logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Memilih Jurusan Perkuliahan Yang Pas Dengan Kemampuan

KemejingNet - Memilih Jurusan Perkuliahan Yang Pas Dengan Kemampuan. Pada minggu-minggu ini Anak SMA maupun SMK pasti lagi dag, dig, duk, dalam menunggu hasil Ujian Nasonal dibandingkan untuk memikirkan pilihan jurusan kuliah mereka stelah lulus. Namun apabila anak-anak belum bisa menentukan pilihan jurusan, hal ini akan berdampak pada keterlambatan dalam daftar kuliah.

Memang untuk menentukan jurusan perkuliahan memang tidaklah mudah, karena hal ini akan berdampak pada dunia kerja dimasa yang akan datang setelah lulus dari kuliah. Bagi Anda, atau anak-anak Anda yang masih binggung dalam menentukan pilihan jurusan perkuliahan ada baiknya juga Anda berkonsultasi pada ahlinya mengenai jurusan yang memang benar-benar pas dengan minat dan serta bakat yang ada.

Memilih Jurusan Perkuliahan Yang Pas Dengan Kemampuan

Nah, pada kesempatan ini KemejingNet akan sedkit berbagi beberapa jenis jurusan perkuliahan yang mungkin saja sesuai dengan bakat dan minat Anda, dan tentunya beberapa pilihan berikut adalah jenis-jenis jurusan yang saat ini memang lagi tren dalam dunia kerja saat ini yang lebih mengandalkan bidang tehnologi.

7 Jurusan Perkuliahan Yang Bisa Menjadi Pilihan

Saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan gadget, baik itu hp, komputer, internet, surat kabar, majalah, tv. Apakah Anda tau orang-orang dibalik itu semua?, dan bukan hal yang mustahil apabila nantinya Andalah yang akan berada dibalik itu semua dengan kemampuan yang Anda miliki.

Namun perlu Anda ketahui berbagai bidang pekerjaan yang telah saya sebutkan diatas tidalah bisa dilakukan oleh satu orang atau beberapa orang saja, melainkan disitu dibutuhkan team work dengan para personil didalamnya.

Berbagai teknologi yang ada saat ini merupakan kata kunci yang bisa mempersatukan banyak sumber daya manusia didalam team work yang akhirnya dapat memberi tuntutan pada manusia untuk bisa mengikuti tren yang ada.

Oleh sebab itu KemejingNet memberikan informasi tentang jurusan-jurusan perkuliahan yang lagi ngetrend dan seru pada saat ini. Apabila memang Anda tidak ingin menjadi Dokter, Arsitek ataupun mungkin astronot, mungkin menjadi fotografer maupun desainer grafis bisa menjadi pilihan yang menarik buat Anda,

#1. Jursan Desain Komunikasi Visual.

Anda pasti sering menonton film kartun, dan juga pernah bermain game, nah, semua itu adalah karya dari desainer-desainer visual. Majalah, surat kabar juga tidak lepas dari para desainer visual ini, karena tata letak, (lay out) dan ilustrasi sebuah majalah maupun surat kabar adalah karya dari desainer visual.

Didalam ilmu komunikasi visual, disini tidak hanya berbicara demi kepentingan pribadi, namun lebih berbicara demi kepentingan orang lain atau para penikmatnya. Oleh sebab itu kepekaan sosial juga akan diasah pada jurusan ini.

Adapun yang akan dipelajari pada jurusan ini adalah  :  Sejarah seni rupa, Pengetahuan umum tentang seni rupa, Pengetahuan umum tentang warna, Fotografi dasar, Gambar bentuk, Komputer grafis, Audio visual, Psikologi persepsi komunikasi visual, Sosiologi, Bahasa warna, bahasa tulisan, Tipografi (Pemilihan bentuk huruf), serta Bahasa gambar.

Adapun kemampuan dasar yang wajib dimiliki pada jurusan ini adalah :  Mengambar, Tidak buta warna, dan kreatif.

#2. Jurusan Desain Busana.

Mungkin banyak yang berfikir "Menjadi desainer itu kan bakat, yang penting bisa gambar dan bisa membuat model baju". Hal itu memang benar adanya, namun apabila itu semua tidak dibarengi dengan kemampuan yang lain, maka yang akan terjadi adalah pemaksaan desain yang bisa-bisa akan membuat busana yang dibuat hanya akan tampak bagus namun tidak keren.

Dalam mendesain busana terdapat banyak hal, karena sangat berkaitan dengan bagimana memilih tema, menentukan trend, dan juga yang lainnya. Mendesain busana bukan hanya sekedar rekayasa pola, namun juga dipengaruhi oleh kondisi sosial kultural dan bahkan juga musim yang sedang terjadi.

Yang bakal dipelajari pada jurusan ini adalah  :  Sejarah seni rupa, Pengetahuan umum tentang seni rupa, Pengetahuan umum tentang warna, Fotografi dasar, Gambar bentuk, Teknik menjahit, Dasar pola konstruksi busana, Sejarah kostum, karena mode yang selalu berkembang, dasar-dasar desain untuk mengolah bentuk, warna, dan material sehingga menghasilkan komposisi yang mampu menimbulkan impresi yang seimbang, selaras dan enak untuk dilihat.

Hal lain yang bakal dipelajari juga adalah  :  Perpaduan warna, Pemilihan material, Pola, Membuat tekstur, baik dengan teknologi maupun dengan tangan, Mencoba material dan mencoba teknik untuk menghasilkan material yang unik, Psikologi warna yang berkaitan dengan keadaan sosial karena kan mempengaruhi siluet, Siluet, yaitu garis pola apakah nantinya akan terkesan feminim atau maskulin.

Adapun kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah :  Mengambar, Tidak buta warna, dan yang tentu adalah kreatif.

#3. Jurusan Public Relatoin (PR).

Jurusan inilah yang banyak diminati oleh para kaum Hawa. PR akan membantu kita tampil lebih percaya diri. Jurusan ini mengharuskan kita tidak kikuk untuk membangun komunikasi dengan orang lain, sehingga seorang PR sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai gambaran alias wakil dari perusahaan tersebut. Oleh sebab itu jurusan ini adalah jurusan yang ndak main-main.

Mungkin banyak orang menyangka jurusan PR ini gampang, namun sesungguhnya jurusan ini akan menantang orang yang memilihnya untuk menjadi brand image bila kelak nantinya sudah bekerja. Itulah sebanya, kalau yang bakal dipelajari pada jurusan ini kayaknya bukan "sekolah" namun lebih kepada hubungan kepada public.

Hal yang bakal dipelajari pada jurusan ini  : Public speaking, Psikologi Komunikasi, Table manner, Fashion style, Presentasi, Event plan. Dan kemampuan dasar yang wajib dimiliki untuk masuk jurusan ini adalah, Percaya diri, dan Pintar Bahasa Inggir.

#4. Jurusan Jurnalistik

Pada jaman yang serba cepat seperti sekarang, informasi adalah salah satu kebutuhan yang menjadi bagian semua orang. Oleh karena itu jurusan jurnalistik mungkin bisa menjadi salag satu pilihan yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.

Nggak usah khawatir kalau lulusan jurusan jurnalistik ini nantinya hanya mentok menjadi wartawan saja. Jika Anda masuk ke jurusan jurnalistik ini Anda juga bisa menjadi fotografer, penulis, PR (Public Reation) karena pada dasarnya lulusan jurusan jurnalistik diharapkan akan mampu menkomunikasikan sebuah informasi.

Memang untuk menjadi seorang jurnalis tidak selalu dari lulusan jurnalistik, akan tetapi alangkah baiknya kalau Anda menekuni bidang lulusan jurnalis dari jurnalistik.

Adapun yang bakal dipe;ajari pada jurusan jurnalistik  :  Ilmu Komunikasi, Fotografi, Hukum, Politik, Psikologi, Filsafat, Penulisan Artikel, Penulisan Berita, Humas (hubungan masyarakat). Serta kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah  :  Percaya diri, Suka kerja lapangan, Suka menulis, Hobi cuap-cuap.

#5. Jurusan Periklanan (Advertisement).

Sekaran ini adalah eranya digital, oleh sebab itu jurusan ini makin banyak aja peminatnya, mungkin karena prospeknya sangat cerah kedepannya dengan semakin berkembangnya digital. Memang dunia periklanan merupakan dunia yang cukup cerah seiring dengan perkembangan jaman, teknologi dan merebaknya media masa yang baru.

Dunia periklanan masih masuk dalam lingkup komunikasi, makanya jurusan ini msuk ke fakutlas ilmu komunikasi alias Fokom. Meski ada di berberapa universitas jurusan ini masuk ke fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Jenjang pendidikannya D# dan S1. Para lulusan periklanan selain bisa bekerja di perusahaan periklanan mereka bisa jadi art director, copy writer, fotografer, tim kreatif iklan dan lainnya.

Yang bakal dipelajari pada jurusan ini  : Ilmu komunikasi, Psikologi komunikasi, Komunikasi pemasaran terpadu, Marketing komunikasi, Fotografi, Desain grafis.

Dan Kemampuan dasar yang wajib dimiliki  :  Kreatif, Jiwa seni, Suka menulis, Bisa menggambar, dan punya hoby banyak omong.

#6. Jurusan Fotografi

Punya hobi jeprat-jepret dengan kamera? Menjadi seorang fotografer itu tidak sembarangan, namun dibutuhkan ilmu khusus untuk menghasilkan efek-efek yang bagus pada sebuah foto, dan hal itu harus dipelajari secara khusus dan juga membutuhkan beberapa kali praktek.

Tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan fotografi sendiri, biasanya fotografi ini hanya mata pelajaran di jurusan jurnalistik. Bagi Anda yang ingin belajar serius di bidang fotografi, Anda juga bisa ikutan dalam program kursus yang banyak tersedia di berbagai kota besar.

Yang bakal dipelajari pada fotografi  : Teknik memotret model atau obyek, Fotografi jurnalistik, Foto produk, Foto fashion, Landscape, Interior, Dark room, Kamera digital, Projek Fotografi.

Kemampuan dasar yang wajib dimiliki  :  Hobi motret, Punya kamera merk apa saja yang penting jenis kamera SLR (single lens reflex).

#7. Jurusan Komputer Dan Informatika

Sejalan dengan makin lajunya perkembangan komputerisasi saat ini, belakangan bidang ini menjadi idola bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang akademi atau universitas. Jurusannyapun semakin variatif, diantaranya teknik informatika, teknik komputer, management informatika, dan juga akuntansi komputer.

Jenajang pendidikannya pun bervariasi mulai dari D1, D2, D3 hingga S1. Sementara itu para lulusannya akan masuk ke perusahaan yang beragam. Apalagi hampir semua perusahaan kelas menenggah keatas telah memanfaatkan tehnologi komputerisasi khususnya di dunia perbankan telah banyak melibatkan tenaga ahli komputer dan informatika.

Yang bakal dipelajari pada jurusan ini  :

  • Jurusan teknik informatika  :  Mata kuliah matematika dan logaritma akan sering dijumpai. Selain itu mata kuliah jurusan ini belajar juga soal sistem informasi rekayasa perangkat lunak, serta penguasaan dasar dan alisis komputasi.
  • Jurusan teknik komputer  :  Mata kuliah matematika jug akan ditemui meski tidak sebanyak pada teknik informatika. Ditambah ilmu komputer, logika, rekayasa teknologi, arsitektur komputer dan penguasaan fungsi perangkat lunak. Lulusannya pasti sangat dubutuhkan seiring dengan bertambahnya pemakai komputer di dunia.
  • Buat yang suka belajar akuntansi dan ingin menggabungkannya dengan menggunakan komputer, pilihlah jurusan akuntansi komputer. Pasalnya yang ngambil jurusan ini akan terampil bekerja sebagai sistem analis yang menguasai sistem akuntansi modern dengan menggunakan teknologi komputer modern.
Kemampuan dasar yang wajib dimiliki  :

  • Matematika.
  • Ilmu dasar komputer.
Itulah 7 jurusan yang bisa menjadi pilihan buat Anda-Anda semua yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan perkuliahan. Semoga apa yang saya share bisa bermanfaat. Salam bloger.

Sumber referensi  :
okezone.com
Majalah Muslimah
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Tidak ada jurusan teknik mesin ya kang, soalnya saya lulusan SMK jurusan automotiv kang :D

Balas

Yang no7 adalah mimpi daya, tapi nunggu 5 tahun lagi.

Balas

#4. Jurusan Jurnalistik
#6. Jurusan Fotografi
#5. Jurusan Periklanan (Advertisement)
#7. Jurusan Komputer Dan Informatika
Jurusan ini, kalau digabungkan bisa untuk MODAL NGEBLOG...

Kira-kira kapan ya, ada jurusan NGEBLOG... hehe :D
Salam,

Balas

hemm, jurusan yang menjanjikan perkerjaan dimasa depan yang bakalan laku kedepan. ya mas :)

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger