku, serta praktikum, serta biaya hidup sehari-hari semisal pondokan, transportasi, dan juga makan. Jangan sampai sobat berhenti kuliah di tengah jalan gara-gara masalah finansial yang seenarnya bisa disiasati.

Pada intinya, banyak pilihan program studi dan perguruan tinggi, pilihlah yang terbaik bagi sobat dengan mempertimbangkan minat, kemampuan, tingkat persaingan masuk, kualitas penyelenggara program studi, serta dukungan finansial. Demikian selamat berjuang meraih cita-cita. Semoga bermanfaat.
 
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Artikel yang bermanfaat Mas Isrofi...

Kalau saya dulu agak aneh Mas, rencana kuliah ingin ambil jurusan misal A, tapi ketika test, eee... malah diterima di jurusan B. ya udah diterima saja, Bismillah pokoknya.... apalagi masuk PTN susah-susah gampang. hehe :D

Balas

Tips Memillih Antara Kampus Dan Program Studi ini tentunya bakal banyak dicari siswa yg akan lulus sekolah sebentar lagi

Balas

Asalkan niat dan dijalani dengan benar-benar ya Mas Indra, dan hasilnya juga sudah dirasakan sekarang :)

Balas

Coba nyari momentum Mas Yanto, moga aja laku dan banyak yang nyari he...he...

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger