logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Naik Dan Turun Di 1 April 2016

KemejingNet - Naik Dan Turun Di 1 April 2016. Tidak terasa yah satu bulan telah berlalu, dan pada hari ini Jumat, kita telah memasuki hari pertama di bulan April 2016. Dan tidak terasa juga sekitar kurang lebih 3 bulanan kedepan kita semua umat Muslim akan memasuki bulan Suci Ramadhan.

Saat ini rasanya waktu kok begitu cepat berputarnya yah, atau mungkin memang bumi semakin kecil atau karena saking bertambahnya kesibukan manusia sehingga terkadang kita seperti dikejar-kejar oleh waktu.

Ada yang sedikit unik di 1 april 2016 ini. Ada dua hal yang naik turun di bulan ini, dan naik turun ini sangat dirasakan oleh manusia baik itu Perempuan maupun Laki-laki, terutama bagi mereka yang sudah dewasa pasti akan merasakan naik turun ini.

Stop,!!!... Anda jangan dulu berfikiran yang negatif pada naik turun yang akan saya ceritakan ini yah... karena naik turun ini bukanlah hal yang p*r*o, melainkan Naiknya Iuran BPJS dan turunnya harga BBM.

Naik Dan Turun Di 1 April 2016

Yang Turun Di 1 April 2016

Seperti kita ketahui bahwa Pemerintah per 1 April 2016 akan menurunkan harga BBM jenis premium sebesar 500 rupiah atau dari 6.900 menjadi 6.400 per liternya selama 6 bulan kedepan.

Seperti pada waktu-waktu yang sebelumnya turunnya harga BBM, itu tidak serta-merta akan membuat turunnya harga bahan pagan yang ada di pasar, dan juga turunnya ongkos kendaraan angkutan umum, apalagi turunnya harga pada saat ini tidak terlalu signifikan.

Itu artinya walaupun harga BBM turun, hal itu tidak serta-merta akan membuat kondisi sosial di masyarakat akan mengalami perubahan yang berarti, terutama dalam hal kebutuhan untuk mencukupi kehidupan pada umumnya.

Yang Naik Di 1 April 2016

Ada yang turun, pasti juga ada yang naik, begitu pula di 1 April 2016 ini. Disatu sisi harga BBM Premium mengalami penurunan namaun disisi pelayanan kesehatan jutru malah naik.

Bagi Anda yang telah terdaftar menjadi anggota BPJS  Kesehatan pasti sudah mengetahui kalau per 1 April 2016 ini iuran BPJS Kesehatan akan naik sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016.

Adapun perubahan naiknya iuran tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ruang perawatan klas III menjadi Rp 30.000 dari sebelumnya Rp 25.500 per bulan.
2. Ruang perawatan klas II menjadi Rp 51.000 dari sebelumnya Rp 42.500 per bulan.
3. Ruang perawatan kelas I, menjadi Rp 80.000 dari sebelumnya Rp 59.500 per bulan.

Adapun perubahan ini dikhususkan bagi kategori peserta pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja. Semua kenaikan besaran iuran tersebut berlaku mulai 1 April 2016. Ketentuan tersebut sesuai dengan Pasal 16 F dalam Perpres tersebut.

Apa Efek Turunnya BBM Dan Naiknya BPJS Kesehatan

Menurut pemikiran otak saya yang hanyalah otaknya orang kecil, turunnya harga BBM jenis premium tidak akan mempunyai efek yang signifikan di kehidupan masyarakat. Seperti yang telah saya katakan diatas pada umumnya turunnya harga BBM tidak akan serta membuat harga-harga kebutuhan pokok menjadi turun juga.

Dan itu artinya dengan turunnya harga BMM kebutuhan yang akan dikeluarkanpun tetap akan sama seperti disaat harga BBM tidak turun.

Sementara itu disisi lain, naiknya iuran BPJS Kesehatan, justru akan sangat dirasakan oleh masyarakat. Sementara harga BBM turun namun kebutuhan pokok tetap seperti biasa, masyarakat pasti akan merasakan beban yang semakin bertambah dengan naiknya iuran BPJS Kesehatan ini.

Menyikapi hal ini, kita sebagai rakyat kecil, yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa, semoga kita selalu diberi kesehatan walaupun dalam kehidupan yang semakin sulit.
  
Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Masuk akal sekali. Kalau iuran BPJS naik itu dampak nya luar biasa. Di amerika utk masalah kesehatan mereka meringankan bahkan memberi jaminan gratis. Kapan di negara kita dalam hal kesehatan di gratiskan ya?

Balas

Prihatin mas di indonesia masyarakat harus patungan untuk menyediakan layanan kesehatan bukannya disediakan pemerintah naik turun BBM sudah tidak pengaruh lagi semua sudah terlanjur mahal

Balas

Mungkin orang miskin dilarang sakit maksudnya ya Mas ? heuheu
semoga saja dengan turunnya bbm ini menjadikan sembako lebih terjangkau, tak apalah bpjs mahal jua yang penting masih bisa hidup sehat. :)

Balas

saya sempat mengobrol banyak dengan temen yang kebetulan menjadi staf dirjen BPJS, beliau mengakui carut marutnya dan dia bilang Presiden pada persoalan BPJS sedang berada diujung tanduk, sebab hutang BPJS buanyak banget, bisa dibayangkan jika ada 1000 orang saja yang harus cuci darah seumur sisa hidupnya semua harus ditanggung BPJS, dan anda tau sendiri jika orang sudah cuci darah, walaupun sehat nggak mungkin lagi bisa produktif, bahkan kebanyakan mah justru orang yang cuci darah mah hanya menunggu ajal saja....tapi BPJS tetap harus menanggungnya, cerita diatas itu hanyalah satu contoh saja,apa hubungannya dengan Presiden?
karena Janji Politik Presiden adalah Rakyat Sakit Gratis...janji adalah janji yang harus dilaksanakan...silahkan anda bayangkan...contoh2 yang lainnya.
BBM turun?..ikut turunkah kebutuhan hidup rakyat yang lainnya?...nggak kan?
Jadi.....? au ah gelap

Balas

Saya kgak ngerti ... ngapain udah bayar pajak bayar lagi iuran kesehatan... Ini negara apa swasta sihhh

Balas

Emang sih kalau menjadi warga negara yang baik itu harus menuruti peraturan pemerintah tapikan kalau terus begini kapan kita makmurnya.

Balas

semoga indonesia menjadi terbaik dan jaya terus

Balas

entah kenapa jaminan kesejahteraan khususnya masalah jaminan kesehatan dari dulu sampai sekarang tak pernah berpihak pada rakyat kecil..

Balas

Menaggapi masalah ini kenapa ya pemerintah tidak bisa belajar dari negeri tetangga ?

Balas

Iya mas, akan semakin memberatkan masyarakat, yah kalau kesehatan gratis di Indonesia mungkin masih angan-angan mas. Tapi mudah-mudahan pemerintahan kedepan semakin bagus dan rakyat semakin diperhatikan.

Balas

Yah inilah gambaran negara kita yang konon katanya "Gemah Ripah Lohjinawi" Mas Dwi. Namun pada kenyataanya biaya beban hidup terutama kesehatan malah semakin mahal.

Balas

Nah itu kata-kata yg pas, Memang di Indonesia orang kecil dilarang sakit mas, banyak kasus yang bisa kita lihat. Orang yang tak punya biaya malah ditelantarkan di rumah sakit. Memang mas kesehatan adalah modal utama dari segala hal.

Balas

Memang sangat bertolak belakang dengan info yang saya ketahui mas, kalu dibilang carut marut dan banyak hutang dalam menanggung BPJS ini, tapi kenapa setiap ada pertemuan tentang BPJS kok malah menggunakan fasilitas yang mewah ya.

Ada sedikit cerita dari adik saya yang menjadi sopir di sebuah badan instansi pemerintahan " Katanya setiap pertemuan tentang BPJS pasti menggunakan fasilitas hotel dengan bintang 5. Dan Adik saya saja yg hanya seorang sopir, setiap ada acara ini pasti dapat pesangon 250 ribu. Coba gimana kalau begitu....

Balas

Mungkin karena ego yg terlalu besar mas, dan bisa juga karena banyak kepentingan yg bermain disitu.

Balas

Nasib orang kecil emang bisanya hanya ngeluh mas, namun kadang keluhan kita ndak didengar oleh orang-orang diatas yang telah kita pilih.

Balas

Tapi kadang sebuah peraturan yang harus kita turuti tidak berpihak ke kita mas, itu repotnya.

Balas

Amiin, semoga aja gitu mas.

Balas

Itulah mas, rakyat hanya jadi korban dari janji-janji kosong saja.

Balas

Mana proses daftarnya ngantri panjang, sekarang malahan dah naik lagi..

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger