7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di SERP

KemejingNet - 7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di SERP. Mengelola blog agar bisa bersaing di serp itu memang susah, banyak faktor yang bisa membuat blog bersaiang di serp. Apa itu serp?, SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yang kalau diartikan dalam bahas kita adalah Halaman Pencarian Mesin Pencari.

Salah satu mesin pencari yang sering diperebutkan oleh para blogger agar bisa menempati halaman pertama adalah Google. Kenapa banyak blogger yang ingin blognya tampil di halaman pertama google?, Karena blog yang bisa menempati halaman pertama google akan berpeluang untuk mendapatkan banyak klik dari pengunjung organik.

Bisa Anda bayangkan apabila sebuah blog tidak bersaiang di serp, pasti akan menempati posisi di halaman 2, 3, dan bahkan entah dihalaman berapa, dan itu artinya blog yang tidak mampu bersaing di serp pasti akan memiliki traffic organik yang sedikit.

Serp Google

Belajar dari kontes SEO forum IAPD beberapa hari yang lalu dan kebetulan saya juga ikut berpartisipasi, rata-rata blog yang mampu bersaing adalah blog yang telah memiliki reputasi yang bagus. Dan belajar dari hal tersebut saya menyimpulkan ada beberapa faktor kenapa blog bisa bersaing di SERP.

Baca juga  :  Cara Cepat Agar Artikel Terindeks Google Dengan Mudah

7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di SERP

1. Umur Blog
Umur blog sangat berpengaruh dalam persaingan di serp. Banyak sekali blog-blog para master yang merajai halaman pertama di hasil pencarian, dan rata-rata blog-blog tersebut sudah memiliki umur yang cukup lama. Sebuah blog yang telah berumur tentu mesin pencari telah mengenali struktur dari blog tersebut.

Blog yang masih baru bisa diibaratkan dengan seorang bayi, apa yang bisa dilakukan oleh seorang bayi, pasti kalau diganggu oleh oleh anak yang lebih besar pasti tidak akan bisa berbuat apa-apa, demikian pula dengan sebuag blog.

2. Jumlah Backlink
Sebuah blog yang memiliki jumlah backlink yang banyak itu sangat berpengaruh dalam memenangkan persaingan di SER, namun tentu backling yang dipunyai adalah baclink yang berkualitas apalagi kalau backlink tersebut didapat secara alami, itu kan sangat berpengaruh pada blog di SERP.

Backlink merupakan aspek yang penting dalam hal SEO,karena backlink akan membuka kesempatan kepada sebuah situs untuk berada diposisi atas mesin pencari (Page One). Banyak mesin pencari termasuk google yang menjadikan backlink sebagai aspek dalam algoritmanya.jika website Anda memiliki jumlah backlink yang berkualitas dan banyak maka website Anda akan lebih dipandang baik di mata Google.

3. Banyaknya Artikel Panjang Di Blog Tersebut
Dari hasil penelusuran yang selama ini saya dapatkan, kebanyakan blog yang bisa nangkring di halaman pertamanya google dan mampu bertahan di SERP adalah blog-blog yang mempunyai artikel dengan jumlah kata yang banyak, atau artikel panjang.

Maka tidak salah kalau banyak para master yang menyarankan, kalau ingin artikel bisa bersaing di halaman buatlah artikel dengan jumlah kata yang banyak. Karena artikel dengan jumlah kata yang banyak akan mampu menyingkirkan artikel dengan jumlah kata yang sedikit.

4. Kata Kunci (Keyword)
Kata kunci dalam membuat sebuah artikel juga sangat mempengaruhi sebuah blog untuk bersaing di SERP. Dengan penempatan kata kunci yang tepat pada setiap artikel, pasti artikel akan banyak dan mampu untuk bersaing di halaman pertama.

Semakin banyak artikel dari sebuah blog yang berada di halaman pertama mesin pencari, tentu akan semakin memantapkan keberadaan blog tersebut di SERP. Kata kunci (Keyword) erat kaitannya dengan apa yang telah saya sebutkan pada poin kedua yaitu artikel panjang, artikel yang panjang tentu akan memiliki banyak kata kunci di dalamnya.

5. Artikel Unik Dan Original
Yang dimasud artikel unik adalah artikel yang memang beda dari artikel-artikel kebanyakan. Dengan banyaknya artikel yang unik dan original dalam sebuah blog tentu blog tersebut akan memenangkan persaingan, karena tingkat persaingan sangat rendah kemungkinan blog untuk selalu berada pada halaman pertam mesin pecari akan semakin besar.

6. Blog Sering Di Update
Sebuah blog yang sering di update akan lebih mudah untuk bersaing di SERP serta akan lebih cepat ketika di indeks oleh mesin pencari. Blog yang rajin diupdate seperti blognya para master-master atau seperti situs-situs besar pasti akan mudah dan lebih cepat di indeks, baru beberapa menit saja update artikel pasti sudah muncul dimesin pencari. Untuk itu blog sangat bagus bila selalu update secar rutin.

7. Template SEO Friendly
Template blog yang SEO friendly merupakan template yang mempunyai ukuran HTML yang tidak terlalu besar, sehingga struktur template dapat ditelusuri oleh mesin pencari secara keseluruhan, dan hal tersebut tentu saja akan membuat sebuah blog akan lebih dikenali oleh mesin pencari. Banyak Template-template blog SEO friendly yang banyak dibagikan oleh pakar-pakar template.

Banyak blogger yang memakai template blog SEO friendly, blog yang memakai template SEO friendly biasanya akan memiliki peringkat atau posisi yang lebih bagus di mesin pencari dibandingkan blog yang tidak memakai template SEO Friendly.

Template yang SEO friendly biasanya telah memiliki Onpage yang baik, sehingga bloger tidak perlu pusing-pusing lagi untuk melakukan Optimasi Onpage terhadap template yang dipakai. Oleh karena itu banyak blogger yang berlomba-lomba mengubah template blognya menjadi template yang SEO friendly.

Itulah 7 Faktor Blog Bisa Bersaing Di SERP yang bisa saya sampaikan, tentunya masih ada faktor-faktor lain yang menunjang sebuah blog agar bisa bersaing di halaman pertama mesin pencar. Mungkin Anda mempunyai Ide atau cara lain yang bisa membuat blog Anda bersaing di halaman pertama?, kalau ada, silahkan berbagi lewat kolom komentar. Sekian, salam blogger and happy blogging.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!